Connect with us

Tenis

Maria Sharapova, Ratu Tenis WTA Resmi Gantung Raket

Maria Sharapova resmi pensiun

Tenis – Juara Grand Slam lima kali yakni Maria Sharapova secara resmi merilis berita untuk mundur dari dunia Tenis, pada Rabu (26/2/2020) waktu setempat. Keputusan petenis dunia 32 tahun tersebut memang bukan hal yang mengejutkan karena sebelumnya dirinya masih berjuang pada pemulihan cederanya.

Performa salah satu atlet terkaya di dunia tersebut tidak begitu baik sejak selesai menjalani sanksi 15 bulan di tahun 2017, karena penggunaan zat terlarang yakni meldonium pada tes yang dilakukan di Australia Terbuka 2016. Sejak saat itu, dia tidak begitu aktif lagi di lapangan.

Sharapova yang berasal dari Florida, menjadi petenis dunia setelah meraih kemenangan di Wimbledon pada tahun 2004 lalu, ketika berumur 17 tahun. Kini, dia resmi mundur dari dunia yang membesarkan namanya dalam wawancara dengan majalah Vanity Fair.

Maria Sharapova saat raih Juara Grand Slam

Mantan petenis nomor 1 di dunia di tahun 2005 hanya tampil dua laga di tahun ini, gagal pada babak pertama Australia Terbuka dan menjadi peringkat ke-373 musim ini.

“Melihat apa yang terjadi saat ini, saya begitu menyadari jika Tenis sudah menjadi bagian dari hidup saya layaknya pegunungan. Jalan saya sudah penuh dengan lembah dan jalan memutar, namun pemandangan dari puncaknya begitu baik. Sudah 28 tahun dan meraih lima gelar Grand Slam, saya bersiap untuk mendaki ke gunung lain, ” ucapnya.

Petenis cantik dari Rusia tersebut memang sudah mengharumkan nama negaranya dengan karir gemerlap dan prestasi besarnya di dunia Tenis. Dia sudah mencatatkan 36 gelar WTA dan meriah rekor 21 minggu sebagai Ratu Tenis WTA.

Sharapova menikmati masa kejayaannya saat meraih gelar juara Grand Slam Wimbledon di umur 17 tahun, tepat di tahun 2004 silam dan meraih gelar AS Terbuka dua tahun setelahnya. Tahun 2008, ia mencatatkan juara Grand Slam Australia Terbuka dan Prancis Terbuka di tahun 2012 dan 2014.

Selain itu, ia meriah gelar pada Tur WTA 2004, Piala Fed 2008 dan medali perak dalam kompetisi Olimpiade London 2012. Setelah mengalami cedera bahu, di tahun 2019, ia mengungkapkan memiliki niat untuk berhenti dari dunia olahraga tersebut dalam wawancara dengan Vogue dan Vanity Fair.

Selain terkenal dengan beragam prestasinya, salah satu ciri khas Sharapova adalah lenguhannya saat di lapangan. Ketika berlaga, Sharapova melenguh ketika memberikan bola pada lawan. Dengan lenguhannya yang keras menjadikan banyak lawannya yang terganggu dan sempat mencetuskan protes.

Curahan Hati Maria Sharapova

Keputusan mantan petenis nomor 1 di Dunia tersebut memang belum diterima banyak orang. Sebelum memutuskan gantung raket, Sharapova menuturkan sempat menuliskan isi hatinya. Dirinya mengakui jika Tenis adalah kehidupannya dan akan selalu menjadi bagian dari dirinya.

’’Menjadi petenis dunia, saya mendapat banyak hal mengesankan. Saya akan rindu hal tersebut. Saya akan tidak akan menjalani sesi latihan seperti yang biasa saya lakukan, bangun di pagi hari, mengikat sepatu saya, dan menutup gerbang sebelum saya memainkan bola pertama saya. Saya akan rindu dengan tim saya dan pelatih saya. Saya akan rindu duduk dengan ayah saya di bangku latihan. Berjabat tangan walau menang atau kalah yang membuat saya ingin selalu memberikan yang terbaik bagi laga saya.’’ Tuturnya.

Maria Sharapova, atlet berprestasi dan terkaya di dunia

Setelah memutuskan pensiun, Sharapova belum memiliki rencana ke depan.’’Ada beberapa hal yang mungkin akan saya lakukan : ketenangan bersama keluarga saya. Menikmati hari dengan minum kopi di pagi hari. Liburan di akhir minggu dan latihan yang ingin saya kerjakan, kelas dansa!.’’ Ujarnya lagi.

Bagi Maria Sharapova, Tenis adalah hal yang tidak akan terlepas darinya. Salah satu atlet terkaya di dunia tersebut mengaku akan fokus pada pencapaian lainnya dalam hidupnya. Baginya menjadi petenis dunia adalah mimpi masa kecilnya yang sudah terwujud. Kini, dia akan berisitrahat dan terus mendoakan yang terbaik bagi atlet muda lainnya.

Terima kasih Sarapova!

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Tenis