Connect with us

Sport Lain

Terhalang Virus Korona, Jepang Tetap Siapkan Olimpiade 2020

Olimpiade 2020

Berita Olahraga Dunia – Seiko Hashimoto yang merupakan Menteri Olimpiade Jepang mengungkapkan jika pelaksanakan pesta olahraga dunia atau Olimpiade 2020 yang dipersiapkan pada tanggal 27 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang di Tokyo akan dilaksanakan sesuai rencana. Walau ada masalah peningkapan Virus Korona yang saat ini menjadi perhatian dunia.

Pihak Jepang secara pasti mengungkapkan jika mereka tetap akan bersiap pada acara Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Seiko Hashimoto secara tegas mengatakan pihaknya tidak akan memikirkan atau menunda perhelatan olahraga dunia ini. Pernyataan Hashimoto tersebut juga didukung oleh Perdana Menteri negara tersebut, yakni Shinzo Abe yang secara pasti akan terus bekerja sama bersama beberapa organisasi sehubungan pencegahan Virus Korona sehingga tidak mengusik kompetisi empat tahunan itu.

“Kami akan berusaha melakukan pembicaraan intens bersama pihak lainnya, termasuk Komite Olimpiade Internasional dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Hal ini untuk melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat untuk virus tersebut supaya tidak ada hal yang menghambat proses Olimpiade,” ucap Abe.

Karena Virus Korona yang meningkat di Wuhan, China, maka pihak Panitia Olimpiade 2020 memberikan syarat khusus bagi atlet dari negara itu. Seperti para atlet yang akan ikut berlomba dalam kompetisi Olimpiade mendatang, maka mereka harus memiliki sertifikat medis dan melaksanakan skrining demi mencegah peningkatan virus ini.

Olimpiade Tokyo 2020

Semua kerjasama dan langkah yang mereka ambil demi mencegah perkembangan virus yang menarik perhatian dunia tersebut masuk ke Jepang dari para atlet China. Apalagi, proses penularan virus tersebut sangat mudah tertular hanya lewat udara saja.

Tindakan yang diambil Jepang itu merupakan langkah yang berani dan nekat. Pasalnya, beragam cabang olahraga di dunia berhubungan dengan China disebutkan banyak yang tidak terlaksana. Seperti Kejuaraan Asia Bulu Tangkis, Formula One (F1) GP China, Liga Super China, dan masih banyak lagi.

WHO Izinkan Olimpiade 2020 Berjalan Sesuai Jadwal

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia mengungkapkan jika perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang yang nantinya dilaksanakan pada tanggal 24 Juli sampai 9 Agustus 2020 tersebut dapat dilaksanaakn. Hal itu disampaikan Ketua Komisi IOC, yakni John Coates yang memperoleh pernyataan dari WHO sehubungan dengan wabah virus korona yang sudah berkembang di banyak negara di dunia.

Jepang yang menjadi tuan rumah akan melakukan pencegahan virus tersebut demi tidak menunda perhelatan Olimpiade tersebut. Bahkan Coates mendapat pernyataan dari pihak WHO jika Jepang tidak masuk sebagai negera yang teridentifiasi korona yang menjadikan Olimpiade dapat tetap dilaksanakan.

Walau begitu, WHO tidak dapat memastikan jika mereka dapat menjadi pengawas sehubungan virus korona tersebut. Akan tetapi, WHO yakni perhelatan olahraga dunia ini akan berlangsung dengan baik.

Coates mengungkapkan Jepang meyakini pada pihak IOC jika kondisi saat ini tengah ditangani dengan baik. Hal itu pun meningkatkan optimis dan harapan IOC jika Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung dengan baik di pertengahan musim ini.

Sementara, di awal Februari kemarin, petinggi panitia yang melaksanakan Olimpiade 2020 yaitu Toshiro Muto sempat merasa pesimis pada kompetisi empat tahunan tersebut akan ditunda tanpa diketahui kapan pelaksanaannya. Hal tersebut karena ketakutan pada peningkatan virus korona yang dapat saja meningkat di Jepang seperti di beberapa negara lainnya yang sudah menjadi tempat perkembangan virus berbahaya tersebut.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain