Connect with us

Moto GP

Maverick Vinales Dihukum Pinalti 3 Grid

Maverick Vinales harus pasrah menerima keputusan pinalti yang dijatuhkan kepadanya, dirinya yang seharusnya start di grid ketiga harus rela start dari posisi ke 6 karena hukuman pinalti 3 grid yang ia terima.  Demikian itu pebalab milik Monter Yamha tersebut harus rela tak jadi tart dari baris depan.

Pada saat kualifikasi MotoGP Vinales menempati posisi ketiga, pada kualifikasi yang digelar di Sirkuit Catulanaya Barcelona pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2019 tersebut Vales berhasil mengukir catatan waktu yang hanya dibawah Fabio Quartararo dan juga Marc Marquez yang menempati posisi pertama dna juga kedua.  

Akan tetapi meskipun mnegukir catatan waktu tercepat ketiga dalam sesi kualifikasi akna tetapi Vinales tidak akan start dari urutan ketiga pada balapan hari Minggu tanggal 16 Juni 2019 nanti, hal tersebut karena dirinya dijatuhi hukuman punalti 3 grib berkaitan dnegan aksinya yang melambat di racing line sehingga mengganggu pebalap lain ketika sesi kualifikasi tersebut berlangsung.

Menurut Steward FIM Vinales melakukan sebuah kesalahan dalam sebuah insiden yang melibatkan Fabio Quartararo di Q2. Pada saat di akhir Q2, Vinales melakukan aksi wheelie (mengangkat roda depan motornya) dan kemudian melambaikan tangannya kearah para penonton yang hadir.

Quartataro yang kala itu memang belum menyelesaikan kualifikasinya kemudian terlihat amat kesal saat dirinya melewati Vinales, karena apa yang tealh dilakukan Vinakes tersebut menghalangi lajunya untuk menyelesaikan Q2. Akan tetapi beruntung bagi Quartararo karena insiden tersebut tidak mempengaruhi catatan waktu terbaik yang telah ia amankan terlebih dulu. Pada kualifikasi tersebut Quartararo mampu menduduki posisi pertama dengan catatan waktu finis tercepat melebihi catatan waktu Marc Marquez yang berada diposisi ke dua dan juga Vinales yang mendusuki urutan ke tiga.

Sebelum akhirnya hukuman pinalti diputuskan, usai sesi kualifikasi tersebut kemudian Vinales mengaku bahwa dirinya benar-benar tidka menyadari jika Q2 belum selesai, hal tersebut ia ungkapkan pada kesempatan konferensi pers usai kualifikasi.


“Saya tidak tahu harus bilang apa, saya kira bendera sudah dikibarkan, jadi saya cuma menyapa ke penonton dan melakukan wheelie,” ujar Vinales seperti dilansir Crash.

Vinales mengaku bingung dan tidak mengerti dnegan apa yang terjadi, karena ia mneyangka Q2 telah selesai saat dirinya melihat bendera telah dikibarkan, bahkan saat melihat Fabio melemparkan kekesalan kepadanya ia mengaku tidak paham dnegan tindakan rekan balapnya tersebut, dia tidak menyangka atas apa yang telah terjadi karena benar-benar mnegira sesi kualifikasi telah usai
“Saya tidak paham ketika saya melihat Fabio, saya melihatnya saat sudah terlambat. Saya tidak mengira karena saya pikir bendera sudah dikibarkan,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Moto GP