Connect with us

Sport Lain

Formula E Jakarta Digelar di Kawasan Medan Merdeka

Berita Olahraga Dunia – Walau sempat berpolemik, Formula E Jakarta 2020 dipastikan akan tetap dilaksanakan setelah mendapat izin terkait lokasinya. Komisi Pengarah Pembangunan pada wilayah Medan Merdeka disebutkan sudah mengizinkan kawasan tersebut sebagai lokasi perhelatan lomba balap tersebut.

Sebelumnya diketahui, jika pihak panitia awalnya menunjuk Monas sebagai lokasi dilaksanakannya Formula E Jakarta. Namun, hal tersebut menimbulkan pro dan kontra hingga kemudian pihak pemerintah tidak mengizinkan. Hal ini juga berkaitan dengan UU No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Di sisi lain, tanggal pelaksanaannya adalah 6 Juni 2020 mendatang tapi tempat belum segera didapatkan. Gubernur DKI Jakarta yakni Anies Baswedan mengungkapkan bahwa pemerintah provinsi akan terus melaksanakan kerjasama dengan pihak terkait demi memastikan seluruh fasilitas dapat dipersiapkan dengan baik.

persiapan Formula E Jakarta

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo yang juga menjadi petinggi Organising Committee Jakarta E-Prix, yakni Dwi Wahyu Daryoto menuturkan rasa terima kasihnya atas izin yang kini mereka dapatkan. “Kami akan bekerjsama dengan baik dan mempersiapkan segalanya untuk turnamen ini,” ujar Dwi.

Dwi juga mengungkapkan jika pihaknya akan mendirikan sirkuit dan fasilitas lainnya di wilayah Medan Merdeka sebagai salah satu cagar budaya nasional.

GBK Jadi Lokasi Alternatif Formula E Jakarta

Ajang balapan ini tinggal menghitung bulan pelaksanaannya. Formula E Jakarta 2020 yang semula akan dilaksanakan di Monas pada 6 Juni 2020 mendatang kini mendapat lampu hijau dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Barat untuk menggunakan wilayah tersebut sebagai lokasi lomba namun dengan syarat.

Pihak panitia haru mematuhi peraturan pada UU No. 11 Tahun 2010 mengenai Cagar Budaya. Selain wilayah ini, ada beberapa lokasi yang menjadi lokasi alternatif untuk turneman ini yakni Pantai Indah Kapuk (PIK), Ancol, Kemayoran, SCBD, hingga Gelora Bung Karno.

Pihak panitia kemudian mengungkapkan jika kawasan GBK Senayan, khususnya di area ring road Stadion Utama GBK, menjadi alternatif yang paling pas dalam turnamen balap mobil listrik itu. Baik tim panitia atau Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno mengungkapkan sudah melakukan pembicaraan terkait desain sirkuit turnamen ini.

Dalam desain yang dipersiapkan, ternyata akan ada area umum yang biasa dipakai warga Ibu Kota untuk olahraga, khususnya di akhir minggu. Setelah melakukan diskusi kembali, pihak PPKGBK memilih untuk melakuakn diskusi alternatif lain, yakni mendirikan jalur baru di wilayah area ring road Stadion Utama GBK.

“Untuk mendirikan wilayah ini dengan sebaik mungkin supaya Formula E Jakarta 2020 tetap dihelat dengan menjaga area hijau dan tidak merusak akses publik, kami mempersiapkan alternatif desain lain pada pihak panitia yakni membangun jalur baru di sisi wilayah ring road Stadion Utama GBK,” ujar Winarto yang menjadi pemimpin Utama PPKGBK.

Pihak PPKGBK secara tegas mengungkapkan jika perhelatan Formula E Jakarta ini dapat menjadikan GBK sebagai lokasi turnamen ini, tanpa merusak atau memakai akses warga umum di ring road yang biasanya dipakai sebagai tempat olahraga rutin.

“Kami berharap event ini bisa tetap dilaksanakan dan mengharapkan jika Kemenpora menjadi pihak yang menjadi perantara pada pihak terkait demi Formula E Jakarta tetap berlanjut tanpa merusak atau mengorbankan masyarakat kita,” tutup Winarto.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain