Connect with us

Bulu Tangkis

Piala Thomas dan Piala Uber 2020 Resmi Ditunda Tahun Ini

jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020

Berita Bulutangkis – Pihak Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF akhirnya memutuskan tidak akan melaksanakan perhelatan Piala Thomas dan Piala Uber 2020 di tahun ini. Alasan dari perubahan jadwal sampai yang tidak ditentukan tersebut adalah banyak negara anggota yang memilih mundur.

Turnamen Piala Thomas dan Piala Uber 2020 memang akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 11 Oktober 2020 mendatang. Denmark selaku tim tuan rumah sudah bersiap menjadi tempat untuk perhelatan turnamen bulutangkis dunia ini. Namun, masa pandemi virus Corona kian meningkat hingga membuat persiapan selalu tertunda.

Masalah pandemi Covid-19 yang masih menjadi masalah kesehatan dunia, membuat beberapa negara tidak jadi mengirim wakilnya untuk berlaga dalam turnamen tersebut. Indonesia menjadi salah satu negara yang memilih tidak melanjutkan kompetisi demi menjaga kesehatan dan keamanan para atlet.

Melihat kondisi yang semakin tidak jelas, pihak BWF akhirnya melakukan pertemuan untuk membahas hal ini. Bersama pihak federasi bulutangkis Denmark, mereka kemudian mengambil sikap dan memutuskan untuk tidak jadi melaksanakan turnamen atau menundanya di tahun ini.

Keputusan penundaan jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020 sendiri dirilis resmi oleh pihak BWF dari situs resmi mereka. Dalam pernyataan itu, BWF juga menyatakan jika akan segera memberitahukan jadwal ulang pelaksanaan turnamen ini.

Piala Thomas dan Piala Uber 2020 ditunda

“Keputusan itu kami buat setelah adanya beberapa negara yang mundur dan itu mempengaruhi pelaksanakan turnamen ini dan itu mempengaruhi dalam putaran Eropa dari HSBC BWF World Tour yang sudah sebelumnya ditentukan. Akan tetapi, dari perkembangan sehubungan Covid-19, kami memahami banyak banyak pemain tim dan individu yang tidak bisa berangkat ke Denmark,” tulis pihak BWF dalam laman resminya.

Lebih lanjut, dijelaskan jika itu menjadi sebuah pilihan yang harus dihargai BWF. “Ini menjadi kondisi yang begitu luar biasa untuk semuanya. Namun, kesehatan dan keselamatan untuk semua pihak terkait adalah hal yang paling penting. Itu sebabnya, setelah diskusi yang panjang dari para pemimpin, mitra komersial, dan Asosiasi Anggota, kami disini memutuskan untuk menundanya dan segera merilis jadwal ulang turnamen ini,” tutup pihak BWF.

PBSI Lega Piala Thomas dan Uber 2020 Diundur

tim piala Thomas 2020

Pihak PBSI mengungkapkan rasa leganya setelah ditundanya jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020. Sebelumnya, turnamen bulutangkis dunia tersebut sedianya akan dilaksanakan di Aarhus, pada tanggal 3 sampai 11 Oktober 2020.

Pihak BWF sudah memberikan konfirmasi jika dua turnamen ini tidak akan dilaksanakan di tahun ini. Hal itu terjadi sebagai pengaruh dari banyaknya negara anggota yang memilih tidak ikut dalam kompetisi ini.

PBSI sendiri mengaku setuju dengan keputusan itu. Sekretaris Jenderal, Achmad Budiharto menuturkan jika mereka memberikan apresiasi pada keputusan BWF karena sudah memikirkan hal yang utama yakni keselamatan para atlet.

“Kami bersyukur karena pihak BWF dapat paham dengan kekhawatiran dan kegelisahan yang semua alami sehubungan dengan Covid-19 yang masih menjadi momok di Indonesia dan dunia.” ucap Budiharto.

tim piala Uber Indonesia 2020

Dari keputusan BWF, jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020 akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. Budiharto memaparkan jika ajang itu kemungkinan akan dilaksanakan setelah Olimpiade Tokyo 2020 yang dijadwalkan pada akhir Juli hingga awal Agustus 2021 mendatang.

Walau begitu, pihak BWF akan tetap menghelat Denmark Open 2020 Super 750 pada pertengahan Oktober 2020 mendatang. Walau negitu, turnamen Denmark Masters 2020 di akhir Oktober akan batal dilaksanakan. Sementara seri Asia, BWF masih akan mempersiapkan tiga turnamen seperti yang sudah dibicarakan. Selanjutnya, federasi dan pemangku tertinggi akan membahas calon tuan rumah dalam gelaran tiga turnamen tersebut. Salah satu pilihan adalah Thailand.

Selain Thailand, Indonesia juga sempat menjadi calon tuan rumah dari tiga kompetisi seri Asia, namun PBSI mundur dalam pemilihan. Lagi-lagi karena Corona di Indonesia. Meski demikian, mereka akan bersiap mengirim perwakilan dalam seri Asia di November 2020. Apalagi Indonesia dan Thailand merupakan negara yang berdekatan.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Bulu Tangkis