Connect with us

Bulu Tangkis

Piala Thomas dan Piala Uber 2020 Dilaksanakan Oktober 2020

jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020

Bulutangkis – Pihak Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF pada akhirnya mengambil keputusan untuk tetap melanjutkan Piala Thomas dan Piala Uber 2020 di tahun ini. Rencananya dua turnamen bulutangkis dunia ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 11 Oktober 2002 nanti. Keputusan tersebut dilaksanakan karena kompetisi yang sejatinya dilaksanakan di Aarhus, Denmark tersebut tidak akan dapat dihelat hingga September nanti.

Jadwal Piala Thomas 2020 dan Piala Uber 2020 yang ditentukan BWF tersebut dapat saja berubah, tergantung situasi dari pandemi virus corona yang mendunia ini. Khususnya di kawasan Denmark, yang menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis dunia ini.

Sekretaris Jenderal BWF, yakni Thomas Lund mengungkapkan opsi pada tanggal 3 hingga 11 Oktober 2020 mendatang ditentukan dari hasil rapat dengan pihak Federasi Bulu Tangkis Denmark, Pemerintah Aarhus, serta Badan Kesehatan Internasional. Mereka mengatakan jika Oktober 2020 merupakan pilihan yang terbaik dengan kondisi saat ini.

“Hal utama yang kami pikirkan saat ini adalah kesehatan semuanya. Kami ingin menjaga kesejahteraan para atlet, staf dan pihak terkait juga semua komunitas bulu tangkis. Kami sudah mendapat saran dari pihak WHO, tim medis, pemerintah Denmark, dan kemungkinan turnamen ini  tidak dapat dilaksanakan sebelum September usai,” ucap Lund.

jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020

“Kami optimis jika kompetisi ini dapat dilaksanakan secara aman pada tanggal 3 sampai 11 Oktober 2020 mendatang. Tentunya, dalam kondisi ini bisa jadi ada perubahan,” tambahnya.

Perubahan jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020 tersebut sudah terjadi dua kali. Sebelumnya, dua turnamen ini akan dilaksanakan a pada 16 sampai 24 Mei 2020 nanti, kemudian karena perkembangan pandemi virus corona, diganti menjadi 15 sampai 23 Agustus 2020. Sementara itu, pihak pemerintah Denmark tidak dapat mengizinkan semua acara berskala besar sampai Agustus 2020. Itu sebabnya, bulan Oktober menjadi pilihan selanjutnya.

Sementara pihak BWF sudah memutuskan jadwal Piala Thomas 2020 dan Piala Uber 2020 di Aarhus, Denmark pada tanggal 3 sampai 11 Oktober 2020 mendatang. Namun, Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto mengungkapkan jika tim Indonesia belum memutuskan strategi dan persiapan jelang turnamen itu.

BWF menunda event dua tahunan itu setelah pihak pemerintah Denmark tidak mengizinkan acara berskala besar sampai Agustus nanti. Setelah dilakukannya perubahan dua kali, Budiharto mengungkapkan jika hal tersebut belum membuat mereka untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya dari pihak PBSI sebagai persiapan di turnamen ini. Dengan sisa tinggal lima bulan lagi, namun pihaknya masih menanti jadwal turnamen bulutangkis dunia lainnya yang masih perlu dikonfirmasi.

jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020

“Persiapan menuju Piala Thomas dan Piala Uber masih belum kami persiapkan karena masih ada penyusunan strateginya yang dihubungkan dengan jadwal turnamen lainnya. Jika nanti dimainkan pada Oktober, berarti kami hanya punya waktu lima bulan lagi,” ucap Budiharto.

Selain itu, PBSI juga mengatakan jika tanggal terbaru dari jadwal Piala Thomas dan Piala Uber 2020 tersebut cukup menguntungkan tim tuan rumah. Karena mereka akan punya waktu yang baik dalam mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan selama turnamen berlangsung.

“Kepastian tanggal tersebut sedikit banyak memberikan keuntungan pada tuan rumah. Mereka dapat mempersiapkan semuanya dengan lebih baik. Namun, untuk peserta dan atlet semunya, harus kembali menyesuaikan dengan jadwal turnamen sebelumnya,” tutupnya.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Bulu Tangkis