Connect with us

Sport Lain

Kualifikasi Tiga Cabang Olahraga untuk Olimpiade 2020 Ditunda akibat Corona

kualifikasi baseball 2020

Olimpiade 2020 – Pengaruh virus Corona begitu besar pada jadwal olahraga dunia. Satu per satu jadwal yang sudah ditentukan akhirnya ditunda atau tidak jadi dihelat karena penyebaran virus tersebut. Kabar paling baru datang dari babak kualifikasi baseball 2020 jelang persiapan Olimpiade Tokyo 2020 yang tidak jadi dilaksanakan pada minggu ini.

Salah satu jadwal olahraga dunia tersebut awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 5 April 2020 mendatang. Akan tetapi, pihak panitia memutuskan untuk menunda jadwal babak kualifikasi pada tanggal 12 sampai 21 Juni 2020 mendatang karena pengaruh virus corona.

Hal ini disampaikan oleh pihak World Baseball Softball Confederation yang mengungkapkan jika mereka menentukan hal tersebut demi menjaga keamanan dan kesehatan para atlet, oficial serta penonton yang hadir nantinya.

Seperti yang sudah ditentukan sebelumnya, enam tim akan bermain dalam babak kualifikasi baseball 2020, di antaranya tim dari China yang juga menjadi negara terbanyak terinfeksi wabah virus covid 19 tersebut. Nantinya, pemenang dari babak kualifikasi tersebut akan mendapatkan tiket menuju Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Sebelum penundaan pada kualifikasi baseball ini, sudah ada kualifikasi di cabang olahraga lain jelang olimpiade yang juga terganggu pelaksanaannya karena virus tersebut. Olahraga tersebut adalah polo air, skateboard, hingga gulat terpaksa tidak dilaksanakan.

Dua Kualifikasi Skateboard Juga Ditunda

Dua ajang kualifikasi skateboard 2020 jelang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang juga tidak akan dilaksanakan karena pengaruh corona. Kegiatan ini sejatinya akan dilaksanakan bertempat di China, pada tanggal 13 sampai 19 April 2020 mendatang.

Pihak panitia World Skate, mengungkapkan jika mereka terpaksa tidak melanjutkan dua acara pada babak kualifikasi tersebut yang nantinya dilaksanakan di Yancheng dan Nanjing-Lishui karena penyebaran virus tersebut. Mereka menilai jika keselamatan dan keamanan merupakan nomor satu.

kualifikasi skateboard 2020

“Virus ini sudah menjadi masalah global yang mempengaruhi semua pelaksanaan olahraga yang seharusnya dilaksanakan pada bulan-bulan ini. Namun, ini semua dilakukan demi menjaga penyebaran wabah virus ini yang terus memberikan dampak buruk pada semua perjalanan atau tempat olahraga yang akan dilaksanakan.” Tulis pernyataan pada situs resmi World Skate, Senin (2/3/2020).

“Dengan adanya batasan pada perjalanan dan penundaan dari gelaran olahraga yang akan dilaksanakan dan berhati-hati pada evaluasi situasi yang terjadi, World Skate sudah menentukan untuk tidak akan melanjutkan ajang pada babak Kualifikasi Olimpiade April di China nantinya,” lanjutnya.

Babak kualifikasi Skateboard menjadi satu dari sekian banyak cabang olahraga yang tidak jadi dilaksanakan dalam kualifikasi Olimpiade mendatang. Beberapa cabang olahraga seperti polo air dan gulat juga tidak dilakukan lagi jelang Olimpiade Tokyo 2020 karena perkembangan virus Corona yang semakin meluas.

kualifikasi gulat di Olimpiade Tokyo 2020

Selain dua cabang olahraga di atas, jadwal olahraga internasional lainnya yang terpaksa batal karena virus corona tersebut dialami oleh Kyrgyzstan. Mereka bahkan memutuskan tidak akan menjadi tuan rumah pada babak kualifikasi gulat Olimpiade Tokyo 2020.

Pihak United World Wrestling merilis pernyataan jika Kyrgyzstan resmi tidak melanjutkan tugasnya sebagai tim tuan rumah pada babak kualifikasi tersebut. Padahal, kompetisi ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 29 Maret 2020 di Bishkek.

Kyrgyzstan mengumumkan keinginannya untuk mundur lewat surat ke pihak UWW. Surat itu dikirim oleh pihak wakil direktur Badan Negara Urusan Pemuda dan Olahraga setempat, yakni K.M. Arpachiev. Dia mengungkapkan karena peningkatan pada infeksi virus corona yang begitu mengkhawatirkan di Cina, juga tersebar ke negara lainnya di dunia, kekhawatiran semakin bertambah di Kyrgyzstan.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain