Connect with us

Sport Lain

Resmi Pensiun, Ini Harta dan Rekor Khabib Nurmagomedov di UFC

Khabib Nurmagomedov umumkan pensiun

Berita UFC – Keputusan petarung terbaik UFC yakni Khabib Nurmagomedov pensiun menguncang dunia MMA. Ia resmi menyudahi kariernya setelah menang dalma laga UFC 254. Hal ini membuat Khabib memiliki rekor tidak terkalahkan selama menjadi atlet UFC.

Khabib memilih pensiun dengan cepat setelah merayakan kemenangan atsa petarung dari AS, yakni Justin Gaethje. Laga itu dilaksanakan di Fight Island, Abu Dhabi, pada Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Khabib kembali menjaga sabuk juara kelas ringan untuk ketiga kalinya. Petarung The Eagle tersebut menang hanya dalam dua ronde. Setelah menang, Khabib sambil menahan tangis merayakan pencapaiannya dengan emosional dan tersungkur di atas ring. Setelah itu, dia kemudian mengumumkan pensiun dari olahraga tersebut.

Keputusan itu membuat Khabib menyudahi kariernya dengan pencapaian yang sangat mengesankan. Ia meraih rekor selalu menang di UFC dalam 29 laga.

Selama menjalani kariernya sebagai petarung, Khabib memang dikenal sebagai petarung yang mematikan dan tak main-main. Kemenangan pertamanya diperoleh saat melawan Vusal Bayramov, tanggal 13 September 2008 lalu.

Karier Khabib

Setelah itu, dia selalu mencatatkan kemenangan walau melawan petarung terbaik UFC lainnya. Diantaranya, Conor McGregor. Saat itu, pada UFC 229, Khabib berhadapan dengan McGregor, selama empat ronde. Sempat tidak diperhitungkan, laga ini akhirnya dimenangkan oleh petarung asal Rusia ini.

Tidak hanya rival di atas ring, mereka juga berselisih hingga terjadi keributan setelah kekalahan McGregor. Masalah ini berbuah pada sanksi larangan bertarung, Khabib kemudian bisa kembali berduel awal September 2019 lalu dalam laga melawan Dustin Poirier.

Hasil atas Gaethje kian menambah kesempurnaan rekor dari Khabib. Dengan catatan manis tersebut, tidak berlebihan jika Khabib disebut sebagai salah satu petarung terbaik UFC.

Kekayaan Khabib Nurmagomedov

kekayaan Khabib Nurmagomedov

Hengkangnya Khabib dalam dunia MMA yang sudah membesarkan namanya tersebut menimbulkan banyak pertanyaan terkait kehidupan Khabib, seperti harta kekayaannya dan apa yang akan dia lakukan setelah pensiun.

Memiliki karier yang mentereng sebagai petarung, Khabib pasti sudah mengumpulkan pundi-pundi uang. Wealthy Gorilla menyebutkan jika kekayaan bersih The Eagle diperkirakan hingga USD30 juta atau Rp438 miliar.

Selama menjadi petarung UFC, Khabib sudah mendapatkan hadiah uang dengan nilai fantastik dan semakin besar setelah prestasinya meningkat. Dalam laga terakhirnya, bayaran Khabib ditaksir bernilai fantastis. Menang atas Justin Gaethje di UFC 254, dia mendapatkan USD6 juta atau Rp88,2 miliar.

Nilai itu tidak dihitung dengan bonus Khabib setelah menang. Jumlah bonus Khabib sendiri sekitar USD90 ribu atau Rp1,32 miliar dan disebut-sebut belum nilai total yang dia dapatkan. Pasalnya, masih ada hak komersial pay per view. Pantas saja jumlah kekayaan Khabib selama menjadi atlet UFC sangat banyak.

Dengan total bermain di 29 laga, semua duelnya diakhiri dengan kemenangan. Karier gemilang itu dimulai saat debut di tahun 2008 lalu,  dengan catatan empat laga pertarungan per bulan.

Walau sudah memutuskan pensiun, Khabib tetap mendapatkan banyak keuntungan. Tercatat, dia menjadi atlet terkaya di Rusia dan populer sebagai bintang iklan dari produk dunia.

Khabib Nurmagomedov sendiri belum membeberkan apa yang akan dia lakukan setelah resmi pensiun. Hanya saja, dia ingin menikmati waktu lebih banyak bersama ibu dan keluarganya.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain