Connect with us

Formula 1

Antisipasi Virus Corona, F1 China Ditunda

Antisipasi Virus Corona, F1 China Ditunda

Formula 1 – Untuk antisipasi penyebaran virus corona yang sekarang sedang mewabah, Formula 1 yang akan berlangsung di China akan ditunda dalam waktu yang belum bisa ditentukan.

Awalnya balapan ini akan berlangsung pada tanggal 17 sampai 19 April 2020. Namun karena di negara China sekarang ini tengah banyak yang terkena virus corona ini, Maka diambil kebijakan untuk menunda balapan F1 ini.

Hal tersebut diminta langsung oleh Juss sports Group yang merupakan Promotor GP di China. Hal tersebut mereka ambil usai melangsungkan diskusi dengan Federasi Otomotif China (CAMF) Shanghai Administration of Sports. Yang mana Federation Internationale de l’Automobile (FIA) juga melakukan rapat terkait.

Antisipasi Virus Corona China, F1 China Ditunda

Keputusan menunda balapan Formula 1 itu diambil karena masih belum teratasinya virus yang mewabah di China ini. Resiko besar jika terlalu memaksakan ini terus berlangsung.

“Diskusi telah dilakukan dengan Federasi Olahraga Balap China (CAMF) dan Badan Administrasi Olahraga Shanghai. Juss Sports Group yang merupakan promotor Grand Prix China dengan resmi meminta penundaan balapan F1 di China,” tulis FIA pada situs resmi mereka.

“Permintaan tersebut sudah kami terima dan kami akan menunda ajang ini. Awalnya akan berlangsung pada 19 April dan sekarang belum ada keputusan lebih lanjut kapan bisa dilanjutkan,”

“Kerjasama akan terus berjalan serta menantikan keadaan secara bersama. Setelah memungkinkan kami beserta tim akan menentukan kapan tanggal kelanjutannya balapan di China nanti, Semoga keadaannya semakin membaik kedepannya,” lanjutnya.

F1 China Ditunda Virus Corona

Dengan ini ajang olahraga yang batal dilakukan di China semakin banyak, hal tersebut dilatarbelakangi dengan virus corona yang sampai sekarang ini masih belum meredah. Terutama di ajang balapan ini, sempat Formula E dibatalkan yang jadwalnya akan berlangsung di kota Sanya. Sampai sekarang ini masih belum tahu apakan Formula 1 ini akan di jadwalkan ulang atau tidak.

“Dari berbagai pihak akan melihat perkembangan yang ada dan berusaha mencari alternatifnya untuk ajang balapan ini jika memang semakin membaik keadaannya,”

“Ajang balapan ini tentu menjadi bagian penting untuk F1 dan para fans di China yang terus antusias menantikan ajang ini. Semoga musibah ini secepatnya berlalu dan balapan ini bisa dilangsungkan tanpa penundaan lebih lama lagi,”

Seri keempat di ajang F1 2020 adalah di F1 GP China, Acara ini sebenarnya akan berlangsung pada 19 April nanti di Sirkuit Internasional Shanghai.

Antisipasi Virus Corona, F1 China Ditunda

Akan ada jeda sampai empat pekan dengan seri ketiga yang berlangsung di Vietnam pada 5 April yang akan datang. Serta seri kelima yang akan berlangsung di Belanda pada 3 Mei yang akan datang.

Pihak Formula One Group akan mencari tanggal pengganti penyelenggaraan acara tersebut, seperti yang di katakan langsung oleh Chief Executive Formula One Group, Chase Carey.

Kesulitan dikatakan langsung oleh Carey karena F1 di musim 2020 ini telah padat sampai 22 seri balapan.

“Tidak mudah berada dalam keadaan ini, hal tak terduga disekitar membuat rancangan spesifik tidak mudah untuk dirubah,” ucap Carey.

Kasus pertama virus corona ini pertama kali ditemukan di Wuhan pada tahun lalu. Sudah lebih dari 44.000 orang ang terinfeksi firus ini dengan 1.100 di antaranya yang meninggal dunia.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Formula 1