Connect with us

Sport Lain

Olimpiade Tak Bisa Terhindar Dari Penundaan

Olimpiade Tak Bisa Terhindar Dari Penundaan

Olimpiade Tokyo 2020 – Pejabat Komite Olimpiade Internasional Senior (IOC), Dick Pound, pada hari Senin mengatakan penundaan Olimpiade Tokyo 2020 tak bisa dihindari karena dunia sekarang ini tengah dilanda wabah virus corona.

IOC mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka akan menunggu empat minggu lagi sebelum mengumumkan keputusannya tentang nasib dari Olimpiade yang akan berlangsung 24 Juli sampai 9 Agustus, di tengah meningkatnya permintaan untuk membuat jadwal ulang.

Namun Pound percaya bahwa IOC yang sekarang mengesampingkan pembatalan Olimpiade lebih memilih untuk penundaan dalam acara ini.

“Interpretasi saya saat berkomunikasi dengan IOC adalah mereka tetap berusaha agar acara ini tetap berjalan dan mereka tidak berpikir mereka dapat melanjutkan pada 24 Juli,” imbuh Pound kepada AFP.

“Mereka akan melakukan eksplorasi dengan orang Jepang untuk mencari pilihan lainnya, dan kemudian ada semua jenis kepentingan lain untuk federasi internasional, NOC, atlet.”

“Dalam empat minggu kemudian mereka akan mencoba mengeluarkan rencana lain dan membuatnya lebih spesifik dalam periode waktu tersebut.”

Olimpiade Tak Bisa Terhindar Dari Kata Ditunda

Seorang juru bicara IOC tidak langsung menanggapi substansi pernyataan Pound, hanya mengatakan dalam sebuah pernyataan kalau IOC memiliki haknya.

“Adalah hak setiap anggota IOC untuk menafsirkan keputusan IOC EB (Dewan Eksekutif) yang diumumkan kemarin.”

Orang yang berasa dari Kanada tersebut mengatakan kalau penyebaran COVID-19 yang tak terduka di seluruh dunia membuat IOC tidak punya opsi lain.

“Ini bukanlah sesuatu yang akan berakhir pada 24 Juli nanti,” ucap Pound.

“Dan hal ini tidak akan hilang pada bulan September ataupun Oktober. Banyak negara terbesar di dunia hampir kewalahan, dan ini baru mulai berakar di Afrika. Menurut saya ini adalah jalan keluar.”

“Saya pikir penundaan untuk acara ini selama satu tahun adalah hal yang tepat, karena memberi Anda waktu paling banyak untuk berorganisasi,” kata dia.

Olimpiade Tak Bisa Tak Ditunda

Sejumlah komite Olimpiade dan federasi olahraga telah mengindikasikan akan ada beberapa negara yang menolak untuk ikut berpartisipasi di Tokyo jika pertandingan tetap diadakan pada bulan Juli sesuai yang sudah dijadwalkan.

Pada hari Minggu Komite Olimpiade Kanada menjadi komite Olimpiade nasional pertama yang menyatakan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi jika Olimpiade tersebut tetap berlangsung pada bulan Juli tahun ini.

Di Amerika Serikat, badan pengatur lintasan dan lapangan serta renang menyerukan agar Olimpiade Tokyo 2020 ditunda terlebih dahulu untuk keamanan bersama.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain