Connect with us

Sport Lain

Gawilan Menjadi Pembawa Bendera ASEAN Para Games

Gawilan Menjadi Pembawa Bendera ASEAN Para Games

Perenang Ernie Gawilan telah terpilih sebagai pembawa bendera negaranya Filipina untuk acara ASEAN Para Games. Event tersebut akan berlangsung pada bulan Mei yang akan datang.

ASEAN Para Games itu sendiri sudah sempat ditunda sampai dua kali, dan Komite Paralimpik Filipina telah menetapkan jadwal baru yang akan melangsungkan acara ini dari tanggal 26 Mei 2020 sampai dengan 5 Juni 2020, dengan berlangsungnya event ini sebagian besar olahraga diharapkan bisa berlangsung di Metro Manila.

Gawilan merupakan orang Filipina pertama yang lolos ke ajang Paralimpiade 2020, dirinya juga bersyukur karena mendapatkan kehormatan bisa membawa bendera negara tempat dirinya lahir.

“Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas semua berkah yang telah diberikan kepada saya. Ini merupakan sebuah langkan untuk memberikan saya motivasi untuk bekerja lebih keras lagi dan meningkatkan jam kerja saya,” imbuh Gawilan di Filipina.

Gawilan Menjadi Pembawa Bendera Filipina di ASEAN Para Games

Pemain yang berusia 28 tahun tersebut telah memenuhi syarat untuk beranglat ke Tokyo, karena penampilannya luar biasa yang sudah ia perlihatkan di Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Indonesia. Yang mana pada saat itu dirinya berhasil meraih tiga medali emas di gaya bebas 400 meter (kelas S7), gaya punggung 100 meter (kelas S7) dan medley individu 200 meter (kelas SM7).

Lebih dari 1.500 atlet dari 11 negara diperkirakan akan ikut ambil bagian di 16 olahraga reguler dan satu acara demonstrasi, dengan Tim Filipina mendaftarkan atlet sebanyak 250 orang.

New Clark City di Capas, Tarlac, pusat dari Asian Games ke 30 yang baru-baru ini muncul akan menjadi tuan rumah lintasan dan lapangan dan acara renang, sementara penyelenggara mencari orang untuk memegang sebagian besar olahraga di Metro Manila.

“Ernie memang sudah selayaknya mendapatkan kehormatan untuk membawa bendera bendera negaranya di ajang ini. Dia benar-benar membuat negara kita merasa bangga dengan apa yang sudah ia capai sebelumnya,” ucap Presiden Komite Paralimpik Filipina Michael Barredo, yang mempelopori komite penyelenggara Olimpiade.

Gawilan Pembawa Bendera Filipina di ASEAN Para Games

Menurut Barredo yang juga menjabat sebagai ketua dewan gubernur Federasi Olahraga Asean, para gubernur dari 11 negara akan meletakkan rencana mereka dalam sepasang telekonferensi pada tanggal 16 dan 24 Maret 2020.

“Kita perlu melakukan pembahas tentang hosting dan partisipasi para atlet agar semua ini selesai semua sebelum akhir Maret tiba,” kata Barredo.

“Kita perlu mementingkan keselamatan dan perlindungan para atlet sebagai prioritas utama kita.”

Tuan rumah Filipina dari Asean Para Games diatur kembali jadwalnya karena ancaman virus coronya yang sekarang ini tengah mewabah di berbagai negara. Yang mana sampai sekarang ini telah menelan 3.000 korban jiwa dan menginfeksi lebih dari 80.000 orang dari 61 negara. Sebagian besar kasus tersebut telah terjadi di negara China.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain