Connect with us

Moto GP

Lima Fakta Menarik Francesco Bagnaia, Pembalap Anyar Ducati

Francesco Bagnaia gabung ke Ducati

Berita MotoGp – Pada Rabu, 30 September 2020 sore WIB, Ducati Corse secara resmi merilis pengumuman bahwa Francesco Bagnaia menjadi bagian dari tim pabrikan Mission Winnow tersebut. Dengan begitu, pembalap dari Italia itu akan kembali bertemu dengan rekannya di tim kini yakni, Jack Miller.

Masuknya Pecco ke tim ini ternyata memiliki alasan unik. Pemimpin Ducati, yakni Claudio Domenicali menilai jika hanya Pecco Bagnaia menjadi pembalap MotoGp yang pas untuk melengkapi tim pabrikan di musim ini. Hal ini berkaitan dengan performanya dalam Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Bagnaia dibeli Tim Pabrikan Ducati di umur yang masih muda yaitu 23 tahun. Sebagai pembalap muda di dunia MotoGp banyak yang belum begitu kenal dengan atlet asal Turin ini. Berikut fakta menarik dari Francesco Bagnaia :

Raih Prestasi di Usia Muda

Kemampuan Francesco Bagnaia sudah terlihat sejak debut. Ia adalah juara di turnamen MiniGP Eropa 2009 lalu. Setelah mencapai prestasi itu, ia lalu berlaga di Kejuaraan Mediterrania 2010 dan berakhir di posisi runner-up.

Di tahun 2012 lalu, Pecco Bagnaia mulai menjajal karir di MotoGP. Ia ikut dalam turnamen CEV Moto3 di tahun yang sama. Memakai Honda NSF250R, pembalap asal Turin tersebut berhasil meraih podium ketiga di klasemen akhir, setelah Alex Marquez dan Luca Amato. Selain itu, nama Bagnaia juga sangat sukses di kelas Moto2.

Francesco Bagnaia

Hebat di Moto2

Pecco sebelumnya berkarier di turnamen Moto3. Dari tahun 2013 sampai tahun 2016 lalu, ia selalu berlaga di Moto3 tanpa mencatatkan gelar juara dunia. Dia hanya meraih dua kemenangan dan tujuh di podium pada kelas ini. Akan tetapi, berbeda di Moto2 pada tahun 2017 lalu.

Penampilan Pecco begitu kuat di kelas ini. Ia mempunyai pencapaian apik seperti selalu finis di 36 balapan yang dia mainkan selama dua tahun di Moto2. Bagnaia juga memiliki catatan apik dengan mencatatkan poin dalam 34 balapan.

Juara dunia Moto2

Streak mengesankan yang diperoleh Bagnaia di musim 2017 lalu membawanya menjadi juara dunia Moto2 di tahun selanjutnya. Performanya selama tiga musim di kelas ini sangat mengejutkan. Pecco berhasil meraih delapan kemenangan dengan 12 kali berada di atas podium.

Penampilan terbaiknya tersebut membuka jalannya ke kelas MotoGP. Ducati Corse kini memberikan kontrak setahun padanya dan bergabung di tim satelit Pramac Ducati. Pilihan tersebut diambil untuk menambah pengalamannya bersiap di kelas premier.

Francesco Bagnaia dan Domizia Castagnini

Sudah Punya Kekasih

Tidak hanya membicarakan perjalanan kariernya, kehidupan asmara Francesco Bagnaia juga begitu berwarna. Saat ini, dia menjalin kasih dengan gadis cantik bernama Domizia Castagnini. Keduanya sudah dekat sejak tahun 2015 lalu dan kian romantis hingga kini.

Castagnini menjadi wanita yang selalu menemani sang pasangan saat sedang berlaga. Wanita berumur 23 tahun tersebut selalu terlihat di paddock MotoGP ketika sang kekasih bertempur di lintasan.

Francesco Bagnaia dan Rossi

Murid Valentino Rossi

Pembalap MotoGp dari Italia ini ternyata memiliki guru dari negara yang sama. Dia adalah Valentino Rossi. Bagnaia diketahui adalah lulusan Akademi Balap VR46 yang dimiliki Rossi. Ia menjadi murid angkatan awal The Doctor saat akademi ini resmi berjalan sejak tahun 2013 lalu dengan Franco Morbidelli.

Keberhasilannya tak lepas dari dukungan dari Rossi. Di tahun 2014 lalu, ia bergabung ke Tim Sky Racing VR46 pada kelas Moto3. Pecco juga pernah memperkuat tim balap dari Rossi di tahun 2017 atau saat dia naik ke kelas Moto2.

Dengan Sky Racing VR46 di Moto2, Bagnaia berhasil mencapai kemenangan. Saat ini, Pecco disebut-sebut menjadi pembalap yang akan mengikuti jejak keberhasilan Rossi ketika dia resmi menjadi bagian dari tim Ducati Corse.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Moto GP