Connect with us

Moto GP

Lima Hal Menarik Dalam Balapan MotoGP Emilia Romagna 2020

juara MotoGP Emilia Romagna 2020

Berita MotoGP – MotoGP 2020 menghadirkan pembalap dunia lainnya sebagai juara. Dia adalah Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha. Vinales berakhir dengan kemenangan pada seri balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 di Sirkuit Misano, pada Minggu (20/9/2020) kemarin.

Maverick Vinales berhasil menang atas Joan Mir di Suzuki Ecstar serta Pol Espargaro di Red Bull KTM. Untuk Vinales, kemenangan dalam seri MotoGP Emilia Romagna 2020 tersebut menambah nilai 25 poin padanya untuk bertahan di tempat ketiga klasemen sementara.

Saat ini, Vinales mencatatkan 83 poin. Ia mengejar nilai dari Quartararo, namun gagal dalam hal jumlah kemenangan di balapan musim ini. Quartararo sendiri memperoleh penalti waktu karena melanggar batas trek.

Pembalap dari Prancis tersebut harusnya sudah berada di tempat ketiga, namun harus turun setelah FIM Steward menyematkan penalti selama tiga detik. Selain keberhasilan Vinales, terdapat hal-hal menarik yang sayang kalau tidak disimak.

Berikut lima fakta unik dalam seri balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 :

Maverick Vinales

Patahkan Kutukan di Misano

Tidak ada yang menyangka jika Maverick Vinales tidak hanya mencatatkan kemenangan pertamanya di MotoGP 2020. Pencapaian Vinales sekaligus membuktikan jika kutukan yang mengatakan jika para pemegang pole position tidak akan pernah menang dalam balapan hanyalah mitos.

Kutukan pada Sirkuit Misano itu sudah berlangsung 10 tahun, sejak Dani Pedrosa menang di MotoGP San Marino lewat pole position di tahun 2010 lalu. Sebelumnya, tempat tersebut ditempati Vinales, namun gagal naik ke podium di seri San Marino lalu.

Akan tetapi, Vinales sukses meraih pencapaian dengan meraih pole position dan sukses menjadi pemenang di MotoGP Emilia Romagna.

Pembalap Spanyol dominasi podium

Selain Vinales, ada pembalap lainnya dari Spanyol yang naik podium yakni Joan Mir di tim Suzuki dan Pol Espargaro di tim Red Bull. Mir berakhir di kedua dan Espargaro di tempat ketiga. Fabio Quartararo di tim Petronas Yamaha di tempat selanjutnya. Akan tetapi, dia terkena penalti waktu karena melanggar sisi trek. FIM Steward akhirnya ‘menghadiahi’ penalti selama tiga detik.

valentino Rossi di MotoGP San Marino 2020

Rossi dan Enam pembalap lainnya gagal

Pembalap Yamaha, yakni Valentino Rossi kembali kalah mencapai podium pada seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Misano, pada Minggu (20/9/2020) kemarin. Rossi gagal finis pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 setelah mengalami kecelakaan pada lap ke-17.

Hasil pada MotoGP seri ini menjadikan Rossi tidak berhasil meningkatkan pencapaian dalam MotoGP San Marino, di minggu lalu yang finis di tempat keempat. Rossi yang mengawali balapan dari posisi ketujuh menjadi pembalap pertama yang terkena masalah. The Doctor jatuh di lap kedua pada tikungan 4.

Rossi sempat melanjutkan balapan, namun dia terhenti di lap ke-17. Untuk pembalap asal Italia itu, ini menjadi yang kedua kalinya dia gagal di MotoGP 2020 setelah gagal di MotoGP Spanyol. Selain Rossi, pembalap yang juga tidak berhasil menaikkan poinnya dalam seri MotoGP Emilia Romagna itu adalah Aleix Espargaro, Francesco Bagnaia, Jack Miller hingga Brad Binder (Red Bull KTM).

Andrea Dovizioso Teratas di klasemen

Andrea Dovizioso mencapai klasemen MotoGP 2020 sekarang ini walau hanya berakhir di tempat kedelapan pada seri Romagna tersebut. Dovizioso memiliki 84 poin di tempat atas klasemen musim ini. Dia hanya lebih banyak satu poin di atas posisi kedua, yakni Quartararo dengan 83 poin.

Posisi ketiga oleh Vinales, pebalap tim Monster Energy tersebut yang baru menjadi pemenang di seri Emilia Romagna. Vinales mencatatkan 83 poin, sama dengan Quartararo. Joan Mir berada di posisi empat besar. Runner-up MotoGP Emilia Romagna tersebut mendapatkan 80 poin. Yang menjadikan hal tersebut jarak antara Dovi di posisi atas klasemen dengan empat besar pembalap lainnya selisih empat poin.

Takaaki Nakagami

Takaaki Nakagami jadi pembalap Honda tercepat

Takaaki Nakagami dalam seri kali ini menjadi pembalap dari tim LCR Honda yang merupakan pembalap Honda tercepat diantara yang lain. Nakagami kini berada di posisi keenam, disusul dengan Alex Marquez di tempat urutan ketujuh.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Moto GP