Connect with us

Moto GP

Mengingat kembali kejadian menarik di MotoGP Jerez

TERBIT.COM – Dalam sejarah telah tercatat bahwa seri balap telah berlangsung pada tahun 1987 sampai sekarang, adapun dengan musim 2019 kompetisi MotoGP 2019 akan kembali berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada hari 3- 5 Mei mendatang.

Dalam balapan kali ini telah membuka rangkaian seri balap di Benua Eropa. Karena sebelumnya telah digelar tiga seri balap, diantaranya MotoGP Qatar, Argentinan dan Americas, dalam balapan terakhir Alex Rins telah berhasil finis di urutan pertama.  Akan tetapi pada tahun 1988, para pembalap telah absen untuk menggelar balapan di Sirkuit Jerez karena pada saat itu balapan digelar di Sirkuit Jarama.

Pada 3 Mei 2018, Sirkuit Jerez yang memiliki nama internasional secara resmi di tetapkani menjadi de Jerez-Angel Nieto hal ini dilakukan karena untuk mengenang salah satu legenda balap Spanyol yaitu Angel Nieto.Anegl Nieto adalah seorang pembalap yang berhasil menjuarai MotoGP Spanyol paling banyak yaitu 11 kali, adapun untuk sekarang dia telah mendinggal pada tahun 2017. Jika membicarakan tentang balapan di Jerez, maka dalam balapan tersebut telah banyak kejadian menarik yang telah terabadikan, diantaranya adalah :

  1. Pada tahun 2005 duel antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau

Dalam balapan yang telah digelar pada tahun 2005 tentu akan mengingatkan pada duel yang sangat menarik perhatian hal ini karena Valentino Rossi telah melakukan maneuver terhadap Sete pada tikungan 13. Pada tikungan 13 yang telah berlangsung di Jerez tempat ini merupakan tempat paling diminati oleh para rider untuk melakukan aski saling salip. Akan tetapi nasib buruk bagi pembalap Sene, karena maneuver Valentino Rossi dari sisi justru membuat motornya berbenturan dengan motor Rossi.

  • Valentino Rossi dan Casey Stoner alami Crash di tikungan 1 pada tahun 2011

Pada tahun 2011 pembalap yang berusia 40 tahun itu melakukan acara overtake kepada rider Repsol Honda, Casey Stoner. Perlu diingat kembali bahwa dalam balapan tersebut kondisi lintasan dalam keadaan basah karena sebelum balapan dimulai telah ddiguyur hujan. Hal inipun membuat ban motor Rossi tidak bisa dikendalikan hal inipun telah menyenggol Stoner yang berada di sisi luar. Dari aksi yang telah dilakukan Valentino Rossi menyebabkan mereka terjatuh dari motornya masing-masing. dari kejadian tersebut membuat Stoner marah.

  • Marc Marquez versus Jorge Lorenzo di tikungan terakhir pada tahun 2013

Setelah tujuh tahun pasca duel antara Rossi dan Sene, pada tahun 2013 telah terjadi pada pembalap berikutnya yang melibatkan sesama rider Spanyol, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Uniknya, Marquez dan Lorenzo bertarung untuk posisi runner-up, bukan juara. Sebab, posisi paling depan sudah dipegang oleh Dani Pedrosa.

  • Valentino Rossi adalah Raja Jerez

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa pembalap Angel Nieto merupakan pembalap yang telah berhasil mendapat gelar juara paling banyak akan tetapi untuk balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Valentino Rossi adalah rajanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Moto GP