Connect with us

Sport Lain

Nasib Israel Vazquez Kini, Mata Kanan Buta dan Tubuh Lumpuh

Israel Vazquez

Berita Tinju – Israel Vazquez merupakan mantan juara tinju dunia yang saat ini tengah berjuang sembuh dari penyakit beratnya karena sebagai efek dari pertandingan yang selama ini dia lakoni. Dalam dunia tinju, siapa yang tidak tahu pertarungan penuh darah antara Israel Vazquez vs Rafael Marquez pada tahun 2007 hingga 2010 lalu. Pertarungan keduanya menjadi salah satu pertarungan terbaik tinju di dunia.

Setelah 10 tahun, Israel Vazquez diberitakan tengah berjuang melawan penyakitnya. Mantan petinju dunia ini mengalami kebutaan pada di mata kanannya karena efek dari pertandingan itu. Akan tetapi, mantan juara dunia tiga kali tersebut juga mengalami masalah pada kesehatan dan kini berada di Huntington Park, California, tinggal bersama keluarganya.

“Pastinya aku menonton tiap laga. Kami tidak punya kegiatan lain dan tidak pergi kemanapun,”ucap Vazquez saat ditanya kegiatannya saat ini.

Pentinju dunia yang berjuluk El Magnifico tetap percaya diri jika dia ditengah kondisinya tersebut dan masih berjuang bertahan di tengah pandemi global virus corona. Sepuluh tahun setelah dia meraih masa kejayaannya, Vazquez gantung sarung tangan pada umur ke-33 dengan catatan 44 kemenangan (32 KO) dan 5 kekalahan.

laga israel Vazquez vs Rafael Marquez

Pria asal Meksiko, 43 tahun tersebut kini tengah fokus pada penyembuhan matanya dengan memakai kaca mata setelah saraf optik di bagian kanan matanya tidak aktif lagi. Bersamaan dengan dirinya yang akan menjalani perawatan mata, tubuh Vazquez juga berangsur-angsur mulai melemah dan kini memburuk selama dua tahun belakangan ini.

Dengan dukungan keluarga, dan para sahabatnya, Vazquez melakukan serangkaian tes kesehatan. Untuk tahu apa yang terjadi pada tubuhnya. Setelah melakukan pengecekan dengan Dr. Fausto Daniel Garcia di Rumah Sakit Jose Maria Roma, Vazquez disebutkan menderita sklerosis sistemik (SSC), kelainan rematik autoimun kronis yang membuat tubuhnya kini mengalami degeneratif dalam organ dalam dan kulit.

“Ini menjadi penyakit yang berat untuk saya dan harus saya lalui sepanjang hidup ini. Tidak ada pengobatan yang dapat membuat saya sembuh seperti semula. Penyakit ini mempengaruhi otot, dan membuat saya kehilangan berat badan. Namun, ini bukan penyakit yang dapat membuat saya meninggal dengan cepat. Jika aku bertanggung jawab dengan pengobatannya, saya dapat bertahan.” ucap Vazquez.

israel Vazquez vs Rafael Marquez

Setahun yang lalu, dengan bantuan finansial dari WBC dan presidennya yakni Mauricio Sulaimán, Vazquez melakukan proses pengobatan di Meksiko untuk ditindak lanjuti. Walau sebelumnya, mantan pentinju dunia ini merasa tidak perlu melakukan banyak tes dan diagnosis beragam karena penyakitnya tersebut.

“WBC kini mendukung saya dan menjaga saya untuk tetap pulih dalam perawatan. Mereka memberikan dukungan untuk dana dan saya berterima kasih untuk semua yang sudah diberikan pada saya,” ucap mantan juara WBC yang juga pernah mendapat dukungan perawatan pada matanya selama bertahun-tahun dari pihak WBC.

Israel Vazquez kini sudah berada di Meksiko untuk perawatan media tiap enam minggu sekali. Dia juga bersyukur jika ini bukan suatu penyakit turunan dan tidak akan mengenai pada ketiga anaknya.

Mauricio Sulaimán

“Setelah kami tahu apa yang terjadi dengan Israel, kami membawanya ke Meksiko untuk melakukan banyak pemeriksaaan media. Dia adalah salah satu petarung WBC terbaik di dunia dan sudah memberikan hidupnya untuk olahraga ini. Pertarungannya melawan Rafael Marquez membuatnya kini kesulitan ,” ucap Mauricio Sulaimán, presiden WBC.

“Israel adalah sosok petarung WBC terbaik di dunia yang mandiri. Dia tidak pernah meminta apapun dari kami. Dia melakuka semuanya untuk kebaikan. Kami mendukung dia untuk pengobatannya. Ayah saya, yakni Jose Sulaimán juga selalu memberikan kami pengertian jika semua dari kami adalah pejuang. Kami akan mendukung Israel sebisa mungkin. ” tutup Mauricio Sulaimán.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain