Connect with us

Moto GP

Bos Honda Berikan Dugaan Penyebab Kekalahan Marquez di Austria

TERBIT.COM – Bos Honda beberapa waktu lalu angkat bicara perihal kekalahan yang dialamai oleh Marc Marquez dalam MotoGP Austria. Menurut Alberto Puig sebenarnya kala balapan tersebut Marquez memiliki margin keunggulan sebesar 0,3 detik dari rider-rider lain di MotoGP Austria 2019, akan tetapi sayangnya Marquez gagal mendapatkan kemenangan tersebut.

Dalam gelaran MotoGP Austria 2019, Marc Marquez gagal mendapatkan kemenangan, padahal pada awalnya ia telah berhasil memimpin balapan hingga di lap akhir. Naas pada tikungan akhir lap pamungkas Marquez harus rela disalip ole Divizioso. Karena hal tersebut Marquez finis di posisi kedua 0,213 detik setelah Andrea Dovizioso menyelesaikan finisnya.

Bos Honda, Puig mengklaim bahwa seharusnya dalam balapan tersebut Marquez bisa meraih kemenangan, hal tersebut karena sepanjang sesi latihan bebas Marquez konsisten dengan margin 0,3 detik dari para rivalnya. Menurut catatan yang ada saat sesi latihan bebas Marquez berhasil lebih unggul 0,340 detik dari maverick Vinales yang saat itu menempati peringkat ke 2.

Ketangguhan Marquez di Austria dibuktikan kembali saat ajang kualifikasi, dimana dalam ajang kualifikasi tersebut dirinya kembali berhasil menempati posisi pertama unggul 0,434 detik dari Fabio Quartararo, dalam ajang kualifikasi ini ia membuat gap dengan Dovizioso sebanyak 0,488 detik.

Akan tetapi kemudian adanya perubahan lintasan membuat semua rencana dan juga prediksi yang dilakukan oleh Honda berantakan, berubahan temperature juga membuat Marquez cukup kesulitan dalam balapan tersebut, hal ini karena motor yang ditungangi Marquez menggunakan ban medium, sedangkan para rivalnya menggunakan ban soft.

“Sepanjang akhir pekan, Marquez punya kecepatan yang mana 0,3 atau 0,4 detik lebih baik dari para pebalap lain. Tapi di hari balapan, dia tak bisa menyamai laju yang kami sudah lihat di latihan,” ungkap Puig dilansir Crash.

“Mungkin hujan mengubah kondisi lintasan dan daya cengkeram, kami tak sepenuhnya pasti. Tapi jelas ada sesuatu yang berbeda dari latihan.”

“Segera kami memahami bahwa situasinya tak berjalan seperti yang diprediksi. Tentu saja di balapan, rencana-rencana dan prediksi bisa berubah dalam hitungan menit,” tambahnya.

Meskipun gagal meraih gelar juara dalam aang MotoGP Austroa, akan etapi hal tersebut tak berpengaruh besar dalam klasmeen sementara MotoGP 2019, Marquez tetap kokoh di posisi pertama.

“Tidak ada yang negatif dari akhir pekan di Austria ini. Tidak ada yang cedera, segala sesuatu berjalan oke di balapan secara keseluruhan,” sambung Puig.
“Normalnya kami balapan untuk menang, tapi ketika seseorang mengalahkan Anda maka Anda harus menerimanya dan menyelamati mereka. Tapi di situasi-situasi ini Anda juga harus bangkit dan berusaha lebih keras di kesempatan berikutnya.”
“Inilah mentalitas Honda dan Marc. Dalam dua pekan kami punya balapan lain dan kami akan mencoba untuk menang lagi,” pungkasnya.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Moto GP