Connect with us

Tenis

Mengenal Sofia Kenin, Anak Sopir Taksi Raih Juara Australia Terbuka

Sofia Kenin juara Australia open

Berita Olahraga Dunia – Sofia Kenin baru saja mencatatkan rekor mengesankan setelah sukses meraih gelar juara Australia Terbuka 2020 yang lalu. Kenin menang setelah mengalahkan Garbine Muguruza. Tidak ada yang menyangka sia anak sopir taksi ini kini menjelma menjadi petenis dunia.

Tampil di Rod Laver Arena, Australia, pada Sabtu (1/2/2020) WIB, Sofia Kenin sukses menang dalam babak final nomor tunggal putri kontra Muguruza. Sebelum pertandingan dimulai, Garbine Muguruza awalnya menjadi unggulan.

Wajar saja, petenis dari Spanyol tersebut sudah mendapatkan dua gelar grand slam dari Prancis Terbuka 2016 dan Wimbledon 2017. Akan tetapi, Kenin ternyata tampil menjadi bintang dalam laga tersebut.

Petenis berumur 21 tersebut sukses menjadi saingan berat dalam laga tiga set kontra Muguruza. Sempat gagal 4-6 di set awal, Kenin mendominasi dua set dengan skor 6-2, 6-2. Untuk Kenin sendiri, gelar juara Australia Terbuka 2020 tersebut tidak hanya bermakna untuknya namun juga atlet muda dari Amerika Serikat tersebut dapat membanggakan perjuangan kedua orang tuanya yakni Alex dan Svetlana Kenin.

Sofia Kenin atau yang biasa disapa Sonya memang bukan petenis asli Amerika Serikat. Ia keturunan pasangan dari Uni Soviet. Di tahun 1987 silam, Alex dan Svetlana pindah ke AS namun mereka menghadapi masa sulit pada saat itu. Alex, ayah Sofia harus berjuang dan bekerja malam hari dan ke sekolah pada pagi hari.

Sofia Kenin

Saat itu, Alex menambah pendapatannya dengan menjadi sopir taksi di malam harinya. Sementara pada pagi dan siang hari, ia belajar komputer dan kursus bahasa Inggris. Di tahun 1998, Alex dan Svetlana pindah ke Moskow supaya Sofia lahir dengan baik bersama neneknya. Setelah itu, mereka pindah ke Florida.

Bakat Kenin di tenis sudah terlihat sejak kecil. Ia selalu berlatih dengan ayahnya di jalanan di wilayah Pembroke. Selain tenis, ayahnya juga mengajarinya bermain bola dan juga menari, namun sepertinya tenis menjadi favorit Sofia.

Memasuki umur lima tahun, Alex membawa anaknya pada Rick Macci di Broward County. Selama tujuh tahun, Sofia diajar pelatih tenis AS tersebut. Alex tetap menjadi supir taksi untuk membiayai keluarganya.

Perjuangan kedua orangnya kini membuahkan hasil, Kenin menjadi salah satu petenis AS terbaik setelah mendaptkan gelar grand slam pada umur 21 tahun, dan menjadi petenis dunia setelah meraih juara Australia Terbuka 2020. Posisinya di WTA juga naik ke posisi ke-7 dunia, dan saat ini menjadi petenis nomor satu AS mengungguli Serena Williams.

“Saya begitu bangga dengan diri saya, untuk keluarga dan orang tua saya. Kami begitu bekerja keras dan berjuang melewati hal sulit. Kami melakukannya bersama dan kini kami bahagia,” jelasnya.

Juara Australia, Sofia Lolos ke Final Piala Fed

Kemenanganya yang membanggakan membuat Amerika Serikat masuk ke ajang Piala Fed 2020. Tim AS juga sukses dengan dramatis melawan Latvia dengan skor 3-2 untuk meraih babak di Budapest, Hungaria. Tim yang lolos adalah Amerika Serikat, Swiss, Belgia, serta Rusia serta Jerman.

Delapan tim yang masuk babak kualifikasi bersama sang juara Prancis, runner-up Australia, wild card Republik Ceko dan Hungaria di babak final. Mereka akan berjuang di Budapest, pada 14-19 April mendatang. Amerika Serikat menjadi tim terakhir yang masuk ke babak ini setelah mengalahkan Latvia dengan skor 3-2. Kinerja Sofia Kenin dan Bethanie Mattek-Sands menjadi penyelamat tim mereka.

serena williams

Duet kedua petenis dunia ini begitu kuat ketika melawan Jelena Ostapenko dan Anastasija Sevastova, dengan skor 6-4, 6-0 di babak kelima di Washington. Latvia sempat mendominasi AS saat Ostapenko dan Sevastova menyamakan skor di partai tunggal.

Akan tetapi, Sevastova memberikan kejutan besar saat dia menang melawan salah satu petenis AS terbaik lainnya yakni Serena Williams, dengan skor 7-6 (5), 3-6, 7-6 (4). Itu menjadi pertama kalinya Williams gagal dalam laga tunggal pada Piala Fed 2020.

Pada babak kualifikasi lainnya, juara Piala Fed dua kali yakni Jerman tetap tangguh dengan melawan tim Brasil. Laura Siegemund sukses meraih kemenangan dengan skor 6-1, 6-2 atas Gabriela Ce. Sementara, juara Piala Fed empat kali yakni tim Rusia juga lolos dan harus berjuang untuk mempertahankan posisi mereka.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Tenis