Connect with us

Sport Lain

Wanita Selam Indonesia (wasi) Usahakan Pecahkan 3 Rekor Dunia Selam

TERBIT.COM – Wanita Selam Indonesia (WASI) adalah sebuah organisasi yang berad di bawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia. Dan dalam beberapa waktu kedepan pihak Wanita Selam Indonesia memiliki beberapa agenda besar, salah satunya adalah akan mereka laksanakan pada tanggal 1-3 Agustus 2019 mendatang. Dan acara yang juga diupayakan untuk memecahkan 3 rekor dunia selam tersebut nantinya akan dihelat di Pantai Manado, Kawasan Megamas Manado, Sulawesi Uara.

3 rekor dunia selam yang akan dipecahkan dalam agenda tersebut adalah sebagai berikut, pihak WASI akan melakukan penyelaman massal dengan terget total penyelam yang berpartisipasi diperkirakan sebanyak 3.000 penyelam. 3.000 penyelam tersebut nantinya akan membuat rantai manusia terpanjang didalam air, selain itu mereka juga akan membentangkan bendera terlebar di dunia. Kegiatan yang mereka lakukan tersebt juga merupakan salah satu rangkaian acara perayaan HUT RI ke 74. Mereka juga berharap dnegan kegiatan tersebit mereka bisa turut mempromosikan tempat wisata, kelestarian alam dan juga olahraga selam.

“Masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa gaya hidup sehari-hari kita bisa mengancam lingkungan hidup laut. Tidak hanya laut Indonesia, tapi juga dunia. Ancaman serius saat ini dari penggunaan bahan plastik sekali pakai dan tidak mengelola sampah plastik dengan benar. Indonesia saat ini sebagai peringkat kedua penyumbang sampah plastik di dunia,” ujar Wakil ketua umum selam wanita, Tri Tito.

Tak hanya akan melakukan kegiatan yang berupaya memecahkan rekor, akan tetapi pihak WASI nantinya juga akan melakukan kegiatan aksi bersih laut dan pantai di Manado, hal itu juga merupakan sebuah bentuk dukungan nyata merela atas aksi Dive Againts Debris. Aksi tersebut merupakan sebuah aksi yang mengajak para penyelam untuk mencintai laut dengan membersihkan sampah yang berserakan di laut.
“WASI akan terus berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kami sebagai penyelam. WASI juga selalu berusaha untuk melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan yang kami lakukan sehingga kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut akan semakin meningkat. Pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai, tapi juga membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia,” jelas Tri.

Sejak berdiri pada tahun lalu, WASI telah menjadi sebuah organisasi yang melakukan banyak program edukasi untuk masyarakat agar lebih mencintai laut, kegiatan edukasi mengenai kemaritiman, dan juga pelestarian alam. Pada tahun 2007 lalu WASI juga sempat memecahkan rekor muri, yakni mereka berhasil melakukan penyelaman massal dengan total 930 penyelam wanita dan membentangkan ebndera sepanjang 500 meter.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain