Connect with us

Sport Lain

Nama Ayah Khabib Jadi Nama Desa di Kawasan Dagestan

ayah Khabib Nurmagomedov meninggal dunia

UFC – Abdulmanap Nurmagomedov yang merupakan ayah petarung UFC dunia yakni Khabib Nurmagomedov, sudah dimakamkan dengan cara sederhana dan ditempatkan di kawasan Kirovul, bagian Dagestan.

Walau begitu, tidak disebutkan dengan lengkap bagaimana proses pemakaman yang dilakukan. Namun, dalam pemakaman tersebut tidak banyak pelayat yang datang, karena memang proses dilakukan dengan kehadiran keluarga saja.

“Proses pemakaman Abdulmanap Magomedovich sudah dilaksanakan dengan baik dengan kehadiran keluarga dan kerabat saja. Beberapa teman turut almarhum turut hadir dalam pemakamannya,” ucap juru bicara kantor administratif Kozilyurt.

Abdulmanap meninggal dunia di hari Jumat (3/7) karena adanya komplikasi penyakit jantung dan otak yang sudah lama dideritanya. Kondisinya kian sulit setelah terinfeksi virus corona. Walau sempat mendapat perawatan intensif, nyawa ayah Khabib Nurmagomedov tidak tertolong.

ayah Khabib Nurmagomedov meninggal dunia

Acara pemakaman juga dihadiri presiden Chechnya, yakni Ramzan Kadyrov yang merupakan sosok yang pertama kali mengabarkan kematian ayah petarung UFC dunia tersebut. Sebelum acara dilakukan, Kadyrov mendoakan sang mendiang dan memberikan penghiburan pada Khabib. Kadyrov terlihat memeluk petarung dengan julukan The Eagle tersebut dan ikut bersama dengan para anggota keluarga Khabib yang lainnya.

Pihak Ramzan juga berjumpa dengan pihak kepala daerah Kizilyurt, yakni Magomedov Shabanov. Setelah Ramzan dan rombongannya memberikan ucapan duka cita pada keluarga almarhum, delegasi langsung menuju Dagestan.

Jenazah Abdulmanap yang ditempatkan di rumah sakit militer di Moskow diberangkatkan menuju Makhachkala, dan kemudian berangkat ke Kirovul. Di tempat tersebut, sudah ada keluarga dan saudara yang sudah berada di rumah duka. Dalam pemakaman tersebut, hanya ada 10 orang yang hadir. Pihak keluarga sebelumnya meminta semua warga desa tidak hadir dalam pemakamannya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, desa Kirovaul yang terletak di kawasan Dagestan tersebut rencananya akan diganti namanya dengan nama ayah Khabib Nurmagomedov yakni Abdulmanap Nurmagomedov sebagai penghormatan pada mendiang.

ayah Khabib Nurmagomedov meninggal dunia

Abdulmanap merupakan salah satu pelatih mixed martial arts yang disegani di dunia. Sejak menetap di Kirovaul, Abdulmanap mendirikan pusat kebugaran di beberapa rumah keluarganya. Kirovaul juga menjadi tempat putranya yakni Khabib menimba ilmu dan berlatih hingga meraih gelar juara dunia UFC.

“Kami saat ini tengah berduka,” ucap Magomedrasul Davudov, selaku kepala Desa Kirovaul. Disebutkan juga bahwa mereka tengah berencana untuk melakukan pertemuan khusus untuk membicarakan pergantian nama desa itu. Pergantian tersebut akan dilaksanakan setelah tujuh hari masa berduka.

“Banyak orang dari berbagai kawasan di Rusia mengunjungi kami. Nantinya, kami akan bertemu dan membahas banyak hal dengan para penduduk untuk rencana pergantian nama desa Kirovaul menjadi Manap,” papar Davudov.

Sementara itu, Abdulmanap sudah melahirkan 18 juara sambo dunia dan menjadi sosok yang penting, termasuk Khabib yang merupakan juara kelas ringan UFC. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Abdulmanap Nurmagomedov dirawat di rumah sakit militer Moskow selama dua bulan, sebelum kemudian meninggal dunia.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain