Connect with us

Moto GP

Masuk Enam Besar, Espargaro Bangga Dengan Pencapaian KTM

TERBIT.COM – Rider Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro mengaku sangat senang bisa finis di posisi keenam MotoGP Le Mans, Prancis pada hari Minggu (19/05/2019) yang merupakan salah satu hasil terbaik untuk KTM di kondisinya yang saat ini sedang kering. Sebelum finish di posisi ke enam, Espargaro sempat finis di posisi ke delapan di Austin Texas bulan lalu sehingga dengan pencapaian kali ini dia merasa sangat bangga.

Mengawali kompetisi dengan start ke 12, Espargaro langsung merangsek ke posisi ke enam di lap pertama. Untuk lap berikutnya dia sempat naik posisi ke 5 setelah menyalip Franco Morbidelli. Namun sayang ia kembali lagi turun setelah di salip oleh Andrea Dovizioso pada lap kelima. Dia juga sempat menyalip Danilo Petrucci saat lap keenam namun tetap kembali ke posisi keenam saat lap ke tujuh.

“Hasil luar biasa, nyaris tak bisa dipercaya terjadi hanya kurang dari 2,5 tahun. Kami ada di arah yang tepat. Saya sangat bangga pada proyek ini. Jelas podium di Valencia tahun lalu memberi kami semangat untuk tetap bekerja keras, tapi hasil ini menakjubkan. Tak ada kecelakaan di depan saya, jadi ini hasil yang fair,” ujarnya.

Hanya Tertinggal 5 Detik Dari Marc Marquez

Dari hasil yang telah diraihnya tersebut, Pol Espagaro bahwa hanya tertinggal sekita 5,9 detik dari sang juara, Marc Marquez. Di samping itu penampilan rider yang satu ini sekali membuat pihak KTM bertanya-tanya mengingat rekan setimnya, Johann Zarco hanya mampu finis di posisi ke 13 serta tertinggal sekitar 27 detik dari Pol Espargaro.

“Kami bahkan sempat ada di posisi kelima, dan kami terus ada di depan sepanjang balapan. Level persaingan MotoGP sangat tinggi, disertai para rider terbaik dunia, dan kami hanya 5 detik dari Honda. Ini menakjubkan, dan jelas akan memberi kami ‘sayap’ untuk tetap bekerja dan lebih baik di balapan-balapan berikutnya demi masuk 10 besar,” ungkap Polyccio.

Uji Coba Jerez Menjadi Salah Satu Faktor Penting

Sang juara dunia Moto2 2013 ini juga menyatakan bahwa uji coba yang telah dijalani KTM di Jerez pekan lalu telah memberikan solusi teknis untuk dirinya termasuk adanya swingarm karbon baru dan perubahan konfigurasi mesin RC16. Espargaro sangat yakin bahwa hasil yang telah diraihnya di Le Mans memang sangat cocok untuk gaya balapannya.

“Saya rasa trek ini cocok untuk gaya balap saya dan motor kami, karena karakternya ‘stop and go’. Ditambah dengan peningkatan sejak uji coba Jerez, semua faktor berpengaruh. Perubahan pada motor kami sangat besar dan menarik. Kami punya swingarm karbon dan perubahan pada konfigurasi mesin. Perubahan-perubahan ini membuat saya bisa lebih ngotot,” pungkasnya.

Menjelang MotoGP Italian yang rencananya akan digelar di Sirkuit Mugello pada tanggal 31 Mei sampai 2 Juni mendatang, Espargaro saat ini duduk di posisi ke 8 klasemen pebalap dengan mengoleksi 31 poin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Moto GP