Connect with us

Sport Lain

Fajar dan Rian Akan Dipersiapkan Untuk Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020

TERBIT.COM – Pemain ganda putra yang di miliki Indonesia, Fajar Alifan dan Muhamad Rian Ardianto kini berhasil menduduki peringkat ke 5 dunia. Rilis ini dikeluarkan oleh Badminton World Federation atau BWF yang merupakan federasi badminton dunia,pada hari Selasa 16 April 2019.

Peringkat tersebut diraih oleh Fajar Alfian dan Muhammad Rian karena berhasil menjuarai Swiss Open 2019, menembus semi final Olimpiade All England 2019, menjadi semi finalis di Malaysia Open 2019 dan yang terakhir kemarin berhasil mencapai perempat final Sinagpore Open 2019.

Menurut pelatih yang menangani ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi yang di temui pada Selasa 16 April 2019 di pelatnas, Cipayung, Jakarta, ia menyebutkan bahwa prestasi ganda putra Indonesia sedang tidak terlalu bagus, namun ia apresiasi atas kemajuan anak asuhnya.

“Meskipun ada evaluasi secara umum untuk ganda putra yang tidak terlalu bagus, namun di suatu sisi saya sebagai pelatih merasa denang dengan terobosan juga kemajuan yang dialami Fajar dan Rian,” ucap Heery Iman.

“Mereka akhirnya bisa juga menumbangkan sosok yang menjadi hambatan yakni Marcus dan Kevin. Mereka telah bermain all out di perempat final Singapore Open, namun di semi final, mereka haruas bertemu dengan Kamura dan Sonoda, pasangan asal Jepang dan malah drop,” ujar pelatih ganda putra itu menambahkan.

Herry mengucapkan bahwa ketika semi final Malaysia Open, tenaga anak asuhnya sudah habis, terutama perihal focus dan juga pikiran.

“Fajar dan Rian telah belajar dari 3 turnamen yang akhir akhir ini hampir menang, namun ternyata kalah dan puncak permainan mereka habis ketika melawan Marcus dan Kevin di Malaysia Open 2019,” Herry mengakui.

Herry juga mengatakan bahwa penampilan anak didiknya ini mulai menanjak ketika Asian Games 2018. Kala itu, Fajar dan Rian berhasil meraih mendali perak pasca kalah dari rekannya Marcus dan Kevin di babak final.

“Mereka berdua ingin menang dari dulu, namun mereka masih terlalu berburu buru dalam mengatur lapangan, apalagi jika masuk ke gim terakhir. Itu memang ciri pemain muda, yang masih membutuhkan kekuatan mental, beda dengan pemain senior yang mereka biasanya bisa bermain dengan lebih tenang,” ujar pelatih Herry menjelaskan.

Sebelumnya Fajar dan Rian sempat mengalami penurunan poin akibat tidak ikut tampil di 2 turnamen usai Asian Games. Namun ia akan kemudian mengikuti kejuaran Asia di Wuhan, China pada 23 hingga 28 April esok.

“Setelah ini, kami akan mengikuti turnamen tersebut agar bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Turnamen yang akan diikuti ada sekitar 12, sisanya kami akan memilih, karena jika tidak maka kami akan kena denda. Dan turnamen yang wajib diikuti yakni yang masuk level Super 500, 750 dan 1000,” ujar Herry menambahkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Sport Lain