Connect with us

Berita Olahraga

Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclair Apakah Berbahaya?

Ashraf Sinclair meninggal

Berita Olahraga – Secara mendadak Ashraf Sinclair menghembuskan nafas terakhirnya karena serangan jantung, pada Selasa (18/2/2020) dini hari. Hal ini jelas mengejutkan mengingat aktor Indonesia yang merupakan suami Bunga Citra Lestari ini merupakan sosok yang sangat gemar berolahraga.

Suami Bunga Citra Lestari tersebut sudah menekuni olahraga crossfit sejak tahun 2012 silam. Jenis olahraga ini adalah salah satu olahraga yang mulai terkenal di tanah air. Digagas oleh Greg Glassman, gerakan olahraga tersebut merupakan gerakan sehari-hari, seperti mendorong, lempar, dan tarik tapi dengan intensitas yang tinggi. Olahraga ini memang dikenal sangat keras dan ketat, dalam satu sesi latihan terdapat 100 push-ups, 100 pull-ups, 100 sit-ups dan 100 squats.

Olahraga ini tidak berbeda dengan fitness yang juga dikombinasikan dengan latihan rutin dan pola makan sehat. Namun, olahraga crossfit adalah bagian dari progam olahraga yang menyatukan dua unsur aerobik dan anaerobik dengan latihan intesintas tinggi dan berjangka.

Berbeda dengan workout yang biasanya fokuas pada beban badan, olahraga jenis ini dipadukan dengan benda lainnya, seperti peralatan fitness, tali tambang demi kekuatan otot tangan dan ban mobil. Tujuan dari olahraga ini adalah menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta menambah kekuatan otot serta ketahanan jantung.

Ashraf Sinclair meninggal

Almarhum Ashraf Sinclair merupakan sosoka yang selama hidupnya selalu menjaga kesehatannya dengan baik dan rutin berolahraga crossfit. Pelatih Ashraf Sinclair yakni Oka Tripambudi memaparkan jika sang aktor memang rutin melakukan olahraga tersebut. Bahkan sehari sebelum meninggal, Ashraf masih latihan. Proses latihan dilaksanakan 1 jam, dari setengah 8 sampai setengah 9 malam.

Oka mengaku tidak menyangka itu menjadi pertemuan terakhirnya, karena Ashraf tampil seperti biasa dan memang dirinya tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Olahraga ini menjadi sorotan sejak Ashraf meninggal, dengan latihan yang intens, olahraga ini memerlukan tubuh yang fit dan bugar untuk melakukannya. Beban latihannya juga disesusaikan dengna kondisi tubuh orang tersebut.

Ashraf olahraga crossfit

Selain itu, sebelum latihan, coach akan melakukan inspeksi apakah ada cedera atau memiliki riwayat penyakit lainnya. Hasilnya nanti akan disesuaikan dengan intensitas dan beban latihan agar tidak melukai orang yang melakukan olahraga tersebut.

Dalam satu jam, tidak semua gerakan berat dilakukan. Oka mengatakan ada waktu 30 hingga 40 menit belajar teknik baru, pelatih akan melihat movement-nya. Lalu masuk ke workout sekitar 10-15 menit saja.

Lebih lanjut, Oka Tripambudi mengatakan jika Ashraf sudah rutin melakukan crossfit selama 8 tahun belakangan ini dan melakukan latihan dengan dampingan pelatih. “Beliau sangat memperhatikan tubuh dan kesehatannya. Kalau ada kondisi yan tidak mengenakkan dia akan mengatakannya,” ucapnya lagi.

Berita ini memang memilukan tatkala sang istri yang juga penyanyi dan aktris Indonesia, Bunga Citra Lestari mengaku masih sempat berbincang dengan sang suami.

Aktor blasteran Malaysia dan Inggris itu meninggal pada Selasa (18/02/20) pagi, di RS MMC Kuningan, Jakarta.  Berita meninggalnya Ashraf diberitakan oleh Dodi, manajer BCL.

Crossfit merupakan olahraga utama almarhum sebelum meninggal. Namun, selain jenis olahraga tersebut, ada banyak olahraga yang dilakukan suami Bunga Citra Lestari ini.

Berikut dua kegiatan olahraga Ashraf yang dia lakukan semasa hidupnya :

Ashraf gemar olahraga

Scuba diving

Ashraf tidak hanya rajin berolahraga di dalam ruangan, namun juga hobi menyelam. Dia sempat mengatakan jika olahraga tersebut membantunya dalam melatih otot, pernapasan, serta membakar kalori.

Golf

Golf menjadi hobi aktor sekaligus pengusaha ini. Walau terkesan santai namun nyatanya banyak hal positif dalam olahraga ini, seperti fokus, mengurangi stres, dan mengatasi insomnia.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Olahraga