Connect with us

Formula 1

Lewis Hamilton Jadi yang Tercepat di FP 1 F1 GP Kanada 2019

TERBIT.COM – gelaran Formula 1 (F1) GP Kanada 2019 telah dimulai. Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sukses mengawami sesi latihan bebas pertama alias Free Practice satu (FP 1) di Sirkuit Gilles Villeneuve ini dengan hasil yang memuaskan.

Saat ini para pembalap F1 telah selesai menjalani latihan bebas pertama pada Jumat (7/6/19). Dalam sesi latihan bebas pertama tersebut, Lewis Hamilton sukses mencatat waktu putaran tercepat dengan raihan waktu 1 menit 12,767 detik. Dirinya unggul 0,147 detik dari rekan satu timnya, Valtteri Bottas, yang bertengger tepat di belakangnya di urutan kedua.

Pada peringkat ketiga sendiri, dibuntuti oleh seorang pembalap muda potensial asal tim Ferrari, Charles Leclerc. Pembalap F1 yang berasal dari Monako tersebut membukukan waktu putaran dengan raihan 1 menit 13,720 detik. Catatan waktu lap yang diraih oleh Charles Leclerc tersebut lebih unggul 0,185 detik atas rekan satu timnya yang lebih senior, yakni Sebastian Vettel.

Hal tersebut pun membuat Sebastian Vettel hanya dapat berada pada urutan kelima, tepat di belakang Max Verstappen yang pada gelaran sesi latihan bebas pertama tersbeut menjadi pembalap tercepat keempat pada FP1 GP Kanada 2019. Max Verstappen sukses menjadi pembalap tercepat keempat dengan catatan waktu putaran 1 menit 13,755 detik.

Dalam sesi latihan bebas pertama pada gelaran F1 GP Kanada tahun ini harus dibuka dengan kondisi lintasan yang berdebu. Kondisi lintasan tersebut membuat para tim papan atas seperti Mercedes dan Ferrari tak terlalu terburu-buru untuk menurunkan pembalap-pembalap mereka begitu lampu hijau dinyalakan sebagai tanda sesi FP1 ini dimulai.

Pada awal sesi FP1 dimulai, pembalap cadangan yang dimiliki oleh Williams sekaligus sebagai tuan rumah, Nicolas Latifi, menjadi pembalap yang pertama turun ke atas lintasan Sirkuit Gilles Villeneuve tersebut. Nicolas Latifi hanya membukukan waktu lap 1 menit 19,311 detik ketika melakoni sesi FP1 tersebut.

Dalam sesi FP1 tersbeut Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas menjadi dua pembalap pertama yang mampu menembus catatan waktu putaran di bawah 1 menit 13 detik. Catatan waktu lap tersebut terus bertahan hingga akhir sesi.

Namun, sebelum sesi benar-benar tuntas, tepatnya pada 30 menit terakhir, Antonio Giovinazzi dari tim Alfa Romeo harus kehilangan kendali pada mobil jet darat yang digunakan olehnya sesaat dirinya melindas kerb tinggi pada tikungan 9.

Insiden tersebut pun harus membuat mobil yang dikendarai Giovinazzi melintir dan bagian roda kiri belakang mengalami kerusakan pasca-menabrak dinding pembatas pada tikungan 9 tersebut. Virtual Safety Car pun diberlakukan selama beberapa menit untuk mengevakuasi mobil jet darat milik Giovinazzi.

Selepas periode Virtual Safety Car tersebut selesai, tidak ada pembalap lain yang mampu mencatatkan waktu putaran mereka lebih baik dari Bottas maupun Hamilton.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Formula 1