Connect with us

Sport Lain

Jika COVID-19 Belum Berakhir Sampai Tahun Depan, Olimpiade Tokyo Akan Dibatalkan

Jika COVID-19 Belum Berakhir Sampai Tahun Depan, Olimpiade Tokyo Akan Dibatalkan

Olimpiade TokyoOlimpiade Tokyo 2020 yang sebelumnya akan berlangsung pada 2020 telah ditunda sampai 2021 karena wabah virus corona yang menyerang seluruh penjuru dunia. Ketua komite penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 memberikan komentar yang diterbitkan pada hari Selasa, Jika pandemi virus corona tidak dapat dikendalikan sampai tahun depan, acara ini akan dibatalkan.

Wabah virus ini telah memaksa Olimpiade ditunda selama satu tahun, yang sekarang dijadwalkan akan dibuka pada 23 Juli 2021. Namun, presiden Tokyo 2020 Yoshiro Mori mengatakan tidak ada penundaan lebih lanjut yang mungkin saja terjadi.

Dalam sebuah wawancara dengan Media di Jepang, Mori bersikap kategoris ketika ditanya apakah Olimpiade dapat ditunda hingga tahun 2022 jika COVID-19 tetap menjadi ancaman sampai tahun depan, dirinya menjawab “Tidak”.

“Kalau memang seperti itu, maka acara ini akan dibatalkan,” imbuh Mori.

Mori mengatakan kalau Olimpiade sempat dibatalkan sebelumnya hanya selama masa perang dan membandingkan pertempuran melawan virus corona dengan “memerangi musuh yang tak terlihat”.

Jika COVID-19 Belum Berakhir Sampai Tahun Depan, Olimpiade Tokyo Dibatalkan

“Jika virus berhasil diatasi kami akan mengadakan Olimpiade dengan damai pada musim panas yang akan datang,” sambung dia.

“Manusia bertaruh untuk itu.”

Di bawah tekanan berat dari para atlet dan asosiasi olahraga, panitia Jepang dan Komite Olimpiade Internasional menyetujui pada bulan Maret untuk menunda Olimpiade selama setahun.

Panitia dan pejabat Jepang mengatakan Olimpiade yang tertunda akan menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemenangan dunia atas virus corona, tetapi pertanyaan telah muncul tentang apakah penundaan satu tahun saja sudah cukup untuk menunggu wabah ini menghilang.

Pada hari Selasa, kepala Asosiasi Medis Jepang memperingatkan seberapa sulitnya untuk mengadakan Olimpiade tahun depan jika vaksin belum juga ditemukan.

“Saya tidak akan mengatakan bahwa mereka seharusnya tidak ditahan, tetapi itu akan sangat sulit,” kata Yoshitake Yokokura kepada wartawan pada sebuah briefing.

Dan minggu lalu seorang ahli medis Jepang yang mengkritik tanggapan negara itu terhadap virus corona memperingatkan bahwa ia sangat pesimistis kalau Olimpiade yang ditunda dapat diadakan kembali pada tahun 2021.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain