Connect with us

Esports

Lima Cara Menjadi Pemain Esports Profesional

tips jadi pemain esport

Esports – Game adalah hobi banyak orang yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai hiburan atau hobi saja, namun juga sebagai pekerjaan. Saat ini, sudah banyak pemain game yang memiliki nama besar dalam turnamen dunia. Mereka kini disebut sebagai pemain Esport dunia, memiliki penggemar yang banyak dan tentunya pendapatan tinggi.

Hal tersebut menjadikan banyak saat ini yang ingin menjadi gamer. Namun, persaingan yang ketat membuat tidak banyak orang yang dapat berhasil menjadi seorang pemain esports dunia. Jika Anda merasa sudah memiliki semua kemampuan untuk menjadi gamer, berikut cara yang bisa Anda lakukan agar menjadi bagian dari tim esports.

Raih ranking dalam game yang Anda tekuni

Climbing rank atau push rank merupakan istilah yang terkenal dalam dunia game. Ini menjadi tahap awal untuk memperlihatkan kemmapuan Anda dalam bermain game. Masuk ke tier ranking terbaik di tiap game, misalnya Immortal di Dota 2 atau Mobile legends.

tips jadi pemain esport

Berada di rank tertinggi, makin banyak kesempatan untuk menjadikan Anda sebagai pemain profesional. Fokuslah dalam bermain, supaya tim profesional mengenal Anda. Yang pasti Anda harus membuktikan jika Anda mempunyai kemampuan sebagai pemain profesional. Salah satu cara tim esports dunia biasanya dalam mencari anggotanya dengan rekomendasi dari pemain lainnya.

Usahakan untuk tetap masuk dalam ranking tertinggi misalnya Top Global untuk MLBB. Banyak tim yang juga mencari pemain berbakat dari sana.

Ikut Berbagai turnamen

Selain dari rekomendasi, beberapa tim Esport dunia juga mempunyai pihak khusus dalam mencari anggotanya. Pencari bakat tersebut akan melihat dari banyak turnamen. Mereka akan memperhatikan siapa pemain yang memiliki kecepatan dan ketepatan saat bermain, selain itu mereka juga akan memperhatikan mental dan perilaku saat bermain.

Jadi, Anda wajib bermain dengan seluruh kemampuan Anda ketika bertanding, bukan hanya untuk meraih kemenangan, namun juga mencari perhatian para pencari bakat.

Ada hal yang menjadi perhatian yakni suatu organisasi esports bisa saja mencari satu tim penuh. Jadi disarankan selain bermain dengan kemampuan individu, Anda juga harus terbiasa bekerja sama dengan baik bersama satu tim.

cara jadi pemain esport

Lihat lowongan di sosial media tim esports

Saat ini, banyak tim esports dunia yang sudah terbuka memberikan lowongan pemain di akun sosial medianya. Jadi rajin-rajinlah melihat akun mereka dan daftar di lowongan mereka. Namun, harus dipahami, tanpa prestasi atau rank tinggi di game, bisa jadi Anda tidak akan diperhatikan. Jadi, lowongan tersebut hanya menjadi informasi dan mempermudah Anda bertemu dengan organisasi tersebut.

Selain itu, Anda dapat mem-follow  para petinggi atau pelaku industri esports seperti AP dari RRQ, Aldean Tegar dari EVOS, hingga Owljan dari BOOM Esports dan lain sebagainya.

Lakukan live streaming

Jika Anda sudah punya prestasi dan kemampuan yang hebat dalam dunia kompetitif esports serta tier rank tertinggi di game yang Anda kuasai, cara lain yang dapat memudahkan Anda jadi pemain Esport adalah live streaming. Lakukan live streaming seperti di Youtube Gaming, Facebook atau Nimo TV, agar makin banyak yang dapat melihat kemampuan Anda.

Ini juga dapat menjadi jalan, Anda melanjutkan karir sebagai live-streamer. Seperti pemain esports dunia saat ini, yakni Alex “Entruv” Prawira.

Ikuti akademi esports

Beberapa tim esports dunia biasanya memiliki akademi esports. Seperti RRQ Academy. Di Academy PUBGM ini, pemain akan diajari para pemain dan pelatih RRQ. Kesempatan ini pastinya sangat dinantikan para penggemar yang ingin mengikuti jejak mereka.

Biasanya akan ada tes dan sesi wawancara dilakukan. Menjadi pemain profesional, penilaiannya tidak dari kemampuan bermain namun juga perilaku di hadapan para pelaku industri esports. Sebagai contoh yakni pemain professional dari Gen.G Esports Korea harus berlatih selama 15 jam tiap harinya.

Pastinya menjadi pemain esports merupakan suatu pekerjaan. Jadi, jangan dipandang sebagai suatu hal untuk bersenang-senang. Menjadi pemain game ini sama seperti profesi lainnya yang mengharuskan Anda memiliki tanggung jawab, kemauan belajar, dan kemampuan bekerja sama dengan pemain lain.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Esports