Connect with us

Sport Lain

Corona Sebabkan Olimpiade Tokyo dan 9 Jadwal Olahraga Dunia Berubah

Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade 2020 – Wabah Covid-19 atau virus corona yang sudah menyebar ke banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia membuat tidak hanya aktivitas masyarakat terhambat, namun juga jadwal olahraga dunia. Sampai saat ini, korban virus ini tercatat 85.000 orang dengan sekitar 3.000 korban jiwa.

Kondisi tersebut menimbulkan kepanikan di berbagai kegiatan, termasuk event olahraga. Dengan mencegah penyebaran virus Corona, banyak jadwal olahraga dunia yang ditunda, di antaranya kejuaran Rugby, F1 hingga Serie A, Piala Eropa 2020 dan kini, Olimpiade Tokyo 2020.

Presiden IOC yakni Thomas Bach mengungkapkan belum memiliki kepatian mengenai pelaksanaan Olimpiade 2020 karena virus tersebut sudah menyebar di Jepang. IOC berjanji tetap akan melaksanakan pesta olahraga empat tahunan ini sesuai jadwal yakni 24 Juli mendatang.

Namun, Bach tetap mengutamakan keamanan dan perlindungan bagi para atlet dunia dan pihak terkait. “Ini menjadi hal yang kami pastikan lebih lanjut. Kami bekerja sama dengan pihak terkait di Jepang, WHO, Komite Olimpiade China, serta para NOCS,” ucap Bach.

Indonesia sendiri masuk dalam daftar negara positif corona dan tengah menanti kepastian kemenkes mengenai kondisi para peserta, apakah akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 atau tidak. Jepang sendiri menjadi negara kelima dengan kasus corona terbanyak. Sudah ada sekitar 241 kasus dan enam yang meninggal dunia.

Berikut jadwal Olahraga dunia yang Terganggu karena Virus Corona

Sepak Bola

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Laga selama jeda internasional pada Maret mendapat pengawasan ketat, termasuk laga Irlandia kontra Slovakia dalam laga play-off Piala Eropa 2020. Empat laga Seri A musim ini yang juga tim tuan rumah pada empat laga di Piala Eropa 2020 resmi tidak dilaksanakan.

Lima laga lainnya sudah dibatalkan pada minggu ini, yang awalnya akan dilaksanakan secara tertutup. Laga untuk dua divisi atas bola Swiss juag tidak dapat dilaksanakan, hal ini juga senasib dengan liga bola di Jepang dan Korea Selatan.

Rugbi

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Ajang Rugbi Six Nations juga mengalami perubahan jadwal laga pada pertandingan Irlandia vs Italia di Dublin, pada 7 Maret ini. Perwakilan ajang ini sedang berada dalam KTT Dunia yang akan membahas lima laga yang tersisa. Laga Inggris di Roma pada 14 Maret juga sepertinya tidak akan dilanjutkan.

Olimpiade dan Paralimpiade

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Presiden IOC, Thomas Bach sudah menerangkan persiapan pada Olimpiade 2020 di Tokyo nanti. Salah satu anggota IOC, yakni Dick Pound sebelumnya mengungkapkan jika keputusan lanjutan Olimpiade akan diputuskan maksimal bulan Mei nanti.

Formula 1

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Tiga lomba balapan pembukaan musim F1 2020 di Australia pada pertengahan Maret, Bahrain di tanggal 22 Maret serta Vietnam pada awal April nanti masih belum mengalami perubahan jadwal. Sementara, F1 Grand Prix China sudah resmi ditunda yang sebelumnya akan dilaksanakan di Shanghai pada 19 April mendatang.

Balap Sepeda

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Kasus virus di UEA Tour yang terjadi menjadikan pihak panitia tidak melanjutkan dua balapan yang tersisa. Para pembalap, seperti Chris Froome dan Mark Cavendish masuk dalam karantina. Dane Michael Morkov sendiri tidak ikut dalam ajang olahraga Bersepeda Lintasan UCI di Berlin.

Tenis

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Beberapa turnamen ATP Challenger Tour yang sejatinya dihelat di China pada bulan ini sudah dibatalkan. Babak final Challenger di Italia juga resmi dibatalkan. Semua dilakukan demi menjaga kesehatan dan keamanan para atlet yang ikut.

Atletik

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Kejuaraan Indoor yang satu ini awalnya akan dihelat di Nanjing pada April yang akan datang. Selain itu, Marathon Hong Kong sudah dibatalkan. Sementara, Tokyo Marathon pada awal Maret mendatang akan dilaksanakan walau jumlah peserta terbatas.

Tinju

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Pihak tinju Irlandia memutuskan tidak ikut melanjutkan pelatihan pra-Olimpiade di Italia untuk mencegah terkena virus tersebut. Beberapa turnamen tinju yang sebelumnya dilaksanakan Maret ini di Jepang juag batal dihelat.

Bulu Tangkis

Jadwal Olahraga Dunia berubah karena korona

Jadwal olahraga dunia pada cabor Bulu Tangkis sebelumnya menjadi sorotan karena mereka sudah melakukan beberapa perubahan pada kualifikasi Olimpiade dengan beberapa turnamen yang batal dilaksanankan, seperti Jerman Terbuka pada awal Maret, Polandia Terbuka pada akhir Maret serta sebelumnya China Masters yang batal lebih dulu pada akhir Februari lalu.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Sport Lain