Connect with us

Moto GP

Rossi Sempat Ingin Pensiun Karena Trauma Kematian Simoncelli

Valentino Rossi dan Marco Simoncelli

Berita MotoGP – Pembalap dunia dari Yamaha, yakni Valentino Rossi sudah berkarier sebagai pembalap motor grand prix dalam 23 tahun terakhir ini. Rossi sendiri mengaku bahwa tidak menyangka dapat bertahan sejauh ini.

Pembalap dunia dari Italia itu sempat terpikir akan pensiun setelah menjalani musim kompetisi di MotoGP 2011 lalu. Rossi sudah memikirkan untuk menyudahi kariernya setelah peristiwa kematian Marco Simoncelli, rekannya.

Dalam kejadiaan naas tersebut, posisi Rossi dekat dengan Simoncelli dan memang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Tragedi mengerikan itu berlangsung dalam balapan MotoGP Malaysia 2011 silam. Simoncelli yang sedang melaju dengan kencang, hilang kendali yang membuatnya terjatuh. Kejadiaan yang tiba-tiba tersebut membuat Rossi yang ada di belakangnya tak dapat mencegah tabrakan beruntun yang akhirnya menghantam Simoncelli.

Rossi mengaku setelah kecelakaan tersebut, dia sempat menderita cemas dan trauma. The Doctor mengaku ketakutan setelah kematian Marco Simoncelli dan bisa saja terjadi padanya. Akan tetapi, harapannya akan gelar juara lebih kuat dari keinginannnya untuk pensiun dini, hingga Rossi berani kembali melanjutkan karier. Sampai saat ini, pria 41 tahun tersebut masih aktif menjadi pembalap MotoGP yang ditakuti.

“Jelas akan ada rasa sakit dan perasaan pada tragedi itu. Selamanya saya akan merasakan hal tersebut. Kala itu, saya sempat berada dalam umur yang tepat untuk pensiun, tapi harapan untuk melanjutkan karier begitu besar dan seimbang dengan rasa kelelahan yang saya alami,” jelas Rossi.

Valentino Rossi

Catatan Rekor Valentino Rossi di Red Bull Ring

Sementara itu, pembalap MotoGP ini akan bersiap beraksi di turnamen minggu ini. Masuk dalam seri keempat, Valentino Rossi dan rekan-rekannya akan bersiap dalam turnamen MotoGP Austria 2020. Penampilan mereka di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu, 16 Agustus 2020 malam WIB pasti sangat dinantikan. Termasuk pembalap gaek Yamaha, Valentino Rossi.

Dari catatannya di Sirkuit Red Bull Ring, Rossi disebut-sebut tidak mencatatkan hasil yang mengesankan ketika berlaga di seri ini. Hal tersebut bahkan sudah terjadi ketika dia masih berkompetisi dalam kelas 125 cc.

Rossi disebutkan belum pernah mencatatkan kemenangan di Sirkuit ini. Ia pertama kali tergabung dalam balapan di sirkuit Austria itu pada tahun 1996 di kelas 125 cc. Saat itu, nama sirkuit ini adalah A1-Ring. Kemudian berganti pada tahun 2016 ketika Austria bertindak menjadi tuan rumah dalam turnamen balap motor grand prix.

Valentino Rossi akan pensiun

Di tahun 1996, salah satu pembalap terbaik di dunia ini berada di posisi ketiga di Sirkuit A1-Ring. Setahun kemudian, Rossi sukses menaikkan prestasinya di tempat kedua. Dilajutkan pada tahun 2016 lalu, sirkuit ini kembali melaksanakan balapan MotoGP. Namun, prestasi Rossi semakin menurun.

Rossi tidak pernah lagi naik podium di GP Austria. Pencapaian terbaiknya hanya berada di posisi keempat yakni pada musim 2016 dan 2019. Dalam dua musim lainnya, Rossi bahkan menempati peringkat lima besar. Di tahun 2017, The Doctor berakhir di tempat ketujuh. Setahun kemudian, Rossi berada di posisi keenam. Walau tidak mencatatkan prestasi yang gemilang di Sirkuit Red Bull Ring, kesempatan pembalap Italia tersebut masih terbuka lebar di MotoGP Austria 2020. Ia bahkan memiliki kans dalam mencatatkan kemenangan pertamanya di musim ini. Apalagi saat ini, dirinya berada dalam posisi yang lebih nyaman dengan kendaraan balapnya.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Moto GP