Connect with us

Esports

Virus Corona Merebak, Dua Turnamen Esport di China Ditunda

Taipei Game Show 2020

Berita Olahraga Dunia – Penyebaran virus Corona tidak hanya mempengaruhi perekonomian dunia, namun juga berpengaruh pada pelaksanaan kejuaraan dan kompetisi olahraga di China. Dua turnamen yang kena imbasnya adalah Taipei Game Show 2020 dan League of Legends 2020.

Taipei Game Show 2020 sendiri akan dihelat pada tanggal 6 sampai 9 Februari 2020 mendatang namun diputuskan akan ditunda pelaksanaannya. Panitia menyebutkan salah satu turnamen Esport besar ini ditundak karena keamanan kesehatan akibat virus corona.

“Taipei Game Show merupakan salah satu acara tahunan yang dinantikan. Di sana banyak gamer sejati yang akan berkumpul dan berkompetisi. Akan tetapi, dengan pengumuman WHO beberapa waktu lalu terkait perkembangan virus Corona, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan laga ini,” ungkapnya panitia acara.

Lebih lanjut, mereka mengatakan dengan pertimbangan yang dilakukan jika turnamen dilaksanakan bisa saja akan menambah terjadinya infeksi. Itu sebabnya mereka tidak ingin mengambil risiko.

Taipei Game Show 2020

Padahal sejatinya, sehari sebelumnya, tim panitia sudah merilis pernyataan resmi terkait pelaksanaan turnamen ini ditambah dengan pencegahan epidemi yang mereka lakukan sesuai dengan apa yang diberikan tim Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan. Akan tetapi, mereka akhirnya memutuskan untuk menunda perhelatan tersebut sesuai saran dari pihak WHO.

Kepala WHO yakni Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan bahwa hal ini disampaikan karena kejadian ini tidak hanya melihat yang terjadi di China, namun juga berkaitan dengan negara lain, khususnya mereka yang memiliki sistem penanganan kesehatannya yang tidak ketat.

Taipei Game Show 2020 sendiri merupakan turnamen besar yang memang tidak sehebat pelaksaanakan Tokyo Game Show atau Gamescom. Namun, acara tersebut sudah memiliki banyak penggemar. Di tahun 2019 silam, terdapat sekitar 320 ribu orang yang ikut terlibat dalam perhelatan ini.

Kompetisi League of Legends Juga Ditunda

Tidak hanya Taipei Game Show, lomba League of Legends 2020 juga terpaksa ditunda karena virus corona yang terus berkembang. Namun, belum ada kepastian jelas terkait turnamen Esport yang satu ini. Beberapa media setempat mengungkapkan jika kompetisi LoL Pro League ini dilaksanakan pada 5 Februari kemarin, setelah libur Imlek usai.

League of Legends 2020

Turnamen ini akan dilaksanakan dengan dua laga tiap harinya selama satu minggu. Namun, LPL akhirnya menunda pelaksaan kompetisi ini dengan belum ada kejelasan dan jadwal yang jelas dari pihak penyelenggara.

Melalui akun Twitternya, LPL menuliskan pernyatan dan permohonan maaf karena penundaan minggu kedua turnamen tersebut.

“Kami dengan resmi akan menunda pelaksanaan turnamen pada minggu kedua LPL hingga kami dapat memastikan kesehatan dan keselamatan untuk semua pihak terkait di turnamen ini. Pada semua penggemar kami, kami juga meminta maaf untuk semua yang terjadi. Kami akan melakukan perubahan secepatnya dan menginformasikan pada kalian. Selalu jaga kesehatan dan terima kasih atas dukungan kalian,” tulis pihak LPL.

Tidak diketahui dengan pasti apakah pada waktu mendatang, kompetisi ini dapat dilaksanakan kembali atau memberikan dampak pada perhelatan selanjutnya. Namun, jika nanti wabah virus corona sulit ditangani, dipastikan jika kompetisi ini akan dibatalkan.

Selain pelaksanaan League of Legends 2020 tidak dilanjutkan, kompetisi divisi kedua LoL Development League sejatinya dilaksanakan pertama kali harus ditunda hingga waktu yang belum dapat dipastikan.

Otoritas China melalui General Administration of Sport sudah memberikan himbauan untuk semua penyelenggara kompetisi olahraga untuk tidak melanjutkan semua jadwal kegiatan sampai April mendatang.

Minggu awal kompetisi LPL ini sudah dimulai pada Januari 2020 yang lalu dengan para pesertanya tim-tim terbaik di China. Namun, FunPlus Phoenix yang meraih juara dunia LoL 2019 silam mendapat dua kekalahan pada minggu pertama kompetisi ini dilaksanakan.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Esports