Connect with us

Moto GP

Virus Corona Tunda Aktifitas dan Jadwal MotoGP 2020

Carmelo Ezpeleta

Berita Olahraga Dunia – Ajang MotoGP 2020 mengalami banyak perubahan pada jadwal yang sebelumnya sudah ditetapkan. Perubahan ini terjadi karena perkembangan wabah virus Corona.

Dorna Sports kini tengah memikirkan untuk mengubah jadwal dalam seri kedua yang rencananya akan dilaksanakan di Thailand, pada 22 Maret yang akan datang. Namun, berkembanganya virus Corona menjadikan mereka harus memikirkan kembali pelaksanaan ajang dunia balap motor demi menjaga tidak terjadi penyebaran pada virus tersebut.

Kekhawatiran tersebut memang dapat dimengerti karena tiap lomba balap MotoGP 2020, penikmat akan datang dari segala penjuru dunia untuk melihat kompetisi balapan dunia tersebut. Di Thailand sendiri terdapat sekitar 33 kasus yang diyakini mengalami virus Corona dan satu di antaranya berada dalam keadaan yang kritis.

Tindakan pencegahan tersebut dilakukan Dorna Sports sama seperti yang dilakukan para ajang MotoGP melaksanakan proses pengujian resmi untuk kali pertama di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Selama tiga hari dilaksanakan, seluruh tim dan para petinggi tim juga pembalap dunia sudah berkumpul dan melaksanakan serangkaian rekomendasi kebersihan dan pemeriksaan kesehatan demi mencegah tidak adanya penularan. Namun, dengan adanya peningkatan virus ini, menjadikan kompetisi ini harus melakukan perubahan pada aktifitas mereka kembali.

Dorna Sports

Hubungan bersama panitia GP Thailand juga dilakukan intens demi mengetahui bagaimana proses pemerintah menangani virus itu. CEO Dorna, yakni Carmelo Ezpeleta saat ini sedang menanti jawaban dari pihak panitia apakah akan menunda pelaksanaan kompetisi ini.

“Kami akan menuju Qatar, karena mereka sudah memberikan perlindungan pada kami jika tidak ada bahaya. Namun, sebelum pihak Thailand memberikan informasi lengkap, kami akan menunggu dan mempersiapkan yang diperlukan,” ucap Ezpeleta.

Ezpeleta secara tegas menekankan jika ada pernyataan yang buruk, maka akan ada perubahan pada jadwal GP Thailand 2020. Petinggi tersebut juga mengungkapkan jika keselamatan pembalap dunia menjadi prioritas bagi mereka.

“Keputusan akan tergantung pada jawaban pihak panitia karena keamanan menjadi hal yang kami perhatian. Jika belum ada dilaksanakan pada bulan Maret, kami akan menunda,” ucap Ezpeleta.

Masalah yang dikaitkan dengan virus corona sudah membuat jadwal Formula 1 tidak begitu mulus. Pihak otoritas yaitu Federation Internationale de l’Automobile juga belum dapat melaksanakan GP China. Padahal ajang balapan ini akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Shanghai pada 19 April 2020.

Sementara itu, Alex Marquez tidak mau berspekulasi sehubungan dengan jadwal GP Thailand 2020 dalam bagian kalender MotoGP 2020 mendatang. Pembalap Dunia ini mengungkapkan jika semua keputusan akan ditentukan oleh Dorna Sports yang menjadi petinggi dalam ajang dunia ini.

Dorna sejatinya disebutkan tengah memikirkan bagaimana jadwal GP Thailand 2020 yang awalnya akan dilaksanakan pada 22 Maret nanti. Nantinya bisa jadi ajang ini tersebut akan berubah dalam peningkatan virus Corona di kawasan Negeri Gajah Putih.

Kondisi yang kurang kondusif itu membuat pihak Dorna masih akan menunda penyelenggara GP Thailand tersebut di Sirkuit Internasional Chang tersebut.

Mengenai hal tersebut, Alex Marquez selaku salah satu peserta dalam laga Moto GP 2020 tersebut mengungkapkan tidak akan ikut berkomentar mengenai keputusan dari Dorna. “Jika ada turnamen, kami harus bersiap, karena itu merupakan tugas kami. Saya berencana akan berangkat ke Indonesia dan Malaysia, saya berpikir dua negara ini aman untuk kami. Nantinya, kami akan memberitahu apa yang akan diputuskan, ” ucapnya.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Moto GP