Connect with us

Formula 1

Binotto: Ferrari Miliki Masalah pada Ban

TERBIT.COM – Mattia Binotto, Manager tim Ferrari menyebutkan bahwa kondisi ban yang digunakan oleh mobil jet darat mereka adalah sumber masalah dari rentetan balapan yang telah mereka lakoni pada musim ini. Ferrari hingga saat ini masih belum dapat membendung kecepatan dari rival utamanya, Mercedes pada musim ini.

Beberapa waktu lalu, tim kuda jingkrak juga gagal meredam kecepatan dari tim Mercedes pada seri Formula 1 (F1) Spanyol 2019. Kedua pembalap andalan tim Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, bahkan gagal untuk menempati urutan podium pada balapan F1 GP Spanyol 2019 ini. Sebelumnya tim Ferrari diketahui telah melakukan pengembangan terhadap beberapa aspek yang bertujuan mendongkrak kinerja dari SF90 yang digunakan kedua pembalapnya di Circuit de Barcelona, Catalunya, Spanyol.

Ferrari juga melakukan beberapa perbaikan pada SF90 mereka guna meningkatkan performa dari mobil jet daratnya tersebut. Beberapa hal yang telah diperbaiki oleh tim Ferrari adalah dengan membawa paket aerodinamis hingga mengganti power unit baru. Semua hal tersebut telah Ferrari siapkan untuk memangkas jarak dari laju kecepatan Mercedes yang mendominasi sejak awal musim ini.

Namun nampaknya masih ada kendala lain yang mempengaruhi penampilan tim Ferrari. Masalah lainnya justru muncul saat manajer Ferrari, Mattia Binotto menyebutkan bahwa masalah lain muncul dari aspek ban yang digunakan mereka. Hingga saat ini ban masih menjadi masalah yang krusial bagi mereka saat melakoni musim ini.

Pihak Pirelli yang merupakan pemasok ban F1 musim ini dianggap masih belum begitu menunjang untuk menyediakan jenis kompon ban yang mampu mendukung kecepatan laju mobil jet darat Ferrari yang digunakan untuk mengarungi gelaran balapan F1 musim ini.

Dilansir dari TERBIT.COM dari laman motorsport, Mattia Binotto mengungkapkan jika ban yang digunakan pada musim ini memiliki tingkatan yang berbeda apabila dibandingkan dengan musim lalu. Menurutnya saat ini ban sudah tidak mengalami Blistering. Hal tersebut berarti sudah cukup memenuhi standard keamanan. Namun ban tersebut masih belum dapat menunjang kinerja mobil mereka ketika melaju di atas aspal lintasan.

Manager tim Ferrari tersebut menambahkan bahwa ban akan selalu menjadi hal yang sulit untuk diatur, dan hal tersebut adalah kenyataannya. Ban merupakan faktor kunci utama dari kinerja sebuah mobil. Selain itu, manajemen serta optimasi menjadi suatu hal yang krusial bagi performa mobil yang akan digunakan secara menyeluruh.

Musim ini bukan hanya Ferrari satu-satunya dari tim F1 yang kini sedang menyoroti kinerja ban pada musim ini yang dipasok oleh Pirelli tersebut. Selain tim kuda jingrak, ada juga tim lain yang memiliki masalah serupa. Mereka juga sama-sama memiliki keluhan dengan ban yang dipasok oleh Pirelli musim ini. Tim lainnya yang memiliki masalah serupa dengan Ferrari adalah tim Red Bull Racing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Formula 1