Connect with us

Bulu Tangkis

Setelah Kehilangan Rambutnya, Atlet Bulu Tangkis Inggris Ini Bertekad Bangkit!

TERBIT.COM – Pemain bulu tangkis asal Inggris kategori tunggal putra, Toby Penty bertekad menjadikan Turnamen European Games 2019 di Minsk, Belarusia sebagai salah satu momentum untuk dia bangkit setelah mengalami sakit.

Seperti yang diketahui bahwa, pemain bulu tangkis berusia 26 tahun tersebut didiagnosis menderita alopecia areata sebuah penyakit autoimun sejak November 2018 yang menyebabkan Toby Penty kehilangan seluruh rambutnya.

Toby Penty mengaku bahwa ia membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang sedang dialaminya.

“Segalanya bermula pada November 2018 sebelum saya bermain di turnamen Hong Kong Open. Saya awalnya masih sanggup menjalani aktivitas hingga Januari 2019, tetapi efek sampingnya mulai terasa makin cepat,” ujarnya.

“Tidak mudah menghadapi sesuatu yang di luar kendali diri sendiri yang kemudian berkembang lebih buruk. Saya jadi mudah cemas dan mengalami krisis kepercayaan diri,” kata Penty.

Perasaan yang sedangkan dialaminya tersebut tentunya akan berimbas negative pada dirinya sendiri. Dia mengaku bahwa perasaan-perasaannya tersebut tidak membantu dia untuk bertanding. Dia menyadari bahwa persiapan pertandingan menjadi sulit setelah menyadari bahwa rambutnya rontok setiap kali selesai mandi.

“Perasaan-perasaan ini tidak membantu saat Anda mencoba bertanding. Menyiapkan pertandingan menjadi sulit setelah menyadari rambut saya rontok setiap saya selesai mandi,” tutur Penty lagi.

Piala Sudirman 2019 menjadi awal momentumnya untuk bisa bangkit karena Penty masuk ke skuat Inggris.

“Saya selalu merasa nyaman di lapangan latihan. Saya merasa menjadi diri sendiri di sana, sementara di tempat lain saya tak nyaman,” ucap Penty.

“Sekarang saya ingin menikmati hidup dan mencoba tidak banyak cemas. Pengalaman di Piala Sudirman 2019 menyenangkan, karena itu turnamen perdana saya setelah sakit. Di sana saya mengatasi banyak halangan mental. Saya akan jadi orang yang lebih kuat,” tuturnya.

Toby Penty akan kembali turun pada Turnamen European Games 2019 dan menjadi salah satu pemain unggulan kedelapan. Penty berharap bahwa dia bisa lolos keputaran selanjutnya karena hal tersebut merupakan kali pertamanya dia mewakili Inggris Raya di European Games sehingga hal ini menjadi salah satu penambah motivasi dia untuk bisa bangkit walaupun dengan kondisi yang seperti itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Bulu Tangkis