Connect with us

Moto GP

Yamaha Ganti Rossi dengan Quartararo

Quartararo tempati posisi Rossi

MotoGP – Jelang MotoGP 2020 ada berita yang mengejutkan datang dari Yamaha Factory Racing Team. Valentino Rossi akan digantikan posisinya oleh Fabio Quartararo yang akan menjadi rekan Maverick Vinales di MotoGP 2021.

Untuk sekarang ini kelangsungan karier dari Rossi masih belum ada yang tahu seperti apa nantinya. Dari pernyataan sebelumnya Lin Jarvis ( Managing Director Yamaha Factory Racing Team ) mengatakan, Quartararo adalah pembalap yang memiliki bakat.

“Setelah kontraknya dengan Petronas Yamaha SRT habis, akan ditawarkan masuk ke Yamaha Factory Racing Team. Dan saya raya hal tersebut merupakan pemikiran yang masuk akal,” ucap Jarvis.

Walau usianya masih muda ( 20 tahun ), dirinya sudah tampil dengan baik dan dewasa. Itulah mengapa di MotoGP 2021 nanti Yamaha ingin melihat aksinya.

“Stimulus besar diberikan oleh pembalap asal Prancis ini kepada kami. Terlihat dalam hal pengembangan YZR-M1,” katanya.

Percobaan YZR-M1 sebelumnya juga sudah di kendarai oleh Jorge Lorenzo.

Memang tidak sedikit orang yang beranggapan kalau Yamaha terkesan kurang menghormati Rossi dengan kejadian ini. Namun dari Rossi sendiri tidak mempermasalahkan karena dirinya juga berpikir dengan apa yang sudah Yamaha lakukan adalah hal yang Logis.

Dengan begitu, mulai dari 2021 Rossi tidak akan lagi balapan untuk Yamaha. Quartararo yang sebelumnya berada di level Petronas SRT akan naik ke Yamaha Factory Racing Team menggantikan posisi yang ditempati oleh Rossi.

Quartararo Gantikan Posisi Rossi

Sejak bergabung bersam Yamaha pada tahun 2004, di MotoGP 2020 ini merupakan musim Rossi yang ke 15. Dirinya telah memberkan kontribusi yang luar biasa berupa juara dunia empat kali.

Di dua tahun belakangan ini memang benar kalau Rossi nampak kesulitan untuk memberi gelar lainnya. Sedari menjadi juara di Assen 2017, sampai sekarang ini dirinya masih belum memenangkan balapan. Lewat tiga seri pertama yang dimainkan, hanya dua di antaranya ia berhasil nak ke podium, itu pun hanya finis di urutan kedua.

Berbanding balik dengan Quartararo yang pada musim debutnya ia berhasil melangkah dengan baik. Dengan menggunakan motor yang spesifikasinya tak sebaik motor pabrikan, tujuh podium berhasil ia naiki dengan lima di antaranya sebagai peringkat ke dua.

Tindakan Yamaha menggantikan pembalap yang berusia 40 tahun tersebut dengan Quartararo disebut Rossi merupakan hasil murni di tahun 2019. Pada tengah musim ini Rossi akan mengambil keputusan untuk melanjutkan kariernya kemana.

Yamaha Ganti Rossi dengan Quartararo

“Keputusan yang diambil Yamaha cukup masuk akal, saya sempat mengatakan itu sebelumnya,” imbuh Rossi.

“Beberapa hasil menjadi sebuah pertimbangan bagi Yamaha, mulai hasil dari saya, Maverick dan juga hasil dari Quartararo. Lewat hasil tersebutlah keputusan akan diambil oleh Yamaha,”

“Ini bukan sebuah hal yang tidak menghormati saya secara pribadi, sekalipun saya terus melanjutkan tentunya motor untuk saya gunakan masih ada. Justu kebalikannya kalau mereka mempertahankan saya namun saya tidak bisa ikut balapan,” tutup Rossi.

Rossi sampai sekarang ini sudah naik ke podium sebanyak 210 kali, dimana ia sudah menempati posisi pertama enam kali, finish runner-up empat kali, di urutan ketiga dua kali. Start terbanyak dalam kelas MotoGP, dengan 246 kali start mengalahkan Alex Barros yang hanya mengoleksi 245 kali start.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Moto GP