Connect with us

Moto GP

Tidak Pakai Team Order, Dovizioso Merasa Senang

TERBIT.COM – Andrea Dovizioso, pembalap dari tim pabrikan Ducati mengaku jika dirinya merasa senang karena timnya tidak menerapkan sistem team order seperti yang di terapkan dalam kompetisi Formula 1. Ia merasa lega karena kebijakan tersebut tidak diterapkan juga pada kompetisi MotoGP.

Andrea Dovizioso bersama Danilo Petrucci, rekan satu timnya, bersaing dengan kompetitif pada barisan terdepan ketika mereka melakoni balapan pada gelaran MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, yang digelar pada Minggu (19/5/2019). Dalam balapan seri kelima MotoGP 2019 tersebut, kedua pembalap dari tim pabrikan Ducati berebut berhasil menyabet dua posisi di belakang Marc Marquez secara beruntun.

Hasil dari MotoGP Prancis 2019 tersebut Andrea Dovizioso berhasil finis pada urutan kedua sedangkan rekan satu timnya, Danillo Petrucci berada di urutan ketiga. Melihat hasil tersebut, Andrea Dovizioso mengaku jika dirinya merasa senang karena Ducati tidak menerapkan team order seperti yang diterapkan di Formula 1 dan menyuruh salah satu dari mereka berdua untuk mengalah.

Andrea Dovizioso mengungkapkan jika hal seperti ini dapat terjadi dalam gelaran kompetisi F1, namun tidak diterapkan di MotoGP. Menurutnya semua orang memiliki perspektifnya masing-masing untuk melihat hasil balapan pada seri kelima MotoGP 2019 kemarin. Ia pun menuturkan jika penerapan Team order mungkin bisa efektif untuk meraih angka dalam kompetisi F1, akan tetapi aturan yang diterapkan oleh MotoGP tidak seperti itu.

Bagi tim Ducati sendiri, strategi team order bukanlah strategi yang asing untuk mereka. Pasalnya tim tersebut pernah mencoba menerapkan strategi team order pada 2017 lalu, tepatnya pada gelaran MotoGP Malaysia serta Valencia.

Saat itu rekan satu tim dari Andrea Dovizioso adalah Jorge Lorenzo. Ketika Ducati menerapkan strategi tersebut, Jorge Lorenzo pernah diminta untuk memberikan sebuah jalan yang lapang untuk Andrea Dovizioso. Akan tetapi, Jorge Lorenzo menolak kebijakan tersebut. Ia menolah untuk memberikan jalan kepada rekan satu timnya tersebut.

Sementara itu, dalam gelaran MotoGP Prancis 2019 yang telah dilakoni mereka, Andrea Dovizioso sendiri paham betul jika Danillo Petrucci tampil dengan ngotot pada seri balapan tersebut. Menurutnya Danillo Petrucci adalah pembalap yang kuat dan ia memiliki situasi yang bagus pada saat perebutan titel juara. Andrea Dovizioso menambahkan jika Danillo Petrucci harus tampil maksimal dan ia pun merasa senang bisa meladeni perlawanan dari teman satu timnya tersebut.

Ketika balapan berlangsung, Danillo Petrucci mencoba untuk menyalip Dovizioso, namun persaingan yang panas ditambah Dovizioso pun tampil dengan ngotot ia pun gagal menyalip rekan satu timnya tersebut. Andrea Dovizioso mengaku jika dirinya sempat merasa kesulitan dengan ban yang digunakan olehnya, tetapi hasil akhir dari balapan tersebut tidak terlalu buruk bagi dirinya meski sempat mengalami kesulitan ketika membalap.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Moto GP