Connect with us

Sport Lain

Mengenal Lima Pecatur Terbaik Indonesia

GM Susanto Megaranto

Berita Olahraga Indonesia – Laga antara Irene Sukandar vs Dewa Kipas membuat dunia catur Indonesia menjadi sorotan. Dalam hal ini, nama para pecatur terbaik Indonesia kembali terdengar.

Laga Irene Sukandar vs Dewa Kipas atau yang bernama asli Dadang itu bukanlah laga resmi. Hal ini bermula dari hasil kemenangan pak Dadang sebagai Dewa Kipas di-banned Chess.com karena dinilai melakukan kecurangan. Walau begitu, netizen tanah air dengan kompak mendukung Dewa Kipas.

Irene yang adalah salah satu pecatur terbaik Indonesia akhirnya buka suara. Ia menilai jika tindakan Dewa Kipas sudah membuat nama para pecatur tanah air buruk.

Dewa Kipas jelas tidak terima dengan tudingan Irene tersebut. Irene pun mengajak untuk duel secara live di akun YouTube Deddy Corbuzier.

Irene akhirnya dapat membuktikan kualitasnya sebagai pecatur dunia denga hasil telak. Ia menang dengan skor 3-0 dalam sistem permainan 4×10 menit. Laga ini sendiri disaksikan jutaan masyarakat Indonesia hingga Internasional.

Pengaruhnya yang besar membuat nama para pemain catur Indonesia kembali booming. Berikut lima pecatur terbaik Indonesia sesuai dengan posisi dalam peringkat Federasi Catur Internasional :

GM Susanto Megaranto

GM Susanto Megaranto

Susanto Megaranto bertengger di posisi pertama sebagai pecatur terbaik Indonesia dari FIDE yang menjadi oragnisasi berbagai federasi catur di dunia. Susanto memang sudah populer dalam dunia catur tanah air. Ia mencatatkan predikat Grandmaster sebagai gelar tertinggi di umur 17 tahun. Hasil tersebut membuat Susanto meraih rekor melampaui legenda catur tanah air, yakni Utut Adianto yang mendapat gelar Grandmaster di umur ke-21 tahun.

Kini, Susanto Megaranto mereupakan pecatur yang memiliki ELO rating tertinggi dengan 2550 poin di Maret 2021.

GM Novendra Priasmoro

pecatur terbaik di dunia

Novendra mencatatkan dua prestasi besar dalam turnamen catur Liberec Open di Republik Ceko pada Februari 2020 lalu. Ia menang atas turnamen itu sekaligus menerima gelar Grand Master setelah mendapatkan kemenangan beruntun di babak ketujuh Liberec Open.

Novendra sudah sembilan kali menang atas GothamChess yang juga makin populer sejak kasusnya bersama Dewa Kipas. Novendra mencatatkan ELO rating 2502.

Yoseph Theolifus Taher

Yoseph Theolifus Taher

Pecatur kelahiran tahun 1999 ini menjadi salah satu pecatur terbaik Indonesia dengan ELO rating 2455. Dia meraih gelar International Master di tahun 2018 lalu. Beberapa prestasinya dalam kompetisi dunia salah satunya adalah menang atas GM Wang Hao di Kejuaraan Catur Kontinental Asia 2018 dan bermain remis melawan juara Catur Wanita dunia, GM Ju Wenjun pada Hunan Open 2019 di China.

Sean Winshand Cuhendi

pecatur terbaik di dunia

Selanjutnya adalah Sean yang  meraih gelar International Master di tahun 2014 lalu. Ia berada di posisi keempat sebagai pemain catur terbaik di tanah air dengan rating 2419.

Irene Sukandar

Irene Sukandar

Nama Irene sebagai salah satu pecatur terbaik Indonesia yang pertama kali menyandang gelar Grand Master Internasional Wanita 2008 lalu semakin populer saat ini sejak melawan dewa Kipas. Irene sendiri mencatatkan rating 2413. beragam gelar juara dia peroleh semenjak remaja, diantaranya juara Australian Women’s Masters 2014 dan juara Asian Continental Chess Championship 2014.

Kini, Irene diperbincangkan lagi sejak menang atas Dewa Kipas dengan skor 3-0 sekaligus mendapatkan hadiah sebesar Rp200 juta.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain