Connect with us

Berita Olahraga

Sebelum Olimpiade 2020, Tiga Olimpiade Ini Pernah Terganggu Karena Virus

Olimpiade tokyo

Olimpiade 2020 – Olimpiade Tokyo 2020 menjadi perhatian saat ini. Pasalnya, event olahraga empat tahun ini terancam tidak dilaksanakan atau ditunda karena meningkatnya virus corona di dunia. nyatanya ini bukan pertama kalinya terjadi. Beberapa tahun silam, ada beberapa event Olimpiade dunia yang juga pelaksanaannya terganggu lantaran adanya wabah penyakit.

Sampai pada lima bulan jelang event olahraga Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, penyebaran virus corona merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Sudah banyak negara yang terkena dampaknya dan satu per satu jadwal olahraga dunia tidak dilaksanakan. Yang terbaru, Menteri Olimpiade Jepang, Seiko Hashimoto, mengungkapkan bisa jadi ajang olahraga ini tidak dilaksanakan tahun ini.

Sampai kini, vaksin sebagai obat virus yang datang dari China tersebut belum ditemukan. Hal ini jelas mempengaruhi pelaksanaan olahraga dengan masyarakat yang semakin cemas akan penyebaran virus tersebut. Nah, sebelum olimpiade 2020 ini, ternyata ada tiga event Olimpiade dunia yang juga pernah terganggu karena penyebaran wabah virus.

Berikut ulasannya :

Olimpiade Musim Dingin Vancouver

Olimpiade 2010 Vancouver

Olimpiade yang satu ini sejatinya dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 28 Februari 2010 mendatang.  Olimpiade 2010 Vancouver akhirnya tidak dilaksanakan karena pengaruh wabah virus flu burung. Saat itu, pihak penyelenggara sudah menyiapkan 25.000 volunteer dan 5.000 staf dalam event olahraga besar ini. Akan tetapi, vaksi virus H1N1 pada para atlet, ofisial, hingga penonton tidak dapat dilakukan secara menyeluruh.

VANOC yang menjadi panitia meminta komite olimpiade nasional segera melaksanakan vaksin pada atlet dan para tim pendamping. Hal ini menjadikan pesta olahraga empat tahun ini dapat dilaksanakan tepat waktu dan tim tuan rumah keluar sebagai jawara.

Olimpiade Musim Panas Rio de Janeiro

Olimpiade Barcelona 2016

Olimpiade Barcelona 2016 yang dilaksanakan di Rio de Janeiro pada tanggal 5 sampai 21 Agustus 2016 yang lalu karena virus zika. Akan tetapi, pihak pemerintah Brasil tetap melanjutkan ajang olahraga tersebut dan segera melakukan tindakan cepat mengatasi ancaman virus itu. Presiden, Dilma Rousseff mengungkapkan seruan perang melawan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi sumber penyakit. Pada akhirnya olimpiade dilaksanakan tepat waktu dengan Amerika Serikat sebagai pemenang.

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang

Olimpiade Pyeongchang 2018

Event yang satu ini berlangsung pada tanggal 9 sampai 25 Februari 2018 lalu.  Olimpiade Pyeongchang 2018 juga terhambat karena pengaruh virus. Kala itu, wabah norovirus menjadi sumber masalah. Virus ini mengakibatkan diare dan muntah-muntah. Di tanggal 8 Februari 2018 mendatang, sehari sebelum pesta pembukaan, tercatat ada 128 kasus. Dalam prosesnya, terdapat 1.200 tim keamanan yang malah dikarantina karena wabah tersebut, hingga kemudian pihak para tentara berjaga-jaga selama acara.

Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Ditunda

Olimpiade tokyo

Kali ini, Olimpiade Tokyo 2020 yang terkena ancaman karena perkembangan virus corona. Pihak penyelenggara sebelumnya percaya diri dapat mengatasi masalah ini, namun dalam minggu ini, pihak pemerintah kembali melakukan evaluasi sehubungan dengan penyelenggarakan pesta olahraga terbesar tersebut sampai akhir tahun nanti.

Menteri Olimpiade Jepang, yakni Seiko Hashimoto sudah menegaskan hal ini pada Selasa (3/3/2020). Waktu setempat. Bulan Mei menjadi batas waktu untuk menentukan langkah tepat yang akan mereka laksanakan.

Menurut Seiko, dari kontrak yang sudah disepakati sebelumnya, pada Pasal 66 pihak IOC memegang hak tidak melaksanakan Olimpiade dan menonaktifkan kontrak saat event ini tidak dilangsungkan pada tahun 2020 mendatang,” ucap Hashimoto.

Pihak IOC sangat ingin melaksanakan Olimpiade pada tahun ini. Namun, demi menjaga keamanan, pihak pemerintah akan tetap mengkaji persiapan dan latihan jelang pesta olahraga empat tahunan ini, yang pasti tidak akan sampai tahun 2021 mendatang.

jadwal Olimpiade 2020 sendiri awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. Presiden IOC, yakni Thomas Bach di minggu lalu mengkonfirmasi jika pihaknya sudah berkomitmen secara penuh untuk mendukung tuan rumah dan membantu pelaksanaan sesuai dengan jadwal awal. Tapi hak pembatalan sepenuhnya dipegang IOC.

Virus ini juga mempengaruhi pelaksanaan jadwal olahraga dunia, seperti kejuaraan atletik dunia, grand prix Formula 1 China dan lainnya.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Olahraga