Connect with us

Tenis

Cedera Lutut, Roger Federer Mundur di Tahun Ini

Roger Federer

Tenis – Petenis Swiss, yakni Roger Federer akhirnya memilih untuk beristirahat selama tahun 2020 agar fokus pada pemulihan keadaannya setelah menjalani operasi di bagian lutut sebelah kanannya. Pernyataan itu dia sampaikan lewat akun media sosialnya pada Rabu setempat.

Di bulan Februari yang lalu, Roger Federer melakukan operasi lutut artroskopik yang memaksanya tidak dapat tampil dalam Prancis Open pada 24 Mei 2020 lalu. Akan tetapi, karena pandemi virus Corona, kompetisi tersebut tidak jadi dilaksanakan dan rencananya akan dilanjutkan pada September mendatang, namun Federer sepertinya tetap tidak akan ikut dalam turnamen tersebut.

Petenis terbaik dunia tersebut sepertinya akan tetap absen dan berisirahat sepanjang musim ini. Ia rencananya akan kembali tampil di lapangan di tahun mendatang dengan harapan sudah sembuh dan fisiknya kembali bugar kembali.

Kondisi ini pernah terjadi pada Federer saat jelang akhir musim kedua di tahun 2016 sampai membuatnya menepi pada turnamen Olimpiade dan US Open. Saat itu, dia harus memulihkan diri dari cedera lutut kiri yang selalu menghambat kariernya selama tahun 2016 lalu.

Roger Federer cedera

“Sama seperti yang saya perbuat di musim 2017 lalu, saya memutuskan untuk fokus pada kesehatan dan memakai waktu yang ada untuk beristirahat demi mempersiapkan diri di turnamen tertinggi nantinya. Saya pasti akan merindukan pada fans dan semua kompetisi. Saya harap dapat kembali dengan baik pada musim mendatang, ” ucap Federer.

Sementara itu, petenis dunia dari Kroasia, yakni Marin Cilic mengatakan jika Federer akan sangat ditakuti setelah kembali bugar. Dia mengharapkan semua pemain untuk tetap waspada pada Roger Federer yang akan kembali di musim mendatang setelah sembuh dari cederanya. Dengan beristirahat, Federer pasti memiliki waktu lebih banyak untuk berlatih dan memulihkan tenaga.

Federer saat ini, sedang berjuang sembuh dari cedera lututnya, cedera yang selama ini menghantui kariernya. Peraih 20 gelar Grand Slam itu sudah memutuskan untuk menyudahi musim ini lebih cepat, walau semua kompetisi ditunda karena pandemi virus Corona.

Sebelumnya, Federer harusnya bermain di beberapa kompetisi dunia. Walau sempat disebutkan hanya beristirahat sampai pertengahan tahun ini, petenis asal Swiss tersebut akhirnya absen dari semua turnamen di tahun ini.

Roger Federer

Akan tetapi, Marin Cilic optimis jika hadirnya Federer di musim mendatang akan menjadi momok besar untuk atlet tenis lainnya. Setelah cedera lututnya sembuh, Cilic optimis dia akan tampil kuat. Bahkan, juara medali emas Olimpiade 2008 tersebut dipercaya dapat kembali merajarai turnamen grand slam dan mendapatkan gelar juara. Itu sebabnya, cedera yang dialami Federer bukan suatu masalah untuk sang petenis.

” Roger Federer akan tetap menjadi lawan yang sulit. Dia akan memaksimalkan waktu istirahatnya dengan baik dan itu yang biasa kami lakukan saat absen. Saya pribadi menilai dirinya sebagai sosok yang tidak terkalahkan di lapangan. Sama dengan Nadal yang juga tidak terkalahkan sejak melakukan comeback,” ujar Cilic.

Lebih lanjut, dirinya mengisahkan bagaimana Nadal mengalami cedera dan bagaimana dia kembali kali. “ Dia sangat jarang kalah dari pemain yang dijagokan di lapangan, khususnya Federer. Selama berkarier, Federer sering absen dua bulan atau lebih dan saat kembali selalu saja tampil lebih baik. Saya yakin dia akan kembali membaik setelah absen empat atau lima bulan,” tutupnya.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Tenis