Connect with us

Formula 1

Formula 1 2020 Tetap Dilaksanakan, Ini Jadwal Seri Pembuka

jadwal Formula 1 2020

Formula 1 – Kompetisi balap dunia yakni Formula 1 2020 sepertinya tidak akan ditunda lagi. Jadwal F1 2020 sudah ditentukan beberapa waktu yang lalu. Jika sampai ada satu pemain atau pihak terkait yang terkena virus corona, balapan tetap akan dilanjutkan.

Hal tersebut ditegaskan oleh pemimpin F1 yakni Chase Carey. Keputusan itu sudah mencapai kesepakatan akhir setelah musim 2020 ini sebelumnya ditunda karena serangan pandemi virus corona sejak akhir tahun lalu. Seri awal rencananya akan dilaksanakan di Austria pada tanggal 5 Juli yang akan datang.

Jika melihat pada jadwal awal, Australia merupakan pembuka di pertengahan Maret lalu. Tapi, beberapa hari berselang lomba akan dilaksanakan, pihak otoritas dan pemerintah tidak mengizinkan balap mobil ini dilaksanakan karena anggota tim McLaren terjangkit positif Covid-19.

Namun, pada bulan Juni ini, Carey sudah memutuskan untuk tetap melanjutkan kompetisi. “Jika seseorang mendapat pemeriksaan positif sehubungan dengan pandemi ini, maka dapat menunda satu seri. Itu sebabnya, kami meminta semua kalangan untuk tetap menjaga kesehatan dan melaksanakan prosedur kesehatan dengan ketat. Jika seseorang terkena virus ini, dia akan dikarantina di hotel yang sudah kami sediakan dan penggantinya nanti,” tulis pernyataannya dalam situs resmi Formula One.

Chase Carey

“Tim yang tidak bisa ikut balapan tidak akan batal dalam kompetisi ini. Kami akan mempunyai prosedur, di mana infeksi tidak akan menjadikan kompetisi ini batal dilaksanakan. Jika seorang pembalap terkena virus, maka tim mengantinya dengan pembalap cadangan.” Ucapnya lagi.

Formula 1 2020 tetap akan diselenggarakan tanpa adanya penonton. Sementara itu, tim pun akan berangkat dengan pesawat carteran dan diisolasi dari penumpan lain. Carey ingin supaya balapan ini dapat selesai di akhir Juni dengan beberapa seri balapan di musim ini yang tidak mungkin akan dimaikan, namun akan diganti dengan pilihan lain.

Sementara itu, tertunda di bulan Maret yang lalu, jadwal F1 2020 pertama di Austria akan dilaksanakan pada 5 Juli nanti. Keputusan itu mereka tentukan setelah pihak Pemerintah Austria mengizinkannya. Sirkuit Spielberg merupakan lokasi yang ditentukan.

Dengan pengaruh pandemi virus corona, banyak seri yang ditunda dan sampai dibatalkan pada musim ini. Selain itu, beberapa sirkuit pun dipilih untuk digunakan lebih dari dua seri, yakni Sirkuit Spielberg yang akan digunakan pada tanggal 5 dan 12 Juli mendatang.

Formula 1 2020

“Dua balapan F 1 di tanggal 5 dan 12 Juli di Spielberg akan dilaksanakan tanpa adanya penonton,” ucap Menteri Kesehatan Austria yakni Rudolf Anschober sehubungan dengan izin kompetisi ini dilaksanakan kembali. Ada dua seri balapan yang mereka beri lampu hijau setelah penyelenggara F1 melakukan pertemuan dengan membicarakan rencana secara lengkap dan profesional dalam meekan penyebaran Covid-19.

Anschober mengungkapkan bahwa pihaknya memberi lampu hijau pada lomba F1 dengan jaminan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. “Selain mengikuti tes kesehatan dan kebersihan yang rutin dan ketat, akan ada tindakan pengujian rutin dan pemeriksaan kesehatan untuk para tim dan semua pihak terkait. Yang paling penting yakni koordinasi erat dari pihak penyelenggara dan otoritas kesehatan regional serta lokal,” ucapnya.

Pada musim Formula 1 2020 sejak Maret lalu, sudah banyak hal yang terjadi karena penundaan banyak seri yang dilakukan, termasuk dibatalkannya Grand Prix Australia hanya beberapa jam sebelum sesi latihan berlangsung. Melbourne menjadi salah satu seri yang juga belum jelas masa depannya, tapi Chase Carey meyakinkan akan dapat melanjutkan 15 hingga 18 seri di musim ini.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Formula 1