Connect with us

Moto GP

Valentino Rossi Jadi Pembalap MotoGP Pertama yang Terinfeksi Covid-19

Valentino Rossi

Berita MotoGp – Valentino Rossi merupakan pembalap MotoGP pertama yang terkena Covid-19. Dari hasil pemeriksaannya, Rossi disebutkan positif corona pada Kamis (15/10) sore. Tes tersebut dilaksanakan setelah The Doctor terbangun dengan kondisi yang tidak enak badan.

Dokter kemudian melakukan pemeriksaan sebanyak dua kali tes, yaitu dengan rapid dan PCR. Hasil tes pertama dengan hasil negatif, tapi tes PCR malah sebaliknya. The Doctor sebelumnya melaksanakan tes kesehatan secara rutin setelah pulang dari MotoGP Prancis, dan hasilnya selalu baik.

Dengan hasil PCR positif yang dilaksanakan pada Kamis sore kemarin, pembalap Italia tersebut menjadi pembalap pertama MotoGP yang terkena Covid-19. Seminggu sebelumnya, ada sekitar enam orang yang disebut-sebut positif corona namun bukan dari pihak pembalap. Mereka merupakan anggota tim dari Yamaha, termasuk Takahiro Sumi.

Valentino Rossi positif Covid-19

Sementara itu, Jorge Martin yang merupakan  pembalap level Moto2 juga sebelumnya positif terkena virus corona. Pembalap KTM tersebut kini menjalani masa karantina dan menepi dalam dua seri Moto2 yakni San Marino dan Emilia Romagna yang dilaksanakan di Sirkuit Misano. Martin akan kembali dalam seri balapan MotoGP Catalunya jika hasil pemeriksaan lanjutan adalah negatif.

Selanjutnya, balapan MotoGP Aragon 2020 akan dilaksanakan pada Minggu (18/11) tanpa beberapa pembalap tersebut.

Kronologi Valentino Rossi Terinfeksi Covid-19

Pembalap Yamaha tersebut menjadi pemberitaan media setelah dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes Polymerase Chain Reaction yang dia jalani. Hal tersebut membuatnya akan menepi dari seri lanjutan MotoGP Aragon 2020.

Minggu (11/10) Oktober kemarin, Rossi kembali ke rumah setelah menyelesaikan balapan di sirkuit Bugatti di Le Mans dalam perhelatan MotoGP Prancis. Dia kemudian melanjutkan aktifitasnya dengan berlatih di Tavullia.

Valentino Rossi positif Covid-19

Selasa (13/10) waktu setempat, Rossi melaksanakan pemeriksaan PCR yang rutin dilaksanakan. Tes rutin ini berlaku untuk seluruh pembalap, termasuk anggota tim yang baru pulang dari perjalanan balapan. Semuanya berjalan dengan baik dan hasilnya adalah negatif.

Kemudian, di hari Rabu (14/10), Rossi masih berada dalam kondisi sehat. Ia menjalani olahraga seperti biasa tanpa gejala sedikit pun. Namun, di hari selanjutnya yakni Kamis (15/10), Rossi bangun dengan badan yang sangat lelah. Dia merasa demam. Dokter akhirnya melakukan pemeriksaan kembali dengan dua tes corona, yaitu rapid test dan PCR.

Di tes rapid, hasilnya adalah non reaktif. Akan tetapi, pada tes PCR, Valentino Rossi positif Covid-19. Jika ditelusuri, Rossi kemungkinan terkena dari seri balapan sebelumnya di Prancis. Pembalap dunia ini akan menjalani masa karantina dan meninggalkan turnamen MotoGP Aragon 2020 di minggu ini. Kemungkinan juga akan menepi di MotoGP Teruel minggu mendatang.

Rossi mengaku sedih dan marah harus meninggalkan dua turnamen tersebut. Dalam postingannya di media sosial Twitter, dia mengungkapkan rasa kecewanya karena tidak dapat ikut berpartisipasi dalam seri balapan di Aragon.

“Saya begitu sedih sekaligus marah, karena tidak dapat melakukan yang terbaik untuk turnamen selanjutnya. Untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan hasil tes yang sudah dilaksanakan, saya akan melakukan isolasi mandiri sejak pulang dari Le Mans,” ucapnya.

Seperti yang disebutkan diatas, turnamen balapan MotoGP Aragon 2020 akan dilaksanakan Minggu (18/11) waktu setempat, tentunya tanpa Valentino Rossi.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Moto GP