Connect with us

Sport Lain

Lima Atlet Renang Terbaik di Dunia Dengan Beragam Prestasi

Katie Ledecky

Berita Olahraga – Tidak hanya atlet dari cabang olahraga bulu tangkis, sepak bola, dan basket yang kaya dengan prestasi mengesankan. Cabang olahraga renang juga memiliki banyak kisah menarik. Salah satunya dari atlet renang terbaik di dunia yang tidak hanya berprestasi di banyak kompetisi namun juga pesona para perenang dunia tersebut.

Jika Anda tahu American Swimmer Athlete, nama Michael Phelps mungkin menjadi nama yang pertama kali teringat. Jika Anda penggemar tim Australia, Ian Thorpe menjadi pilihan Anda. Selain mereka, berikut daftar atlet renang terbaik di dunia yang layak Anda tahu.

Michael Phelps

Michael Phelps

Michael Fred Phelps merupakan atlet kelahiran 30 Juni 1985 di Amerika Serikat tersebut menjadi salah satu atlet renang terbaik di dunia saat ini. Dia menjadi perenang yang sukses setelah menang melawan Mark Spitz. Atlet dari Amerika tersebut kini menjadi legenda hidup setelah memutuskan pensiun, tapi nama dan prestasinya masih begitu dikenang. Ia sukses mencatatkan 28 medali di olimpiade, dengan 23 adalah medali emas.

Walau memiliki keunikannya dari ukuran rentangan tangan yang lebih panjang dari tubuhnya, dia tetap berprestasi. Angkelnya juga fleksibel hingga mirip seperti sirip. Phelps saat ini mendirikan Yayasan Michael Phelps yang diperuntukkan pada perkembangan renang dan hidup sehat.

Katie Ledecky

Katie Ledecky

Katie Ledecky mengawali karirnya saat berumur 15 tahun, 2012 lalu di Olimpiade London. Dia sukses dengan perolehan medali emas dalam renang gaya bebas 800 meter. Walau masih muda, dia sudah mencatatkan juara dunia sebanyak 14 kali. Selain itu, ia juga menang lima kali untuk medali emas. Wajar jika namanya kini masuk dalam salah satu atlet renang wanita terbaik di dunia.

Ian Thorpe

Ian Thorpe

Atlet dari australia yang satu ini juga sudah pensiun tapi prestasi dan karyanya tidak akan dilupakan. Ketika berumur 14 tahun, Thorpe terpilih menjadi perenang pria paling muda di Australia dalam turnamen renang gaya bebas 400 meter. Dia bahkan berjuluk Thorpedo karena teknik renangnya yang unik.

Dirinya mencatatkan dua medali emas dalam turnamen Renang Dunia 1988 dalam kelas 400 meter gaya bebas putra dan estafet 4 x 200 meter. Setahun setelah itu, dia mendapat tiga medali emas dalam turnamen renang dunia di Hongkong. Ian sudah mencatatkan 6 medali emas dalam ajang Kejuaraan Dunia di Fukuoka 2001 silam.

Katinka Hosszu

Katinka Hosszu

Katinka Hosszu merupakan salah satu atlet renang terbaik di dunia dari Hungaria dengan spesialis teknik renang gaya punggung. Katinka tampil dalam turnamen individual medley even dengan mencetak rekor dunia. Katinka meriah rekor individual medley di jarak 100 meter, 200 hingga 400 meter.

Selain mencatatkan rekor individual medley, perenang dengan nama julukan Iron Lady ini juga mencatatkan penghargaan Female Swimmer Of The Year 2013 lalu. Ia juga memperoleh FINA Swimmer Of The Year 2014 hingga 2016.

Sarah Sjostrom

Sarah Sjostrom

Sarah Sjostrom menjadi perenang asal Swedia yang terkenal dengan gaya kupu-kupu dan bebasnya. Ia merupakan atlet renang wanita terbaik di dunia yang pertama sekali meraih medali emas di Olimpiade. Sarah mencatatkan rekor dunia di cabang 100 meter dan 50 meter.

Dia juga tampil dalam gaya bebas 200 meter, 100 dan 50 meter. Ketika berumur 14 tahun, ia sudah mendapatkan medali emas di 100 meter gaya kupu-kupu di 2008 European Aquatics Championship.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain