Connect with us

Formula 1

Presiden Brasil Berencana akan Pindahkan Venue F1 GP Brasil ke Rio de Janiero musim depan

TERBIT.COM – Jair Bolsonaro, Presiden Brasil, telah mengumumkan wacana jika dirinya akan melakukan pemindahan terhadap lokasi dari tempat penyelenggaraan seri balapan kelima Formula 1 (F1) 2019 di negeri samba tersebut. Jair Bolsonaro mengungkapkan bahwa pemindahan lokasi akan dilakukan mulai musim depan.

Brasil adalah salah satu senior yang telah menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan seri balapan Formula 1 (F1). Pasalnya Brasil termasuk ke dalam salah satu negara yang paling lama menjadi tuan rumah penyelenggaraan seri balapan mobil jet darat bergengsi tersebut.

Negeri samba tersebut tercatat telah menjadi negara penyelenggara seri balap ini selama 46 musim, terhitung sejak 1973 hingga 2018. Brasil juga memiliki dua sirkuit yang berbeda dan sering dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan seri balapan mobil jet darat ini, yaitu di Sirkuit Interlagos dan Sirkuit Jacarepua. F1 GP Brasil 2019 sendiri akan digelar di Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, pada 15-17 November 2019 mendatang.

Dari kedua sirkuit yang berbeda tersebut, Sirkuit Interlagos atau yang lebih dikenal dengan Autodromo Jose Carlos Pace telah menjadi lintasan yang paling terkenal serta ikonik dalam penyelenggaraan F1 GP Brasil. Selain itu Sirkuit Interlagos juga merupakan salah satu tempat yang begitu legendaris dari tempat penyelenggaraan seri balapan F1 GP Brasil.

Sirkuit Interlagos tercatat telah menjadi lokasi penyelenggaraan seri balapan F1 GP Brasil sebanyak 36 kali dari 46 kali seri balapan ini digelar di Brasil. Dan dalam penyelenggaraan seri balapan F1 GP Brasil 2019 ini besar kemungkinana menjadi kesempatan terakhir Sirkuit Interlagos untuk menjadi lokasi tempat penyelenggaraan ajang balapan mobil jet darat tersebut.

Hal ini disebab kan oleh pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang telah mewacanakan bahwa dirinya akan melakukan pemindahan lokasi penyelenggaraan F1 GP Brasil pada musim depan. Presiden Brasil ke- 36 tersebut merencanakan akan memindahkan lokasi seri balapan mobil jet darat tersebut yang semula dari kota Sao Paulo akan berpindah ke kota Rio de Janiero.

Jair Bolsonaro mengungkapkan jika Sirkuit baru yang dimiliki Brasil di Rio de Janiero akan menjadi lokasi penyelenggara F1 GP Brasil musim depan. Ia menuturkan jika proses kontruksi dari sirkuit tersebut akan memakan waktu enam sampai tujuh bulan lamanya. Jair Bolsonaro menambahkan jika nantinya akan ada bantuan dana ke Sao Paulo melualui suntikan dana yang diberikan oleh pemerintah Brasil.

Dilansir oleh TERBIT.COM dari BBC, Sirkuit terbaru Brasil tersebut dibangun di sebelah barat kota Rio de Janiero tepatnya di Kawasan pangkalan militer Deodoro, Brasil. Meskipun demikian, pihak penyelenggara F1 GP Brasil di Sao Paulo membantah klaim yang disampaikan oleh sang presiden tersebut. Pasalnya pihak F1 dan pemerintah Sao Paulo masih terikat kontrak hingga F1 GP Brasil 2020. Dan kedua belah pihak akan melanjutkan kerjasama tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Formula 1