Connect with us

Moto GP

Nasib Valentino Rossi Di Kompetisi MotoGP Ditentukan Michele Gadda

TERBIT.COM – Valentino Rossi merasa cukup puas dengan hasil tes yang telah di lakoninya pasca balapan di MotoGP Catalunya. Di sirkuit Catalunya, Valentino Rossi lebih banyak fokus di peringkat elektronik untuk  dapat memperbaiki akselerasi.

Ada hal menarik yang datang dari Yamaha kali ini dimana pihak Yamaha telah mendatangkan ahli perangkat eletronik dari tim Yamaha WSBK, Michele Gadda dalam memperbaiki perangkat elektroniknya. Michele Gadda sendiri merupakan kepala control untuk Yamaha Eropa. Dia menjadi figure kunci untuk pengembangan ektronik bagi tim Yamaha dan tentunya untuk Valentino Rossi yang masih saja kesulitan untuk konsisten di MotoGP 2019.

Valentino Rossi juga menyebutkan bahwa Michele Gadda adalah orang yang baik. Bagi Rossi, Gadda menjadi salah satu orang yang membuatnya banyak perbaikan. Namun yang menjadi masalahnya, Rossi membutuhkan lima orang yang seperti Gadda namun sayang hanya mempunyai satu-satunya.

“Gadda itu orang yang baik. Buat saya kami banyak mengalami perbaikan dengan dia. Masalahnya kami butuh lima orang seperti Gadda, tapi kami hanya punya satu,” kata Rossi seperti dikutip crash.

“Kami mencoba beberapa hal yang berbeda, utamanya dengan perangkat elektronik. Ini untuk memperbaiki pengereman dan sedikit akselerasi. Hasilnya positif,kami bisa memakainya untuk balapan MotoGP berikutnya.”

Fokus Memperbaiki Pengereman

Sejauh ini Valentino Rossi sedang fokus untuk memperbaiki pengereman di belakang yaitu dengan cara menambahkan lever dimana pengereman bisa dilakukan dengan ibu jari serta juga rem ala scooter.

“Saya mengetes rem dengan jempol dan juga rem ala scooter. Ini menarik dan tidak terlalu buruk. Anda hanya memakai gigi saat start sekarang, bagaimanapun start itu penting,” ujarnya.

Rossi mengatakan yang menjadi masalah di pengereman yaitu kurangnya ruang.

“Mengerem dengan jempol itu lebih gampang. Mungkin ini bisa terjadi di masa depan karena bagaimanapun kalau pengereman ada di jari, ini membantu Anda saat di tengah tikungan,” katanya.

Rossi juga menjajal knalpot yang dimodifikasi saat tes. Dia mengatakan perbedaanya tidak besar,kecuali saat memakai ban prototipe Michelin lansiran 2020.

“Bannya fantastis karena cengkeraman ban lebih baik saat akselerasi dan Anda bisa membuka gas lebih cepat,” ujarnya.

Valentino Rossi sendiri saat ini berada di peringkat kelima MotoGP 2019 dengan perolehan 72 poin. Sedangkan di urutan pertama masih ditempati oleh Baby Alien, Marc Marquez dengan poin yang terpaut jauh yaitu 140 poin, di posisi kedua ada Andrea Davizioso dengan 103 poin, Alex Rins di posisi ke 3 dengan 101 poin dan tepat di atas Valentino Rossi, Danilo Petrucci yang memperoleh 98 poin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Moto GP