Connect with us

Tenis

Turnamen ATP Dan WTA Resmi Dihentikan Sampai Awal Juni

turnamen ATP dibatalkan

Tenis – Perhelatan ATP dan WTA akhirnya akan ditangguhkan kembali hingga tanggal 7 Juni karena dampak pandemi virus corona yang semakin menjadi-jadi. Dalam pernyataan pihak federasi, turnamen Tenis dunia tidak akan dilanjutkan sampai waktu yang dipastikan aman untuk kembali bertanding.

Musim turnamen tenis dunia ini akan kembali dilaksanakan setelah tanggal 7 Juni 2020 mendatang, termasuk kompetisi Challenger dan ITF. “Kini, turnamen yang akan dilaksanakan dari tanggal 8 Juni 2020 hingga ke depannya masih dalam tahap pembicaraan dan masih akan terus dipantau apakah dapat terus dilanjutkan sesuai jadwal yang sudah dipastikan sebelumnya.” Tulis dalam pernyataan tersebut.

Berita tersebut untuk sementara waktu membuat semua turnamen clay-court di Eropa, untuk tim putri dan tim putra akan diputuskan apakah akan dilanjutkan satu hari setelah French Open menunda waktu turnamen hingga bulan September yang akan datang.

Hal tersebut akan kian memundurkan perhelatan turnamen lainnya setelah awalnya turnamen ATP sudah dihentikan hingga tanggal 27 April, dan ajang WTA juga tidak akan dilaksanakan sampai tanggal 2 Mei mendatang.

“Pada masa yang begitu sulit ini, akan sangat lebih penting untuk menjaga keamanan. Pihak terkait dari olahraga ini harus bersatu dan bekerjasama untuk mendapatkan solusi terbaik dan kepastian untuk semua pihak yang terkena dampak dari penundaan turnamen ini,” papar presiden ITF, yakni David Haggerty.

turnamen WTA dibatalkan

Lebih lanjut, David mengungkapkan jika mereka dengan sadar terkena dampak yang besar atas penundaan semua jadwal laga tersebut, “Namun yang pasti, kesehatan dan keamanan atlet tenis dunia, panitia dan para penonton menjadi utama untuk kami.” Ucapnya lagi.

Turnamen tenis dunia yang juga berdampak pada penundaan ini adalah turnamen ATP dan WTA yang awalnya akan dilaksanakan di Madrid dan Roma, ajang WTA yang dihelat di Strasbourg dan Rabat, juga ATP yang diselenggarakan di Munich, Estoril, Jenewa, serta Lyon.

Pada bulan Juni nanti, ada ajang olahraga besar yang juga sepertinya akan ditunda yakni Wimbledon yang dihelat pada tanggal 29 Juni. Pasalnya, pelaksanaan festival besar di Inggris, Glastonbury juga sudah ditunda tepat satu hari sebelum Wimbledon dilaksanakan.

Disisi lain, peringkat untuk semua atlet tenis dunia, baik dari ATP dan WTA telah dibekukan sampai ajang ini kembali dibuka. “Tantangan yang dihadapi para pemain tenis dunia kini berhadapan dengan dampak virus corona yang membuat kita harus bekerjasama untuk mencapai hasil baik untuk masa depan semua komunitas tenis di dunia,” ucap pernyataan yang dirilis dalam situs resmi ATP dan WTA.

David Haggerty, presiden ITF

Saat ini, semua wakil federasi tengah memikirkan pilihan terbaik untuk dapat melanjutkan turnamen di musim ini. Selain dua turnamen tenis ini, federasi tenis internasional juga tidak melanjutkan laga World Tennis Tour sampai 8 Juni nanti. Pengumuman tersebut sudah diberitahukan secara resmi oleh pihak ITF pada Rabu, waktu setempat.

Turnamen French Open musim ini juga mengalami penundaan hingga satu minggu setelah dilaksanakannya US Open namun hal ini membuat banyak atlet tenis dunia yang mengeluh. Akan tetapi, pihak Asosiasi Tenis Amerika Serikat belum berencana melakukan jadwal ulang turnamen yang dihelat di Flushing Meadow, itu. Pihaknya masih akan melakukan pertemuan sebelum memutuskan perubahan yang terbaik dalam ajang in. US Open sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus sampai 13 September 2020.

Kini, federasi ATP dan WTA akan lebih fokus pada kerjasama dengan pihak terkait turnamen tenis lainnya untuk menciptakan solusi karena dampak virus corona yang sudah membuat mempengaruhi pelaksanaan olah raga di dunia.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Tenis