Connect with us

Sport Lain

Mengenang Peristiwa Menarik Mike Tyson VS Evander Holyfield

Mike Tyson VS Evander Holyfield

Tinju – Para pecinta dunia tinju pastinya tidak akan asing dengan pertarungan kontroversional yang sampai memiliki nama yakni “The Bite Fight”. Turnamen tinju dunia yang mempertemukan Mike Tyson vs Evander Holyfield di tahun 1997 yang lalu menjadi pertarungan yang tidak akan terlupakan dalam catatana sejarah olahraga ini.

Betapa tidak? Laga rematch itu sempat menjadi pembahasan dunia karena tindakan kontroversial Tyson. Dia mengigit kedua telinga Holyfield sampai terluka parah. Peristiwa tersebut berlangsung dalam pertarungan memperebutkan gelar juara kelas berat WBA di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, 28 Juni 1997 lalu. Sebelumnya, tepat tujuh bulan dari laga itu, Holyfield sudah mendapatkan gelar tersebut setelah menang melawan Tyson pada ronde ke-11.

Dari awal laga, Holyfield memang bermain dengan tangguh. Dia dapat menghantam wajah Tyson dengan pukulan telaknya. Selain itu, dia juga memperoleh dukungan besar dari penonton yang membuatnya semakin percaya diri.

Tinju kuat dan overhand kanan berhasil dia lakukan dengan baik. Jelang ronde pertama usai, Tyson sempat memprotes serangan Headbutt dari musuhnya itu. Tetapi, hal tersebut tidak mendapat perhatian dari wasit Mills Lane karena merupakan hal yang tidak di sengaja.

Memasuki ronde kedua, Holyfield bermain dengan penuh percaya diri. Sementara, Tyson semakin gusar dan tertekan dengan perlawanan dari Holyfield. Hal ini membuat suasana laga kian memanas. Di ronde selanjutnya, Mike Tyson mulai tak tahan dan berusaha mengalahkan rivalnya itu. Dengan beragam pukulan jabs dan hook di laga terakbar itu. Akan tetapi, Holyfield dengan baik dapat melakukan defense.

Mike Tyson gigit telinga Evander Holyfield

Dalam sisa 40 detik jelang turnamen tinju dunia ini usai di babak ketiga, pertarungan kian sulit. Akan tetapi, petinju dunia tersebut tidak menghentikan serangan brutalnya dan secara mengejutkan meyerang dan menggigit daun telinga bagian kanan Holyfield sampai robel sekitar 2 cm dan terluka parah.

Hal tersebut membuat juara kelas berat WBA tersebut terjatuh dan terlihat kesakitan, sementara Tyson membuang ludah robekan kulitnya itu dengan marah. Suasana kian semakin memanas setelah Tyson mendorong Holyfield di sudut ring.

Pertarungan ini berhenti sementara waktu setelah Holyfield cedera. Wasit Mills Lane juga memberikan sanksi pada Tyson dengan mengurangi dua poinnya. Setelah itu, laga ini kembali dilaksanakan. Namun, hal tak terduga kembali terjadi, Tyson kembali melakukan aksi kontroversialnya tersebut dengan menggigit daun telinga kiri lawannya.

Akhirnya, wasit memutuskan untuk tidak melanjutkan pertarungan yang tersisa 10 detik lagi. Mills Lane kemudian memutuskan untuk mengeluarkan Tyson. Akhinya, kemenangan diberikan pada Holyfield.

Dengan tindakan kontroversial tersebut menjadikan pihak otoritas tinju Nevada mengambil keputusan untuk melakukan evaluasi pada salah satu legenda tinju dunia dari Amerika Serikat tersebut. Tyson dalam aksinya tersebut sudah memakai clinch atau gerakan mendekati atau memeluk lawan, yang dia perbuat demi menggigit telinga Holyfield.

Selain mendapatkan hubungan diskualifikasi dan tidak berhasil mempertahankan gelar juara kelas berat WBA, petinju dunia ini juga dihukum skorsing selama setahun dan denda senilai 3 juta dolar AS (Rp46 miliar).

Di sisi lain, Mike Tyson menampik aksinya tersebut dan mengatakan jika luka pada telinga merupakan karena pukulannya. Mike Tyson VS Evander Holyfield itu menjadi salah satu pertarungan tinju yang tidak akan terlupakan dalam dunia olahraga ini.

Evander Holyfield sudah gantung sarung tangan dari dunia tinju di awal Mei 2011 yang lalu dengan catatan rekor 44-10-2-1. Sementara, Mike Tyson juga lebih dulu pensiun di tahun 2005 dengan catatan nilai 50-6-0.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain