Connect with us

Tenis

Naomi Osaka Kembali Raih Gelar Juara AS Terbuka 2020

naomi osaka

Tenis – Petenis putri dunia yakni Naomi Osaka kembali menjadi juara AS Terbuka 2020 yang dilaksanakan di Stadion Arthur Ashe, pada Minggu (13/9/2020) dini hari WIB kemarin. Keberhasilannya itu menjadikan atlet dari Jepang ini kian kuat sebagai petenis nomor satu.

Kemenangannya tersebut juga dia manfaat untuk menyerukan isu rasial. Dalam babak final, petenis dari Jepang itu berhasil mengalahkan Victor Azarenka dengan skor 1-6, 6-3, dan 6-3. Kemenangan tersebut menjadikan Osaka meraih kembali gelar juara AS Terbuka untuk kedua kalinya, pertama kali di tahun 2018 lalu.

Kemenangan itu juga begitu spesial untuknya, karena dia menggunakan momen kemenangan itu untuk menyuarakan keadilan rasial selama turnamen AS Terbuka 2020. Sejak kompetisi ini dimulai, Osaka memakai masker sebagai bentuk menghormati orang kulit hitam yang merupakan korban rasisme. Dari awal hingga mencapai final, Osaka memakai masker dengan nama tujuh korban rasisme.

Tindakannya disorot dunia. Terlebih setelah ia menang, Osaka kian kuat dalam memberikan suara pada keadilan rasisme yang selama ini menjadi hal biasa yang terjadi di AS.

“Intinya saya ingin semua mulai angkat bicara. Semua yang saya perbuat di luar lapangan juga sama dengan dalam lapangan. Saya lebih kuat karena mempunyai lebih banyak hal mencapai kemenangan di babak selanjutnya dan ingin menunjukkan pada semua orang terkait masalah rasisme yang masih selalu terjadi,” ucap Osaka.

naomi osaka dan serena williams

Selanjutnya, dirinya juga mengatakan jika lebih dari 50 tahun semenjak atlet Muhammad Ali, John Carlos, hingga Tommie Smith serta beberapa petenis wanita yang bergabung untuk memakai olahraga dalam menyuarakan suara dalam mengubah masalah kemanusiaan yang terjadi.

Osaka sendiri merupakan petenis putri dunia dari Jepang dengan ayah Haiti dan ibu asal dari Jepang, tumbuh besar di Amerika Serikat dan menetap di Los Angeles. Namun, dia menjadi wakil negara asalnya saat menjadi atlet tenis, walau tetap meninggalkan hati di negara tempat tinggalnya yang selalu ramai dengan isu rasisme.

Ucapkan Terima Kasih pada Kobe Bryant

naomi osaka menggunakan masker korban rasisme

Petenis dari Jepang tersebut baru meresmikan kemenangannya di kompetisi Grand Slam US Open 2020 setelah melawan Victoria Azarenka wakil dari Belarus dalam babak final di Arthur Ashe Stadium, hari Minggu kemarin. Kemenangan Osaka terjadi dalam tiga set setelah sebelumnya sempat kesulitan pada set awal.

Azarenka unggul dengan skor 1-6 di awal dan kembali memimpin 3-0 di set kedua. Tapi, Osaka kembali berjuang mendapatkan 10 dari 12 set selanjutnya. Atlet tenis dunia berumur 22 tahun itu dapat meraih kemenangan dengan skor 1-6, 6-3, 6-3.

Ini merupakan gelar yang kedua untuknya dan gelar Grand Slam ketiga. Sebelumnya, atlet yang pernah menjadi petenis tunggal putri terbaik di dunia itu meraihnya pada US Open 2018 dan Australian Open 2019 lalu. Kemenangan ini jelas mengukuhkan dirinya sebagai atlet muda yang berbakat dan terbaik di dunia.

naomi osaka raih juara AS Terbuka 2020

Ditambah dengan tindakannya yang pernah mundur dari turnamen Western and Southern Open, Agustus lalu karena kasus penembakan pria kulit hitam, Jacob Blake, oleh kepolisian. Selain menyuarakan rasisme di AS, Osaka juga memberi penghormatan pada legenda basket, Kobe Bryant, yang meninggal di awal tahun ini. Dia memakai jersey Los Angeles Lakers nomor delapan pada babak semifinal berhadapan dengan Jennifer Brady.

Pada peresmian juara US Open 2020, dia juga berfoto dengan piala kemenangannya dan mengenakan jersey idolanya itu. Kobe Bryant sendiri pernah menyaksikan Osaka berlaga di US Open tahun lalu. Pernah juga bermain tenis bersama dan mereka memang memiliki hubungan yang baik.

US Open 2020 masih berlanjut di babak final pada tunggal putra. Petenis yang akan beraksi adalah Dominic Thiem akan melawna Alexander Zverev dalam laga yang dilaksanakan pada Senin (14/9/2020) pukul 03.00 WIB.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Tenis