Connect with us

Moto GP

Andrea Dovizioso Alami Cedera Patah Tulang Jelang MotoGP 2020

Andrea Dovizioso alami kecelakaan

MotoGP – Tim Ducati akhirnya memberikan izin pada Andrea Dovizioso untuk tetap ikut balapan motor setelah melihat usahanya dalam memulihkan kondisi fisik dan mental jelang perhelatan MotoGP 2020 dilaksanakan.

Direktur olahraga dari tim Ducati Corse, yakni Paolo Ciabatti mengungkapkan bahwa ikutnya Andrea Dovizioso dalam balapan motocross di Italia, sudah diketahui timnya. Dovizioso sudah mendapat izin untuk tetap berpartisipasi dalam balapan seri MotoGP 2020 mendatang.

“Walau kita sudah tahu semua kegiatan motocross dengan segala risikonya, kami mengizinkan Andrea untuk ikut dalam seri regional demi tetap menjaga kemampuan dan mentalnya dalam bersiap pada kondisi balapan sesungguhnya di tahun  mendatang,” papar Ciabatti.

Lebih lanjut, dia menuturkan jika motocross merupakan olahraga yang banyak dilaksanakan para pembalap MotoGP lainnya. “Jadi akmi tetap yakin dengan kemampuannya walau dengan cederanya saat ini. Dia dapat ikut dalam awal kejuaraan 2020,” ucapnya lagi.

Dovizioso sendiri mendapat cedera patah tulang selangka pada bagian kiri, Minggu (28/6) waktu setempat setelah tabrakan terjadi.  Tapi, Runner Up MotoGP selama tiga musim belakangan ini tetap akan tampil di MotoGP Spanyol pertengahan bulan depan. Pembalap berumur 34 tahun tersebut juga sudah melakukan operasi dan diyakini akan segera pulih dalam waktu dekat.

Andrea Dovizioso

Sementara itu, jadwal MotoGP 2020 kembali digelar di Sirkuit Jerez, pada 19 Juli yang akan datang. Balapan ini akan dilaksanakan secara Live streaming.

Di sisi lain, pembalap Mission Winnow Ducati tersebut saat ini sedang beristirahat setelah melaksanakan operasi. Kondisinya sebelumnya disebutkan tidak akan membuatnya ikut dalam seri perdana MotoGP di musim ini, tepatnya di Spanyol, pada tanggal 19 Juli mendatang.

Walau begitu, pelatih Dovizioso, yakni Simone Battistella percaya diri mengatakan jika Dovi akan segera pulih kembali dan tetap ikut dalam seri tersebut. Dovizioso sendiri mempunyai keinginan besar dalam mengikuti ajang ini dan tidak akan absen. Hal ini karena seri ini merupakan seri pertama MotoGP 2020 kembali dilaksanakan setelah sempat tertunda karena masa pandemi Covid-19.

Itu sebabnya, Dovizioso tidak ingn membuat catatan apiknya selama ini rusak karena cedera tersebut. Dovizioso sebelumnya sudah melaksanakan kompetisi di turnamen balap motor grand prix di tahun 2002 lalu. Sampai saat ini, Dovizioso belum pernah absen satu seri sekalipun. Itulah yang menjadi alasan pembalap dari Italia tersebut tidak ingin menepi dalam seri di tahun ini.

Tidak hanya menjadi turnamen balapan, Dovizioso juga sudah mengincar kemenangan. Pasalnya, dirinya mempunyai keinginan untuk meraih gelar juara dalam seri MotoGP 2020. Dia percaya diri dapat memiliki kemenangan di Jerez.

Di tahun 1987 yang lalu, pernah terjadi hal yang tidak terduga tepatnya dalam perhelatan GP Jerman. Kala itu, Reinhold Roth sukses masuk ke tempat ketiga. Padahal, sehari sebelumnya dia mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang di bagaian selangka, sama dengan yang dialami Andrea Dovizioso.

Dokter Optimis Dengan Kondisi Dovizioso

Andrea Dovizioso tetap ikut seri MotoGP 2020

Andrea Dovizioso sendiri sudah melakukan operasi bedah pada cedera tulang selangkanya. Dokter yang bertugas yakni Giuseppe Porcellini mengungkapkan kondisi terkini pembalap MotoGP tersebut. Dovizioso diisyaratkan dapat kembali ikut dalam turnamen tersebut.

Sebelumnya, kecelakaan tersebut membuat Dovizioso langsung dilarikan ke rumah sakit dengan memakai helikopter ke Policlinico of Modena dan segera mendapat perawatan intensif. Tindakan tersebut jelas membuatnya pulih dengan baik dan dapat ikut seri perdana MotoGP mendatang.

Porcellini menjelaskan jika pembalap tersebut mengguankan pelat yang dipasang dalam patahan tulang selangkanya. Fisioterapis pribadinya yakni Fabrizio Borra juga memperbolehkan pembalap ini kembali bermain bulan depan.

“Pasien dengan kondisi patah di bagian klavikula, dari sternum eksternal, itu sebabnya operasi cukup sulit. Kami berupaya untuk menjaga patahan dengan menggunakan pelat. Saat ini, tim kami berupaya keras untuk memulihkan pasien supaya dapat kembali mengendarai motor,” ucap Giuseppe Porcellini.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Moto GP