Connect with us

Sport Lain

Selain Aslam Khan, Berikut Lima Petinju Dunia yang Meninggal di Atas Ring

Muhammad Aslam Khan meninggal

Berita Tinju Dunia – di dunia tinju, tiap petarung di atas ring akan mencurahkan semua kekuatannya termasuk nyawa mereka. Namun, para petinju tersebut pada akhirnya berhasil selamat walau dalam kondisi kalah atau menang di laga mereka.

Walau begitu, ada juga petinju dunia yang mendapatkan nasib siap karena harus meninggal di arena tinju tersebut. Sama dengan yang dialami petinju dari Pakistan, Muhammad Aslam Khan. Aslam menghembuskan nafas terakhirnya, pada Minggu 31 Januari 2021 setelah KO melawan Wali Khan Tareen.

Selain Aslam, berikut lima petinju dunia yang menghembuskan nafas di atas Ring :

Kim Duk-koo – 13 November 1982

Kim Duk-koo

Salah satu laga tinju yang paling diingat di awal 80-an, adalah petinju Korea Selatan (Korsel), Kim Duk-koo vs Ray Mancini yang berasal dari Amerika Serikat. Laga ini berjalan dengan seru, namun saat laga tinju usai dan mengumumkan siapa pemenangnya, Duk-koo tiba-tiba pingsan. Segera dia dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi di bagian otaknya.

Duk-koo tetap tak selamat dan meninggal empat hari setelah laga tersebut. Peristiwa buruk itu menjadi awal perubahan aturan tinju yang dulunya memiliki 15 ronde, kini hanya 12 ronde. Bertujuan untuk melindungi para petinju dari kejadian seperti Duk-koo itu. Pasalnya, petinju dari Korsel itu kehabisan tenaga namun tetap harus bermain di ronde ke-14.

Roman Simakov – 5 Desember 2011

Petinju Dunia yang Meninggal di Atas Ring

Roman Simakov memnghembuskan nafas setelah mendapat cedera otak setelah bermain melawan Sergey Kovalev. Laga itu menjadikan Kovalev yang kala itu masih berumur 27 tahun merasa kecewa. Kovalev mengaku merasa bersalah. Hingga dia membantu kondisi keuangan keluarga Simakov yang terpuruk setelah Simakov meninggal.

Mike Towell – 29 September 2016

Petinju Dunia yang Meninggal di Atas Ring

Di tahun 2016 lalu, laga tinju kelas welter di Inggris selesai dengan hasil tragis dengan meninggalnya Mike Towell usai dibuat KO Dale Evans memasuki ronde kelima. Setelah KO, Towell segera dilarikan ke rumah sakit.

Towell mendapat cedera pada otaknya dan itu yang menjadi penyebab kematiannya. Evans begitu bersalah dan mengaku sangat terpukul saat berjumpa dengan ibunda Towell. Pada akhrinya, kedua pihak berdamai.

Scott Westgarth – 24 Februari 2018

Petinju Dunia yang Meninggal di Atas Ring

Selanjutnya adalah laga di bulan Februari 2018 lalu, dalam pertarungan Scott Westgarth vs Dec Spelman. Setelah itu, Westgarth sempat dibawa ke rumah sakit karena cedera parah saat masuk ke ronde ke-10.

Dua hari berada dalam kondisi kritis, Westgarth kemudian menyerah dan meninggal. Spelman mengaku bersedih dan merasa bersalah bahkan bersedia bertanggung jawab atas kejadian ini.

Patrick Day – 12 Oktober 2019

Patrick Day

Tahun 2019 menjadi tahun kelam untuk dunia tinju. Padanya banyak petinju dunia yang bernasib buruk di atas ring. Salah satunya, Patrick Day yang meninggal setelah babak belur dihajar Charles Conwell.

Day dilarikan ke rumah sakit demi mendapat operasi cedera otak darurat. Luka di kepalanya terjadi karena pukulan telak Conwell hingga menjadikan Day harus jatuh ring saat pada ronde ke-10. Day sempat koma namun tidak bertahan lama hingga kemudian dia menghembuskan nafas terakhirnya.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain