Connect with us

Moto GP

Kesalahan Strategi Yang Dilakukan Jack Miller Di MotoGP Argentina 2019

TERBIT.COM – Jack Miller, pembalap asal Pramac Racing mengakui bahwa keputusan yang ia lakukan dengan menggunakan ban dengan tipe medium membuatnya kehilangan kesempatan untuk menaiki podium pada sesi balapan MotoGp Argentina 2019.

Seperti yang diketahui, Jack Miller harus gagal meraih juara dan menaiki podium pada balapan kali ini. Pasalnya pembalap yang berasal dari tim Paramac Racing ini hanya dapat menyelesaikan finis di posisi ke empat. Rider asal Australia tersebut juga mengungkapkan bahwa kegagalan yang dialami olehnya untuk dapat menjuarai balapan dan menaiki podium adalah kesalahannya sendiri. Ia menjelaskan yang menjadi kesalahan utama yang diperbuatnya selama balapan berlangsung di Autodromo Termas de Rio Hondo adalah keputusan yang diambil dalam menerapkan strategi.

Strategi yang dimaksud Jack Miller adalah keputusannya dalam memilih ban yang akan digunakan selama balapan berlangsung. Keputusannya dalam menggunakan jenis ban tipe medium dipandang sebagai keputusan yang berani dan menjadikannya sebagai pembalap anoali pada balapan MotoGP Argentina 2019. Hal ini disebabkan para pembalap yang lain memilih untuk menggunakan ban tipe keras untuk melaju di sirkuit, sedangkan Jack Miller memiliki pemikiran yang berbeda dengan menggunakan jenis ban tipe medium.

Tak hanya masalah keputusannya untuk memilih tipe ban, kesalahan lainnya yang ia lakukan dalam balapan adalah dengan memulai pertempuran yang ketat sejak awal balapan. Oleh karena itu strategi tersebut tidak berjalan dengan lancer karena ban yang digunakan olehnya sangat mempengaruhi performanya selama balapan berlangsung. Akibatnya Jack Miller hanya dapat merugi di balapan MotoGP Argentina 2019 ini.

“Pada latihan bebas ke-4, saya menggunakan jenis ban keras dan saya mungkin seharusnya menggunakannya lagi untuk balapan. Namun, saya (justru) membuat keputusan dengan menggunakan jenis medium,” ucap Miller yang dilansir TERBIT.COM dari Crash.net.

Jack Miller awalnya merasa bahwa menggunakan ban medium adalah pilihan yang tepat untuk balapan kali ini, namun seiring dengan tingkat balapan yang semakin lama semakin memanas membuat ban depannya terlalu diforsir. Lalu ia pun menyadari bahwa alangkah baiknya jika ia menggunakan ban keras saja, mengingat intensitas balapan yang semakin memanas.

Meskipun demikian, pembalap yang kini berusia 24 tahun itu tidak larut dalam rasa kekecewaan. Miller menegaskan bahwa ia cukup senang dengan hasil balapannya kali ini yang berhasil finis di posisi ke empat. Di sepanjang balapan, Jack Miller sempat mengalami persaingan ketat juga alot dengan  Danillo Petrucci dan Franco Moridelli di sirkuit. Namun ia senang karena ia berhasil memenangkan persaingan tersebut dan meraih posisi ke empat di garis finis.

Memulai balapan dari grid ke lima, Jack Miller mampu mempertahankan posisinya dengan ban tipe medium. Dan raihan finis keempat ini merupakan prestasi terbaiknya dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Moto GP