Connect with us

Sport Lain

Elysha Chloe Pecahkan Tiga Rekor Nasional di Masa Covid-19

perenang terbaik Indonesia

Berita Renang – Kembali atlet tanah air mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional lewat salah satu perenang terbaik Indonesia, yakni Elysha Chloe Pribadi. Atlet renang dari Jakarta tersebut meraih tiga rekor sekaligus selama satu bulan saat berada dalam masa pandemi Covid-19.

Tiga rekor nasional yang diraih perenang muda berumur 15 tahun ini terjadi ketika dia mengikuti dua kejuaraan pada jarak pendek di kolam 25 meter di Brisbane, Australia dan mencatatkan satu emas dan 4 perak. Elysha bermain dengan energik saat menang melawan rivalnya para perenang dari Australia.

“Saya begitu kesulitan dan prihatin dengan masa pandemi Covid 19. Saya harus berhenti berlatih selama kurang lebih 10 minggu karena kondisi di Australia yang masih di lockdown. Pada masa sulit ini, saya begitu down dan banyak memikirkan masa depan saya,” papar Elysha.

“Saat memulai sesi latihan kembali, saya jujur merasa berat karena harus memulai semuanya dari awal, itu cukup berat. Dengan dukungan dari kedua orang tua, mereka pecaya dan memberikan motivasi untuk saya memiliki keyakinan yang lebih baik di turnamen ini,” tukasnya.

Lebih lanjut, ketika menjalani latihan, dirinya mengaku sangat bergairah dalam mencapai target pada waktu terbaik. “Saya senang rasanya bisa kembali menjalani kompetisi dengan adrenalin tinggi. Hasil itu tidak menjadikan saya cepat puas, justru ini menjadi tantangan untuk dapat berprestasi lebih tinggi lagi,” ucap Ely tersebut.

Selain itu, dia mendapat gelar 2020 McDonalds QLD Short Course Championship di Brisbane Aquatic Centre, Elysha meraih dua rekor, di tanggal 26 hingga 27 September 2020. Ely merupakan atlet dalam kategori 15-18 tahun.

Pada Minggu (27/9/2020), Elysha sukses meraih rekornas senior di nomor 200 meter gaya dada dengan waktu 2 menit 37,56 detik. Waktunya melampaui rekor 14 tahun lalu oleh Felicia Tjandra dengan waktu 2 menit 42,66 detik yang dilaksanakan di New York, AS pada Februari 2006 lalu. Di nomor tersebut, Elysha meraih medali perak.

Elysha Chloe

Sehari sebelumnya, Elysha juga mencatatkan rekornas pada 100 meter gaya dada dengan waktu semenit 10,56 detik. Elysha mendapatkan medali perak. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Ressa Kania Dewi dengan waktu semenit 10,57 detik oleh Fall Invitational, pada November 2019.

Jika ditilik sebulan sebelumnya, rekornas yang lainnya dicetak Elysha dalam kejuaraaan “2020 Speedo Short Course Meet” di Brisbane Aquatic Centre pada akhir Agustus 2020 yang lalu. Elysha mencatatkan rekornas pada nomor 50 meter gaya dada dengan waktu 33,12 detik. Rekor tersebut sebelumnya dimiliki oleh Margareta Kreptadani seharga 33,61 detik di Asian Indoor Martial Arts Games di Korea Selatan, pada Juli 2013.

Elysha membukukan prestasi di luar negeri walau pandemi, mendapat perhatian dari PB PRSI. Wakil Ketua PB PRSI, yakni Harlin E.Rahardjo mengungkapkan jika salah satu perenang terbaik Indonesia memang sudah diperhatikan selama ini, dari turnamen Indonesia Open Aquatic Championship hingga turnamen tingkat Asia Tenggara. Kemungkinan besar Elysha menjadi salah satu kandidat timnas Indonesa di SEA Games.

Terpaksa Latihan di Laut Selama Corona

Elysha Chloe Pribadi sendiri mengaku kesulitan dan terpaksa ikut latihan di laut karena lockdown yang ada di Australia. Negara ini memang masih belum membuka aktifitas di kolam renang. Latihan di laut akhirnya dia lakukan bersama sang ayah, Reza Pribadi, untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap kuat.

“Saya sudah tidak berenang selama 10 minggu. Kemudian ikut latihan tiga bulan dan ikut lomba. Saya juga latihan tiap dua hari sekali,” papar Elysha. Sang ayah, Reza juga ikut rela berenang ke laut mendampingi Elysha.

Elysha Chloe Pribadi

“Ayah ikut menemani kami berenang di laut karena di laut Australia ada banyak hiu. Saya bisa berenang di laut, dan Ayah harus ada,” papar remaja 15 tahun tersebut.

Berlatih di lautan juga, bukan hal yang mudah karena dia harus melawan arus. Kerja keras Elysha dan ayahnya menghasilkan hasil mengesankan. Elysha yang kini sekolah di tingkat pertama St Peter Lutheran Colleger, Brisbane meraih tiga rekor dalam waktu sebulan di musim ini.

Tiga rekor pada nomor 50 meter, 100 meter, hingga 200 meter gaya dada putri. Setelah meraih tiga rekornas, pada Pekan Olahraga Nasional Papua 2021 merupakan target selanjutnya Elysha. Dirinya yang memperkuat Kontingen DKI Jakarta dapat memberikan medali pada ajang empat tahunan itu.

Elysha Chloe Pribadi kini meraih gelar juara perenang pada kelas umur II yakni umur 14 sampai 15 tahun di kompetisi 3rd Indonesia Open Aquatic Championship yang dilaksanakan pada Desember lalu di Jakarta.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain