Connect with us

Berita Olahraga

5 Atlet Dunia Paling Berpengaruh di Rusia

atlet terkaya di Rusia

Berita Olahraga dunia – Tiap Atlet dunia pasti menginginkan kemenangan yang kemudian membuat nama mereka melambung tinggi. Dengan begitu, pendapatan mereka sebagai atlet juga akan naik drastis. Tidak hanya masuk dalam daftar atlet terkaya di dunia, namun juga dapat menjadi sosok yang berpengaruh di negaranya.

Rusia menjadi salah satu negara penghasil atlet dunia yang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya. Berbagai olahragawan muncul dalam berbagai cabang olahraga di sana.

Siapa saja yang paling berpengaruh dan menjadi atlet terkaya di dunia dari Rusia? Simak ulasannya :

Maria Sharapova – Atlet Tenis

Maria Sharapova

Pendapatan awal Maria adalah $5 per minggu. Maria memang terlahir dari keluarga yang sederhana. Lahir di Siberia, dia sudah berbakat dalam cabang olahraga ini sejak awal. Dari situ, sang ayah membawa sang putri ke AS dengan modal $700, tanpa bahasa Inggris yang lancar.

Saat itu, ayahnya hanya ingin putrinya yang kala itu berumur enam tahun bisa masuk ke IMG Academy di Florida, suatu lembaga pelatihan dan pendidikan olahraga terbaik di dunia.

Tak disangka, usaha keras sang ayah membuahkan hasil. Pada umur yang ke-18, Maria merupakan orang Rusia pertama yang berada di posisi pertama di WTA. Sejak itu, karirnya naik dan namanya mulai populer dengan beragam prestasi yang dia dapatkan.

Sampai saat ini, dia setidaknya mencatatkan $39 juta lebih dari hadiah uang kompetisi yang dia mainkan. Belum termasuk pendapatan dari iklan dan kerjasama produk. Kekayaannya tak kurang dari $195 juta di tahun 2018 lalu.

Alexander Ovechkin – Atlet Hoki

Alexander Ovechkin

Atlet terkaya di dunia dari Rusia lainnya adalah pemain hoki terbaik dari National Hockey League, organisasi tim hoki dunia di Amerika Utara. Alexander Ovechkin adalah warga Rusia pertama yang menjadi kapten klub NHL di Piala Stanley.

Ovechkin yang tampil untuk Washington Capitals sudah tiga kali terpilih sebagai pemain NHL terbaik. Namun, sayangnya, selalu gagal di Piala Stanley. Namun, pada awal Juni tahun lalu, Washington Capitals dapat meraih kemenangan di babak final Piala Stanley melawan Vegas Golden Nights.

Sosok yang berpengaruh di negaranya tersebut kini masuk dalam daftar lima atlet hoki terkaya dengan pendapatan bersih hingga $60 juta.

Khabib Nurmagomedov – Atlet MMA

atlet terkaya di Rusia

Siapa yang tak kenal dengan Khabib. Sosok populer yang sempat trending karena keputusannya untuk pensiun dini dari dunia MMA. Di Rusia atau luar negeri, namanya sudah sangat dikenal.

Pukulan telak di octagon, prestasi hingga gelar juara membuat nama Khabib kian bersinar, terlebih saat dia mengalahkan Connor McGregor. Setidaknya, dia mendapatkan $20 juta dari turnamen tersebut.

Kehebatan Khabib dibarengi dengan ketaatannya pada keyakinannya. Hal tersebut membuat dirinya menjadi sosok yang berpengaruh di negaranya. Dengan kekayaan bersih lebih dari $11,5 juta. Petarung dari Dagestan tersebut memilih untuk menyudahi kejayaannya dengan pensiun demi memiliki waktu lebih untuk keluarganya.

Sergei Kovalev – Atlet Tinju

atlet dunia

Atlet dunia yang juga berpengaruh di Rusia adalah Sergei Kovalev. Dia merupakan petinju kelas berat ringan yang sudah mencatatkan beragam prestasi. Walau ia sudah jarang bertanding, namun petinju juara divisi kelas berat ringan tersebut ini masih begitu populer.

Petinju berjuluk Krusher yang khas dengan pukulannya ini sempat menjadikan Bernard Hopkins kelelahan meladeninya hingga meraih gelar juara kelas berat ringan WBO, WBA, dan juara IBF. Kovalev sudah mempunyai 11 pertahanan gelar  pada kelas berat ringan dari tahun 2013 lalu.

Walau mungkin secara uang, dirinya kalah dari atlet lain, tapi Kovalev menjadi sosok yang berpengaruh di Rusia hingga kini.

Artyom Dzyuba – Atlet Sepak Bola

atlet Rusia

Atlet terkaya di dunia dari Rusia ini menjadi bagian dari sejarah sepakbola Rusia sejak tampil mengesankan di Piala Dunia 2018. Timnas Rusia sebelumnya kewalahan bahkan tidak memiliki kesempatan untuk unjuk kebolehan. Namun, Artyom Dzuba mengubah segalanya.

Dzuba yang memperkuat Zenit Sankt Peterburg mencatatkan $7 juta dengan gaji $3 juta per tahun. Dia juag dikenal sebagai sosok yang sederhana, bahkan menolak tawaran dari klub Tiongkok yang memberikannnya tawaran besar kala itu.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Olahraga