Connect with us

Bulu Tangkis

Susy Susanti Beri Pujian Pada Mental Tim Putra Indonesia

Susy Susanti

Berita Olahraga Dunia – Tim putra Indonesia mencatatkan gelar hat-trick dalam Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020 mendatang. Pelatih Timnas Indonesia, yakni Susy Susanti mengungkapkan rasa bangganya pada tim putra di laga final.

Pada perhelatan Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia yang dilaksanakan di Manila, Filipina, pada Minggu (17/2), timnas Indonesia meraih juara melawan Malaysia dengan skor 3-1. Tiga poin kemenangan tersebut diberikan oleh Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan serta Fajar Alfian. Berbeda dengan Jonatan Christie yang masih gagal mendapatkan poin.

“Luar biasa sekali, kami bermain dengan lebih siap daripada babak semifinal di musim lalu. Hari ini menjadi lebih percaya diri karena pada perhelatan di SEA Games 2019, kita juga menang melawan Malaysia. Mental mereka menjadi salah satu kunci sukses dalam mendapatkan hasil kemenangan, ” ucap Susy Susanti.

tim regu putra Indonesia

Lebih lanjut, dirinya mengaku begitu bahagia melihat keyakinan dan mental para pemainnya. Mereka dinilai memiliki keyakinan yang lebih besar dibarengi perjuangan yang luar biasa. “ Semua sudah memberikan hasil yang terbaik. Tim regu dan atlet di kelas tunggal sudah mengusahakan yang terbaik dan membuat mereka layak mendapat hasil terbaik,” ucapnya lagi.

Untuk itu, ini menjadi gelar juara ketiga untuk tim putra Indonesia dalam Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia musim ini. Sebelumnya gelar tersebut mereka dapatkan pada tahun 2016 di Hyderabad, India dan di Alor Setar, pada tahun 2018.

Tim Putra Indonesia Kalahkan Tim Malaysia

Sebelumnya, Indonesia sudah memperoleh poin dari pasangan ganda putra, yakni Marcus Fernaldi Gideon serta rekan duetnya Kevin Sanjaya Sukamuljo, juga atlet tunggal yakni Anthony Sinisuka Ginting. Satu poin yang hilang terjadi pada nomor tunggal putra di sisi Jonatan Christie. Atlet yang akrab dipanggil Jojo tersebut kalah melawan Cheam June Wei. Hasil buruk tersebut sempat membuat Jojo tidak percaya diri karena merasa tidak memberikan tambahan poin bagi tim putra Indonesia.

Kemenangan tim putra Indonesia diraih pada babak keempat dengan memainkan ganda putra yakni Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian. Tampil di Rizal Coliseum, Manila pada Minggu (16/2) ssore, mereka sukses dengan skor 21-18 dan 21-17.

kemenangan tim putra Indonesia

Sebelumnya, Indonesia sudah memperoleh poin dari pasangan ganda putra, yakni Marcus Fernaldi Gideon serta rekan duetnya Kevin Sanjaya Sukamuljo, juga atlet tunggal yakni Anthony Sinisuka Ginting. Satu poin yang hilang terjadi pada nomor tunggal putra di sisi Jonatan Christie. Atlet yang akrab dipanggil Jojo tersebut kalah melawan Cheam June Wei.

Sempat tertinggal pada babak awal tidak menjadikan Ahsan dan Fajar tertekan. Mereka tetap menjaga ritme permainan dan unggul 11-9. Tim putra Indonesia tersebut sempat kehilangan dua poin. Namun, mereka kemudian berjuang mencapai angka penuh dengan kedudukan 21-18.

Keduanya kemudian dapat mencuri dua poin pada set kedua. Walau terlihat kesulitan dan melemah, namun pasangan tersebut sukses mencapai interval dalam posisi unggul 11-8 atas tim lawannya. Sama halnya pada set awal, Ahsan dan Fajar kembali kehilangan dua poin setelah waktu istirahat usai. Walau begitu, keduanya tetap menang dalam set tersebut dengan skor 21-17.

Di sisi lain, tim putri Indonesia tidak berhasil meraih gelar juara. Tim regu putri yang berhasil mendapatkan gelar juara merupakan tim Jepang. Pada babak final, Jepang yang melawan tim Korea Selatan sukses dengan skor telak 3-0. Hasil tersebut cukup mengejutkan karena perlawanan antara dua tim ini sama kuatnya. Baik Jepang dan Korsel sama-sama berpeluang meraih poin penuh di laga mereka.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Bulu Tangkis